CEK FAKTA: Louis Van Gaal Resmi Latih Timnas Indonesia Gantikan Shin Tae-yong, Benarkah?

Louis Van Gaal diisukan gantikan posisi Shin Tae-yong di kursi pelatih Timnas Indonesia, begini faktanya.

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Jum'at, 10 Maret 2023 | 12:43 WIB
Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal. [FRANCK FIFE / AFP]

Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal. [FRANCK FIFE / AFP]

Bolatimes.com - Beredar informasi yang menyebutkan bahwa Louis van Gaal resmi melatih Timnas Indonesia gantikan Shin Tae-yong. Benarkah?

Informasi tersebut lahir dari salah satu unggahan kanal YouTube bernama BOBOLA TV, yang mengklaim pelatih legendaris Belanda itu menukangi Timnas Indonesia.

Klaim tersebut terlihat dari judul dalam video yang diunggahnya tersebut. Dalam pantauan Bolatimes.com, terlihat video tersebut diunggah sekitar tujuh hari lalu.

Baca Juga: Daftar Lengkap 8 Negara yang Lolos Perempat Final Piala Asia U-20 2023, Tak Ada Wakil ASEAN

“WELCOME LOUIS VAN GAAL DI TIMNAS INDONESIA - THANK YOU COACH SHIN TAE YONG,” bunyi judul video unggahan BOBOLA TV tersebut,

Hingga artikel ini dibuat, Jumat (10/3) pukul 11.40, video unggahan BOBOLA TV tersebut telah ditonton sebanyak 9 ribu kali lebih.

Baca Juga: Soroti Rencana Timnas Indonesia U-20 usai Tersingkir dari Piala Asia U-20 2023, Media Vietnam: Mengerikan!

Bahkan, sudah ada 32 komentar dari netizen yang memberikan respon terhadap judul maupun narasi dalam video itu.

PENJELASAN

Jika melihat keterangan dalam video tersebut, tertulis bahwa video itu diunggah oleh kanal YouTube BOBOLA TV pada 3 Maret 2023.

Baca Juga: PSM Makassar di Ambang Juara BRI Liga 1 2022, Begini Hitungannya!

Ketika video tersebut ditayangkan, terlihat sosok Louis van Gaal dan Edwin van der Sar, yang menyebutkan nama Indonesia.

Dalam video itu, terdapat cuplikan Van der Sar yang menyapa Indonesia dan berharap bisa bertemu dalam waktu dekat.

“Apa kabar Indonesia? Hope to see you soon. Sampai jumpa,” bunyi pernyataan Van der Sar.

Baca Juga: Jacksen F Tiago Ungkap Perjalanan Berat Hugo Samir Tembus Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023

Kemudian pernyataan itu dibarengi dengan komentar Erick Thohir dalam sebuah konferensi pers sebagai Ketua Umum PSSI.

“Bagaimana kita bersepakat. Dan saya yakini, hal ini akan menjadi sebuah perubahan besar untuk sepak bola Indonesia,” bunyi pernyataan Erick Thohir di video tersebut.

Setelah pernyataan-pernyataan tersebut, muncul narasi bahwa PSSI telah menentukan nasib Shin Tae-yong sampai kontraknya selesai beberapa bulan ke depan.

Setelahnya, muncul narasi bahwa adanya himbauan untuk mencoba menduetkan Louis van Gaal dengan Edwin van der Sar untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Usai himbauan itu, muncul narasi mengenai prestasi Timnas Indonesia U-15 ke bawah yang mentereng di level dunia, hingga berhasil menjuarai sebuah kompetisi level dunia di Swedia.

Bahkan, narasi video itu mengklaim bahwa legenda-legenda sepak bola dunia seperti John Terry, Roberto Carlos, dan Marco Materazzi mengucapkan selamat atas prestasi Timnas Indonesia kelompok umur itu.

Di akhir video, muncul narasi seperti saran bagi PSSI untuk melakukan pembinaan untuk generasi muda bagi Timnas Indonesia dengan menunjuk Louis van Gaal sebagai pelatih dan Edwin van der Sar sebagai pelatih kiper.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, maka judul yang digunakan akun BOBOLA TV dalam video tersebut tidak sesuai dengan fakta yang ada saat ini.

Pasalnya, Louis van Gaal belum ditunjuk oleh PSSI sebagai pelatih untuk menggantikan Shin Tae-yong yang kontraknya masih tersisa hingga Desember 2023.

Selain itu, cuplikan pernyataan dalam video tersebut, baik dari Louis van Gaal, Edwin van der Sar, Erick Thohir, hingga para legenda dunia, berada di luar konteks dari narasi video tersebut.

Terutama dalam pernyataan Erick Thohir, yang ternyata berasal dari konferensi pers pasca melakukan diskusi terkait pemberantasan mafia bola.

Lalu ucapan selamat dari para legenda dunia seperti John Terry, Marco Materazzi, Javier Zanetti, dan Roberto Carlos terkait prestasi Timnas Indonesia level kelompok umur.

Diketahui, ucapan selamat dari para legenda sepak bola dunia itu bukan untuk Timnas Indonesia, melainkan untuk Erick Thohir yang terpilih sebagai Ketua Umum PSSI.

Selebihnya, info mengenai Louis van Gaal menggantikan Shin Tae-yong sesuai judul video tersebut ternyata hanyalah sebuah himbauan semata agar PSSI mau menunjuk pelatih legendaris Belanda tersebut.

Dengan kata lain, judul maupun narasi video BOBOLA TV yang menyebut Louis van Gaal menggantikan Shin Tae-yong termasuk dalam kategori disinformasi dan hoaks karena tidak sesuai dengan fakta yang ada saat ini.

Kontributor: Felix Indrajaya
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak