Profil Alvaro Rodriguez, Wonderkid Real Madrid yang Antarkan Uruguay U-20 Lolos Piala Dunia U-20 2023

Alvaro Rodriguez akan tampil di Indonesia. Mungkin kah bakal menjadi lawan Marselino Ferdinan Cs?

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Kamis, 09 Februari 2023 | 21:00 WIB
Alvaro Rodriguez dari Uruguay merayakan setelah mencetak gol melawan Venezuela dalam pertandingan Piala Amerika Selatan U-20 di stadion Metropolitano de Techo di Bogota, Kolombia pada 6 Februari 2023. (AFP/Juan Barreto)

Alvaro Rodriguez dari Uruguay merayakan setelah mencetak gol melawan Venezuela dalam pertandingan Piala Amerika Selatan U-20 di stadion Metropolitano de Techo di Bogota, Kolombia pada 6 Februari 2023. (AFP/Juan Barreto)

Bolatimes.com - Gelaran Piala Dunia U-20 2023 yang nantinya akan diselenggarakan di Indonesia bakal diwarnai dengan salah satu bintang muda Real Madrid, yakni Alvaro Rodriguez.

Alvaro Rodriguez yang saat ini berstatus sebagai penggawa Real Madrid Castilla memang sukses mengantarkan negaranya, Timnas Uruguay U-20, melaju ke putaran final Piala Dunia U-20 2023.

Sejauh ini, Uruguay U-20 memang sudah dipastikan merebut satu tiket ke Piala Dunia U-20 2023 seusai meraih tiga kemenangan beruntun pada ajang South American Championship U-20 2023.

Mereka sukses meraih kemenangan itu saat berjumpa Kolombia (1-0), Ekuador (2-1), dan Venezuela (4-1). Alvaro Rodriguez juga menjadi salah satu aktor pentingnya.

Sebab, dari tiga laga itu, dia sudah menjaringkan total lima gol. Pencapaian ini memang menjadi salah satu ambisi besar pemain berusia 18 tahun itu untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

“Saya sangat senang atas kemenangan yang kami raih, lolos ke Piala Dunia, dan selangkah lebih dekat untuk memenangkan turnamen. Kami akan terus bekerja untuk mendapatkan gelar,” ujar Rodriguez dikutip laman ESPN Deportes.

“Kami menginginkan gelar. Kami akan berjuang hingga menit ke-95 melawan tim mana pun. Kami akan melakukan apa pun yang memungkinkan.”

Profil Alvaro Rodriguez

Alvaro Rodriguez merupakan pemain muda kelahiran Palamos, Spanyol, pada 14 Juli 2004. Artinya, saat ini usianya baru menginjak 18 tahun.

Meskipun tercatat sebagai pemain kelahiran Spanyol, Alvaro Rodriguez justru memilih kewarganegaraan Uruguay saat mulai menginjak usia yang lebih dewasa.

Dia memang bisa memperkuat dua negara ini lantaran punya darah campuran. Ayahnya yang berstatus sebagai mantan pemain Timnas Uruguay, Coquito, menikah dengan ibu yang berkebangsaan Spanyol.

Sebelum namanya muncul sebagai bintang Timnas Uruguay U-20, striker berpostur 192 cm ini sebelumnya memang sempat memperkuat Timnas Spanyol U-18.

Dia pernah bermain di ajang Mediterranean Games 2022 bersama Spanyol U-18. Dari empat pertandingan, Alvaro Rodriguez sukses menyumbang satu gol.

Sejak masih muda, ia memang sudah disiapkan untuk menjadi pesepak bola. Sebab, ketika usianya baru menginjak enam tahun, Alvaro Rodriguez sudah berlatih bersama Global Palamos.

Empat tahun ditempa di klub tanah kelahirannya, ia kemudian pindah ke Girones-Sabat (2014-2015), sebelum direkrut oleh Girona FC.

Bersama klub tersebut, dia akhirnya sukses menembus La Fabrica, akademi sepak bola milik Real Madrid, yang sudah rutin menghasilkan pemain-pemain muda berbakat untuk Los Blancos.

Setelah namanya melambung bersama real Madrid Castilla sejak mencatat debut pada 24 Oktober 2021, dia kemudian mulai naik ke level yang lebih tinggi.

Pada 3 Januari 2023, pemain berusia 18 tahun ini menciptakan sejarah istimewa. Sebab, dia mendapat kesempatan debut bersama Real Madrid pada ajang Copa del Rey saat menang 1-0 atas Cacereno.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak