CEK FAKTA: Kabar Gembira Mendadak, FIFA Jatuhkan Sanksi untuk Israel selama 5 Tahun

Cek fakta Israel disanksi lima tahun oleh FIFA

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 13 April 2023 | 19:27 WIB
Timnas Israel U-19. (Instagram/@israel_football_association)

Timnas Israel U-19. (Instagram/@israel_football_association)

Bolatimes.com - Kanal YouTube Kreator Bola kembali membuat gaduh. Yang terbaru, mereka mengedarkan narasi yang mengklaim bahwa FIFA menjatuhkan sanksi untuk Federasi Sepak Bola Israel selama lima tahun.

Kabar yang kebenarannya sangat diragukan ini disebarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola melalui sebuah video yang mereka unggah di platform tersebut pada Rabu (12/4/2023).

Melalui judulnya, Kreator Bola menyelipkan klaim bahwa FIFA menjatuhkan sanksi kepada Israel selama lima tahun. 

Baca Juga: Indra Sjafri Ungkap Alasan Timnas Indonesia U-22 Batal Lawan Tajikistan dan China

Tak hanya itu, judul tersebut juga mengatakan bahwa Timnas Indonesia U-20 kembali ditunjuk sebagai pengganti Israel di Piala Dunia U-20 2023.

“KABAR GEMBIRA MENDADAK | ISRAEL DISANKSI 5 TAHUN - INDONESIA RESMI DITUNJUK FIFA IKUT PILDUN,” tulis judul dari salah satu konten video kanal YouTube Kreator Bola.

Dari pantauan Bolatimes.com hingga Kamis (13/4/2023) pukul 14.00 WIB, video yang diunggah oleh Kreator Bola itu sudah disaksikan lebih dari 32 ribu kali di YouTube. Selain itu, ada pula 163 orang yang menyukai video ini.

Baca Juga: 5 Pemain Indonesia Paling Tinggi, Terbaru Striker Muda 185 Cm di Garuda Select

PENJELASAN

Sebetulnya, sejumlah informasi dan narasi yang disebarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola itu tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Sebab, jika merujuk pada videonya, Israel mendapatkan sanksi selama lima tahun dari FIFA.

Sebagai gantinya, FIFA juga menunjuk Indonesia menjadi peserta Piala Dunia U-20 2023. Dua informasi ini memang tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya. 

Baca Juga: Dirumorkan Rekrut Pratama Arhan, Muangthong United Akhirnya Beri Tanggapan

Sebab, tidak ada keputusan apa pun dari FIFA yang berkaitan dengan Piala Dunia U-20 2023 maupun keikutsertaan Indonesia.

Sejauh ini, FIFA memang belum menjatuhkan hukuman atau sanksi apa pun kepada Federasi Sepak Bola Israel buntut dari serangan yang dilakukan pihak keamanan Israel terhadap pertandingan sepak bola di Palestina.

KESIMPULAN

Baca Juga: Permalukan Brighton, Pelatih Inggris Sanjung Dua Bek Garuda Select

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi dan narasi yang disebarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola itu tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Sebab, sampai saat ini semua pernyataan yang disampaikan melalui video tersebut tidak bisa diverifikasi kebenarannya. Bahkan, narasi yang disampaikan cenderung tidak didasarkan dengan fakta-fakta yang terjadi.

Dengan demikian, informasi yang terkandung dalam video milik Kreator Bola soal sanksi FIFA terhadap Israel atau keikutsertaan Indonesia di Piala Dunia U-20 2023 itu dapat dikategorikan sebagai hoaks.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak