Profil Mateo Retegui, Pemain Naturalisasi Kelahiran Argentina yang Langsung Gacor di Timnas Italia

Sekelas Italia, pernah juara Piala Dunia, tapi pakai pemain naturalisasi. Ada sebuah negara yang tak pernah juara event regional, tapi *sensor* soal naturalisasi

Irwan Febri Rialdi
Senin, 27 Maret 2023 | 13:00 WIB
Pemain depan Italia, Mateo Retegui, selebrasi usai cetak gol ke gawang Inggris dalam pertandingan Kualifikasi Grup C UEFA Euro 2024 pada 23 Maret 2023 di stadion Diego-Maradona di Naples. (AFP/Alberto Pizzoli)

Pemain depan Italia, Mateo Retegui, selebrasi usai cetak gol ke gawang Inggris dalam pertandingan Kualifikasi Grup C UEFA Euro 2024 pada 23 Maret 2023 di stadion Diego-Maradona di Naples. (AFP/Alberto Pizzoli)

Bolatimes.com - Striker naturalisasi Timnas Italia, Mateo Retegui, kembali memperlihatkan taringnya saat membawa timnya menang 2-0 atas Malta, Senin (27/3/2023) dini hari WIB.

Dalam pertandingan Kualifikasi EURO 2024 ini, Mateo Retegui sukses mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-15. Ini menjadi gol pertama Italia saat menang 2-0 atas Malta di Ta’ Qali National Stadium.

Sebelum momen ini, Mateo Retegui juga sudah sempat mencatatkan gol pertamanya untuk Timnas Italia saat membukukan laga debut melawan Timnas Inggris, Jumat (24/3/2023).

Baca Juga: Drawing Piala Dunia U-20 Batal, Media Israel Soroti Sanksi Berat yang Mengancam Indonesia

Sayangnya, meski berhasil mencetak gol pada laga ini, Mateo Retegui gagal membawa Azzurri menang. Sebab, timnya justru digasak Inggris dengan skor 0-2.

Dengan mencetak dua gol pada dua laga pertamanya bersama Timnas Italia itu, pemain berusia 23 tahun ini sukses mencatatkan rekor baru untuk Azzuri.

Sebab, Retegui menjadi pemain pertama yang sukses mencetak dua gol secara berturut-turut pada dua laga pertamanya bersama Timnas Italia di level kompetitif.

Baca Juga: Nadeo Argawinata Akhirnya Beri Tanggapan soal Kemiripannya dengan Kepa Arrizabalaga, Apa Katanya?

Ini adalah rekor pertama yang dipecahkan Retegui. Sebelumnya, catatan serupa pernah dilakukan oleh Pierino Prati yang sukses mencetak gol pada laga tandang dan kandang melawan Bulgaria pada UEFA Euro 1968.

Profil Mateo Retegui

Meskipun berstatus sebagai pemain Timnas Italia, Mateo Retegui sebetulnya merupakan pesepak bola yang lahir di San Fernando, Argentina, pada 29 April 1999.

Baca Juga: Argentina di Piala Dunia U-20 2023: Tersingkir di Kualifikasi, Kini Berpeluang Tampil Gantikan Timnas Indonesia

Namun, Mateo Retegui mendapatkan status kewarganegaraan italia dari jalur keturunan. Sebab, kakek neneknya memang berasal dari Italia.

Kakek yang berasal dari keluarga ibunya, Angelo Dimarco, memang sempat pindah dari Argentina ku Canicatti atau Sisilia bersama neneknya yang berasal dari Genoa.

Meskipun demikian, karier sepak bolanya memang sudah dimulai di Argentina. Dia awalnya menimba ilmu bersama sejumlah klub junior seperti River Plate.

Baca Juga: 3 Dampak Negatif yang Ditanggung Timnas Indonesia Jika PSSI Kembali Disanksi FIFA

Setelah itu, pada 2016, dia direkrut Boca Juniors. Kesempatan promosi ke tim utama pun baru didapatkan pada musim 2017-2018 di bawah asuhan Guillhermo Barros Schelotto.

Setelah sempat kesulitan mendapatkan kesempatan bermain, Retegui akhirnya kembali dipinjamkan ke Estudiantes selama delapan bulan sejak Januari 2019. Setelah itu, dia menjalani masa pinjaman bersama Tigre hingga akhir musim 2023.

Retegui sejatinya sudah sempat memperkuat Timnas Argentina di kelompok usia U-19 dan U-20, termasuk pada ajang South American Games 2018.

Karena memiliki darah keturunan Italia, Retegui akhirnya dipanggil oleh Roberto Mancini pada Februari 2023 untuk bergabung dengan skuad Timnas Italia untuk Kualifikasi Euro 2024.

Pemanggilan pertamanya datang pada 17 Maret 2023. Lalu, laga debutnya dimulai saat Timnas Italia tumbang dengan skor 1-2 dari Timnas Inggris.

Kontributor: M Faiz Alfarizie

Berita Terkait

TERKINI

Elkan Baggott siap membuktikan diri ke Ipswich Town.
boladunia | 15:40 WIB
Lionel Messi santuy abis nih jelang FIFA Matchday Juni 2023 melawan Australia.
boladunia | 14:49 WIB
Tiket laga Malaysia di FIFA Matchday sepi peminat ketimbang Timnas Indonesia.
boladunia | 13:33 WIB
Lionel Messi tiba di China sebelum lawan Timnas Indonesia.
boladunia | 12:55 WIB
Jelang Timnas Indonesia vs Argentina, Akun FIFA: Tendangan Penalti Siapa yang Mau Ditepis Emiliano Martinez di GBK?
boladunia | 12:00 WIB
Media Vietnam Mulai Ketakutan dengan pemain Timnas Indonesia jelang Piala AFF U-23 2023.
boladunia | 11:00 WIB
Jarang disorot, mengenal Timnas Papua Nugini yang akan jadi lawan Malaysia di FIFA Matchday.
boladunia | 22:06 WIB
Setelah diresmikan, kapan kira-kira Messi akan debut bersama Inter Miami di MLS?
boladunia | 21:52 WIB
Akankah Lautaro Martinez atau Julian Alvarez akan susul jadi pemain yang sukses juara Piala Dunia dan Liga Champions di musim yang sama?
boladunia | 21:31 WIB
Stadion Olimpiade Ataturk akan jadi venue final Liga Champions antara Manchester City vs Inter Milan.
boladunia | 21:30 WIB
Anderson Duarte jadi sorotan setelah jadi pahlawan Uruguay mengalahkan Israel di semifinal Piala Dunia U-20 2023.
boladunia | 21:00 WIB
Emerson Palmieri terkini sukses juara Liga Konferensi bersama West Ham.
boladunia | 20:00 WIB
Lionel Messi dipastikan bermain di Inter Miami musim depan.
boladunia | 19:00 WIB
Manchester City akan menghadapi Inter Milan pada final Liga Champions di Stadion Olimpiade Ataturk, Minggu (11/6/2023) pukul 02.00 WIB.
boladunia | 18:30 WIB
Jeonnam Dragon Pastikan Asnawi Mangkualam Dilepas ke Timnas Indonesia, Siap Hadapi Argentina.
boladunia | 17:03 WIB
Mengenal Inter Miami, klub milik legenda David Beckham yang ternyata baru berumur lima tahun.
boladunia | 16:09 WIB
Pratama Arhan belum lama ini pamer aksi mengkilat di Piala Kaisar
boladunia | 14:34 WIB
Malaysia siapkan amunisi untuk lawan Timnas Indonesia.
boladunia | 13:10 WIB
Tampilkan lebih banyak