Sejarah FIFA, Bagaimana Awal Mula Bisa Terbentuk?

Dari 'hanya' sekadar organisasi sepak bola hingga bisa membuat sebuah negara tak berdaya

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Sabtu, 01 April 2023 | 09:53 WIB
Logo FIFA. (Dok. FIFA)

Logo FIFA. (Dok. FIFA)

Bolatimes.com - Indonesia kembali “bermasalah” dengan FIFA. Kali ini, Indonesia resmi dicoret oleh FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Indonesia sendiri sudah terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 sejak 2019. Selama empat tahun terakhir dan pergantian Ketua Umum dari Mochamad Iriawan dan Erick Thohir, telah banyak persiapan dilakukan.

Namun FIFA akhirnya mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Rabu (29/3/2023) lalu. Pernyataan ini dirilis setelah Erick Thohir bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, di Doha Qatar

Baca Juga: Daftar Lengkap Pengurus FIFA, Tak Cuma Gianni Infantino

Tidak dijelaskan secara rinci alasan FIFA membatalkan status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Namun banyak kabar menyebut karena derasnya penolakan terhadap Timnas Israel U-20 di Indonesia.

Lantas, seperti apa sejarah dari FIFA?

Mengutip laman resminya, FIFA merupakan badan internasional yang mengatur beberapa olahraga selain sepak bola, yakni sepak bola pantai dan futsal. Sampai saat ini, terdapat lebih dari 200-an negara yang sudah tergabung dalam FIFA, termasuk Indonesia.

Baca Juga: Roasting Shin Tae-yong dengan Lucu, Benarkah Ini Akun Twitter Resmi Marselino Ferdinan?

FIFA sendiri terbentuk pada 21 Mei 1904 oleh beberapa asosiasi sepak bola nasional seperti Prancis, Belanda, Spanyol, Swedia, Belgia, Denmark, dan Swiss.

Pembentukan FIFA pertama kali merupakan inisiatif seorang jurnalis olahraga, Robert Guerin. Ia juga yang kemudian menjadi presiden FIFA pertama pada tahun 1904-1906.

Awalnya FIFA dibentuk untuk membangun hubungan yang baik antara negara, konfederasi, pejabat, maupun pemain melalui olahraga sepak bola.

Baca Juga: Pakai Jersey Garuda, Gelandang Timnas Palestina Persembahkan Trofi Juara untuk Indonesia

Hadirnya FIFA pada saat itu langsung menciptakan beberapa pertandingan pertemanan berskala internasional. Bersama dengan Robert Guerin, Presiden FIFA pertama, sejarah sepak bola dunia memasuki lembaran baru.

FIFA lantas menggelar Piala Dunia pertamanya di Uruguay. dihiasi oleh 13 tim nasional yang terdiri dari Amerika Selatan, Eropa, dan Amerika Utara. Setiap empat tahun setelahnya, Piala Dunia menjadi ajang yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggiat olahraga.

Hingga sekarang, FIFA memiliki fungsi untuk memastikan terselenggaranya kompetisi-kompetisi sepak bola profesional di seluruh dunia dengan baik dan lancar.

Baca Juga: Terciduk Hapus PSSI di Akun Instagram, Ivar Jenner Ogah Lanjutkan Proses Naturalisasi?

FIFA juga punya fungsi untuk merancang aturan dan ketentuan mengenai permainan sepak bola dan segala perangkat pendukung serta infrastrukturnya.

Dinilai sebagai federasi olahraga paling besar di dunia, FIFA nyatanya tak lepas dari sederet kontroversi. Platform streaming Netflix merilis seri dokumenter berjudul FIFA Uncovered yang secara umum membahas tentang kebobrokan FIFA sebagai induk sepak bola dunia.

Seri dokumenter berisi empat episode ini mengungkap sisi gelap FIFA yang lekat dengan politik, suap, dan transaksi-transaksi terlarang. Bobroknya FIFA disebutkan dimulai sejak era Presiden FIFA, Joao Havelange sekitar tahun 1970-an.

Saat ini, FIFA dipimpin oleh Gianni Infantino. Pria berkepala plontos tersebut ditunjuk sebagai Presiden FIFA untuk pertama kalinya pada 2016.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Venezia bakal jumpa Lazio di Serie A musim 2024/2025.

boladunia | 16:15 WIB

Inilah jadwal perempatfinal Euro 2024

boladunia | 06:42 WIB

Catat jadwal babak 16 besar Euro 2024

boladunia | 10:15 WIB

Teka-teki masa depan Thom Haye dibongkar media Belanda.

boladunia | 19:00 WIB

Gelandang Leverkusen yang sukses meraih gelar Bundesliga dan Piala Jerman, Granit Xhaka sangat berharap bisa membawa kemenangan untuk Swiss dalam laga Grup A melawan Hongaria pada Sabtu malam di Cologne Stadium.

boladunia | 08:47 WIB

Jerman tampil luar biasa, membuat Skotlandia menjadi korban pertama dengan kekalahan telak 1-5 pada pertandingan pembuka Euro 2024 Grup A di Stadion Allianz Arena, Muenchen, Sabtu dini hari WIB.

boladunia | 08:08 WIB

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB
Tampilkan lebih banyak