Profil Yotsakorn Burapha, Top Scorer Thailand di SEA Games 2023 yang 'Diledek' Marselino Ferdinan Cs

Tak disangka, Yotsakorn Burapha usianya masih 17 tahun. Dia bisa menjadi ancaman Timnas Indonesia di masa depan

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Jum'at, 19 Mei 2023 | 19:00 WIB
Penyerang muda milik Timnas Thailand U-22, Yotsakorn Burapha. (Twitter/@ardynshufi)

Penyerang muda milik Timnas Thailand U-22, Yotsakorn Burapha. (Twitter/@ardynshufi)

Bolatimes.com - Penyerang muda milik Timnas Thailand U-22, Yotsakorn Burapha, dianggap memiliki masa depan yang cerah. Namanya memang sempat viral karena tarian ularnya yang menghiasi gelaran SEA Games 2023.

Sepanjang gelaran SEA Games 2023 ini, Yotsakorn Burapha memang kerap kali merayakan keberhasilannya mencetak gol dengan cara yang khas, yakni dengan menari gaya ular.

Salah satu momen itu terjadi ketika Yotsakorn Burapha sukses menjebol gawang Malaysia di fase penyisihan Grup B SEA Games 2023. 

Baca Juga: Liverpool Resmi Lepas 4 Pemain Musim Depan, Ada James Milner hingga Roberto Firmino

Dalam momen itu, ia berlenggak-lenggok sambil menekuk pergelangan tangannya hingga berbentuk seperti ular kobra.

Selebrasi inilah yang sempat ditirukan oleh Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan ketika merayakan perolehan medali emasnya di ruang ganti pemain pascapertandingan melawan Thailand.

Momen ini tertangkap ketika akun Instagram resmi milik PSSI tengah menyiarkan tayangan langsung yang dipandu oleh kiper Timnas Indonesia U-22, Ernando Ari Sutaryadi.

Baca Juga: PSSI bakal Bikin Kejutan di FIFA Matchday Juni 2023, Timnas Indonesia Fiks Hadapi Argentina?

Dalam perayaan ini, Ernando yang memegang kamera memperlihatkan momen kegembiraan skuad Garuda Muda. Dia juga memberikan pertanyaan kepada seluruh pemain Timnas Indonesia U-22 pascaberhasil meraih emas.

Hingga momen tertentu, kamera yang dibawa Ernando mengarah pada Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan yang tengah berjoget menirukan tarian ular seperti yang dilakukan Yotsakorn Burapha.

Profil Yotsakorn Burapha

Baca Juga: Disebut Rizky Ridho akan Gabung Persija Jakarta, Pratama Arhan Buka Suara

Yotsakorn Burapha menjadi salah satu wonderkid yang mencuri perhatian sepanjang SEA Games 2023. Sebab, meskipun masih berusia 17 tahun, ketajamannya sudah membuat kiper lawan dipaksa memungut bola dari gawangnya.

Sebagai informasi, Yotsakorn Burapha lahir pada 8 Juni 2005. Bisa dibilang, dia adalah salah satu pemain termuda yang berhasil mencatatkan performa impresif di SEA Games 2023.

Pemain asal Chanthaburi, Thailand, ini sukses menjadi tulang punggung skuad asuhan Issara Sritaro. Sebab, dari awal fase grup hingga partai final, Yotsakorn sudah berhasil mencetak empat gol.

Baca Juga: PSSI Sebut Ada Kejutan di FIFA Matchday Juni 2023, Fix Lawan Argentina?

Jumlah ini memang masih kalah dari pencetak gol terbanyak SEA Games 2023 seperti Fajar Fathur Rahman, Ramadhan Sananta, hingga Nguyen Van Tung, yang sukses melesakkan lima gol.

Namun, jika merujuk pada usianya yang masih sangat muda, pemain binaan akademi Chonburi FC ini dinilai sebagai prospek cerah di masa depan. 

Salah satu momen penting yang memperlihatkan kualitasnya ialah ketika mencetak gol secara dramatis di partai final melawan Timnas Indonesia U-22. Ketika itu, dia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

yang lahir pada menit ke-90+7 ini memang lahir berkat ketenangan Yotsakorn ketika mendapatkan bola dalam situasi genting. Alih-alih langsung menendang bola, dia justru mendorongnya ke area kosong.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak