Boladunia

Tragedi di Final Piala Teluk 2023: Empat Orang Tewas Jelang Duel Irak vs Oman

Empat orang dilaporkan tewas akibat kerusuhan suporter jelang laga Irak vs Oman di final Piala Teluk Arab 2023, Kamis (19/1/2023).

Rauhanda Riyantama

Piala Teluk Arab 2023 menelan korban jiwa sampai empat orang karena penonton berdesakan. (Dok. Aljazeera.com)
Piala Teluk Arab 2023 menelan korban jiwa sampai empat orang karena penonton berdesakan. (Dok. Aljazeera.com)

Bolatimes.com - Sepak bola Asia kembali berduka, empat orang dilaporkan tewas di ajang Piala Teluk Arab 2023 tepatnya jelang digelarnya laga Irak vs Oman, Kamis (19/1/2023).

Duel Irak melawan Oman digelar di Stadion Basra Sport City, antusias penonton membludak untuk menyaksikan tim kesayangannya berlaga.

Celakanya, animo publik yang besar untuk menyaksikan laga tersebut justru menimbulkan kekacauan yang terjadi di area stadion.

Hal ini dipicu ribuan penonton tanpa tiket yang telah berkumpul di venue pertandingan sejak pagi demi bisa menyaksikan pertandingam.

Menurut laporan Al-Jazeera pada Jumat (20/1/2023), banyak penonton yang memaksa masuk stadion tanpa menggunakan tiket.

Lautan manusia terlihat di luar stadion jelang laga tersebut digelar, situasi yang kacau pada akhirnya membuat tragedi berdarah terjadi.

Sebanyak empat orang meninggal dunia dan 80 orang lainnya terluka, sementara beberapa lainnya dilaporkan terjatuh dan terinjak di kerumunan.

Kementerian Dalam Negeri Irak sempat mengimbau agar suporter tanpa tiket meninggalkan area stadion, hal itu dilakukan demi meredam kekacauan.

Sementara para penggemar dan pihak berwenang telah memasang layar besar bagi penonton tanpa tiket untuk menyaksikan laga tersebut.

Tujuannya jelas untuk tetap dapat menyaksikan laga final beserta euforia yang ada bersama suporter lainnya.

Pertandingan final Piala Teluk Arab 2023 dimenangi Irak dengan skor tipis 3-2 atas Oman, sementara kejadian yang terjadi diharap menjadi bahan evaluasi.

Belum habis masa berkabung atas Tragedi Kanjuruhan yang membuat ratusan orang meninggal dunia.

Kini kejadian yang nyaris serupa hampir terjadi, bahkan juga merenggut nyawa tak berdosa.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini