3 Wakil Italia Lolos ke Perempat Final Liga Champions sejak 17 Tahun Lalu, Sinyal Balik ke Masa Jaya?

Liga Champions musim ini penuh kejutan sebab 3 tim dari Italia lolos ke perempat final untuk pertama kali sejak 17 tahun lalu.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Kamis, 16 Maret 2023 | 20:15 WIB
Selebrasi pemain Napoli usai lolos ke perempat final LIga Champions. (AFP)

Selebrasi pemain Napoli usai lolos ke perempat final LIga Champions. (AFP)

Bolatimes.com - Sepak bola Italia tengah bersuka cita setelah tiga wakilnya berhasil lolos ke babak perempat final Liga Champions 2022/2023 untuk kali pertama sejak 17 tahun silam.

Ketiga tim Italia yang berhasil lolos ke babak 8 besar kompetisi antarklub tertinggi di Eropa tersebut yakni, AC Milan, Inter Milan, dan Napoli.

Ketiganya berhasil lolos ke babak perempat final usai mampu tampil cemerlang dalam dua leg di babak 16 besar Liga Champions 2022/2023.

Baca Juga: Kisah Timnas Indonesia Tolak Lawan Israel, Berujung Gagal Tampil di Piala Dunia

AC Milan berhasil lolos ke perempat final dengan agregat 1-0 dalam dua leg atas wakil Inggris, Tottenham Hotspur.

Di sisi lain rival sekotanya, yakni Inter Milan, juga mengikuti jejak tetangganya itu dengan lolos ke 8 besar berkat menang agregat 1-0 atas FC Porto.

Berbeda dengan dua klub kota Milan, Napoli justru secara perkasa lolos ke babak 8 besar usai menggulung wakil Jerman, Eintracht Frankfurt, dengan agregat 5-0.

Baca Juga: Hasil BRI Liga 1: Persija Jakarta Naik ke Peringkat Dua usai Taklukkan PSIS Semarang

Keberhasilan ketiganya melaju ke perempat final Liga Champions musim ini pun menjadi catatan manis bagi sepak bola Italia.

Sebab, keberhasilan ketiganya menjadikan Liga Italia atau Serie A menjadi kompetisi yang paling banyak menyumbangkan wakilnya di babak perempat final Liga Champions 2022/2023.

Selain itu, keberhasilan ketiganya ke perempat final merupakan kali pertama bagi Italia mengirimkan tiga wakil di babak tersebut sejak 17 tahun silam, atau musim 2005/2006.

Baca Juga: CEK FAKTA: Fasih Bahasa Jawa, Pemain Keturunan Ini Siap Bela Timnas Indonesia, Benarkah?

Apakah keberhasilan ini menjadi tanda bahwa sepak bola Italia tengah bergeliat dan akan kembali ke masa jayanya?

Kebangkitan Sepak Bola Italia?

Terakhir kali Italia mengirimkan wakil ke babak perempat final Liga Champions terjadi pada musim 2005/2006 lalu, yakni AC Milan, Inter Milan, dan Juventus.

Baca Juga: Babak Baru Skandal Dugaan Suap Barcelona: Hakim Perintahkan Pemeriksaan Bartomeu dkk

Pada musim tersebut, AC Milan, Inter Milan, dan Juventus berhasil lolos ke perempat final dengan barisan bintang di skuadnya.

Hanya saja, dari tiga tim tersebut hanya AC Milan yang bisa melangkah jauh hingga semifinal. Sedangkan Inter Milan dan Juventus langkahnya terhenti di perempat final.

Inter Milan gagal ke semifinal setelah tumbang di tangan Villarreal berkat kalah agregat gol tandang. Sedangkan Juventus menuai kegagalan setelah tumbang agregat 0-2 dari Arsenal.

Dengan sejarah tersebut, tiga tim Italia saat ini yakni AC Milan, Inter Milan, dan Napoli pun berhasrat tak mengulangi catatan buruk tersebut dan bisa lolos bersama ke semifinal.

Namun jika melihat kekuatan saat ini, hanya Drawing perempat final Liga Champions saja yang bisa membuat ketiganya melangkah jauh di kompetisi musim ini.

Pasalnya, skuad yang dimiliki ketiganya berbeda dengan skuad 17 tahun silam yang penuh materi pemain bintang di setiap lini.

Dari tiga wakil Italia itu, hanya Napoli saja yang diyakini bisa melangkah jauh. Sedangkan AC Milan dan Inter Milan kalah materi ketimbang kontestan di perempat final Liga Champions 2022/2023.

Kemungkinan Napoli melangkah jauh pun bisa dilihat dari catatannya, di mana tim berjuluk Partenopei ini menjadi tim terbaik kedua di Liga Champions musim ini, di belakang Bayern Munich.

Hingga leg kedua babak 16 besar, Napoli baru menelan 1 kekalahan dari 8 laga dengan mencetak 25 gol dan kebobolan 6 gol saja, atau menjadi tim terproduktif di ajang ini dengan plus 19 gol.

Hal ini berbanding terbalik dengan AC Milan dan Inter yang justru meraih 4 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 2 kekalahan dengan masing-masing memiliki selisih plus 6 gol dan plus 4 gol.

Meski begitu, catatan ketiga tim ini sejauh ini bisa menjadi indikator bahwa sepak bola Italia tengah bergeliat dan mulai menunjukkan sinyal-sinyal kebangkitan.

Andai tiga tim Italia ini bisa melangkah jauh di Liga Champions 2022/2023 ini, bukan tidak mungkin di masa mendatang akan ada wakil-wakil negeri Pizza yang tertantang mengikuti jejak ketiganya.

Tantangan itu bisa membuat setiap tim Italia berbenah secara materi pemain untuk bisa berprestasi di kancah Eropa kembali.

Sehingga, nantinya sepak bola Italia pun bisa saja kembali ke masa kejayaannya seperti di era 80, 90, dan awal 2000 an.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak