2 Pelatih Jadi Korban Kejamnya Liga Inggris, Terkini Graham Potter Dipecat Chelsea

Graham Potter melengkapi daftar pelatih yang dipecat di Liga Inggris musim ini.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Senin, 03 April 2023 | 16:15 WIB
Pelatih Chelsea, Graham Potter. (AFP)

Pelatih Chelsea, Graham Potter. (AFP)

Bolatimes.com - Liga Inggris atau Premier League musim 2022/2023 ini bisa dikatakan kompetisi paling kejam usai 12 pelatih menjadi korban. Terbaru adalah Graham Potter yang dipecat oleh Chelsea.

Belakangan sepak bola Inggris dikejutkan dengan kabar pemecatan yang diterima Graham Potter oleh Chelsea, Senin (3/4) dini hari WIB.

Hal ini diketahui dari laman resmi klub berjuluk The Blues itu, di mana pelatih berpaspor Inggris tersebut telah meninggalkan klub.

Baca Juga: Sebut Timnas Indonesia Tim Kuat di SEA Games 2023, Media Vietnam Mulai Panik

“Chelsea FC telah mengumumkan bahwa Graham Potter telah meninggalkan klub,” bunyi pernyataan Chelsea dalam laman resminya.

Pemecatan ini sendiri terbilang mengejutkan, mengingat Graham Potter baru ditunjuk sebagai pelatih pada September 2022, atau tujuh bulan lalu.

Apalagi, pelatih berusia 47 tahun itu punya kontrak jangka panjang dengan Chelsea, yakni selama lima tahun atau hingga 2027 mendatang.

Baca Juga: Mengenal Dito Ariotedjo, Calon Menpora Baru yang Masih Berusia 32 Tahun

Namun hasil buruk yang didapat Chelsea, terutama usai kalah dari Aston Villa dengan skor 0-2, Sabtu (1/3), hingga harus terpuruk ke posisi ke-11 dan membuat kesabaran petinggi The Blues habis.

Alhasil, pemecatan pun harus dirasakan Graham Potter meski dirinya baru memimpin Chelsea sebanyak 31 laga saja di berbagai ajang.

Pemecatan Graham Potter oleh Chelsea ini pun menjadi bukti kejamnya kompetisi Liga Inggris musim ini. tercatat, ia menjadi pelatih ke-12 yang dipecat musim ini.

Baca Juga: Tak Ada Marselino Ferdinan, Berikut Prediksi 7 Pemain Timnas U-20 yang Dipanggil untuk SEA Games 2023

Berikut daftar pelatih yang telah dipecat dari jabatannya sepanjang Liga Inggris 2022/2023 yang baru mencapai pekan ke-29 ini.

1. Scott Parker (Bournemouth)

Scott Parker menjadi pelatih pertama yang dipecat di Liga Inggris musim 2022/2023. Ia dipecat oleh Bournemouth pada 30 Agustus 2022, saat tim berjuluk The Cherries itu baru saja menelan kekalahan 0-9 dari Liverpool.

Baca Juga: Rumor Park Hang-seo Balik Lagi ke Vietnam, Tak Betah Nganggur?

2. Thomas Tuchel (Chelsea)

Pada awal September 2022, jagat sepak bola dikejutkan dengan pemecatan Thomas Tuchel oleh Chelsea. Disebutkan pemecatan ini bukan karena hasil yang diraih The Blues, melainkan karena hubungan buruk dengan pemilik klub.

3. Bruno Lage (Wolverhampton Wanderers)

Tak sampai sebulan setelah pemecatan Tuchel, Liga Inggris kembali memakan korban yakni Bruno Lage yang dilengserkan Wolverhampton Wanderers pada Oktober 2022 karena performa buruk di awal musim.

4. Steven Gerrard (Aston Villa)

Masih di bulan Oktober 2022, Liga Inggris memakan korban lainnya pada diri Steven Gerrard yang dipecat Aston Villa karena rentetan hasil buruk. Ia pun kemudian digantikan oleh Unai Emery.

5. Ralph Hasenhuttl (Southampton)

Pada November 2022, pemecatan didapatkan oleh Ralph Hasenhuttl usai timnya, Southampton, terpuruk di papan bawah pasca menelan enam kekalahan dari sembilan laga.

6. Frank Lampard (Everton)

Pada bulan Desember 2022, Liga Inggris tak memiliki pemecatan sama sekali. Tapi sebulan kemudian, atau Januari 2023, Frank Lampard harus menjadi korban usai dipecat Everton yang juga terpuruk di papan bawah.

7. Jesse Marsch (Leeds United)

Leeds United yang sempat tampil moncer di musim lalu, juga harus terpuruk di papan bawah, yang membuat Jesse Marsch dipecat pada awal Februari 2023. Pemecatan itu menandai berakhir setahun perjalanannya bersama tim berjuluk The Peacocks itu.

8. Nathan Jones (Southampton)

Nathan Jones menjadi suksesor dari Hasenhuttl yang dipecat Southampton pada November 2022. Namun buruknya laju tim di bawah arahannya membuatnya dipecat pada Februari 2023 dan digantikan Ruben Selles.

9. Patrick Vieira (Crystal Palace)

Tak hanya Gerrard dan Lampard, legenda Liga Inggris seperti Patrick Vieira juga mendapat pemecatan, yakni dari Crystal Palace pada Maret 2023 menyusul rentetan hasil buruk tim berjuluk The Eagles itu.

10. Antonio Conte (Tottenham Hotspur)

Tak hanya tim-tim papan bawah, tim papan atas seperti Tottenham Hotspur juga ikut memecat pelatihnya, Antonio Conte pada Maret 2023. Penyebabnya sendiri adalah komentar pedasnya ke petinggi klub pasca bermain imbang melawan Southampton.

11. Brendan Rodgers (Leicester City)

Tim papan bawah kembali memecat pelatih, yakni Leicester City yang memecat Brendan Rodgers pada awal April 2023 usai menelan kekalahan dari Crystal Palace.

12. Graham Potter (Chelsea)

Chelsea untuk kedua kalinya di musim ini memecat pelatih. Setelah Tuchel, kini Graham Potter yang dipecat usai The Blues terpuruk ke papan bawah atau peringkat ke-11 Liga Inggris 2022/2023.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak