Boladunia

5 Pemain Ukraina Termahal Sepanjang Sejarah, Mykhailo Mudryk Lewati Andriy Shevchenko

Mykhailo Mudryk menjadi pemain Ukraina termahal dalam sejarah

Irwan Febri Rialdi

Pemain baru Chelsea, Mykhailo Mudryk. (Twitter/@mmudryk_10)
Pemain baru Chelsea, Mykhailo Mudryk. (Twitter/@mmudryk_10)

Bolatimes.com - Datangnya Mykhailo Mudryk ke pentas Liga Inggris membuat daftar transfer termahal pemain Ukraina bergejolak. Lagi-lagi Chelsea yang jadi biang penyebabnya.

Premier League masih menjadi kompetisi yang menggiurkan bagi para pemain yang berasal dari Ukraina, dengan Chelsea membuat gebrakan di bursa transfer musim dingin Januari 2023 ini.

Pundi-pundi uang yang dikeluarkan Chelsea untuk mendapatkan Mudryk dari Shakhtar Donetsk membuat sejarah tersendiri bagi pemain asal Ukraina di pasar transfer.

Setidaknya ada lima pemain asal Ukraina tercatat memiliki nilai transfer termahal dalam sejarah. Selain Mudryk, siapa para pemain lainnya dalam daftar ini? Berikut ulasannya.

1. Dmytro Chygrynskyi - Barcelona

Barcelona pernah merogoh gocek sebesar 25 juta euro untuk mendatangkan Dmytro Chyrgrynskyi dari Shakhtar Donetsk pada 2009 silam.

Sosoknya datang ke Camp Nou bersamaan dengan direkrutnya Zlatan Ibrahimovic, pemain asal Ukraina ini dinilai sebagai bek ideal skuad Pep Guardiola.

Kariernya di Barca justru tak bertahan lama setelah mengalami cedera dan kendala bahasa yang membuatnya hengkang prematur.

2. Andriy Yarmolenko - West Ham

Yarmolenko didatangkan The Hammers dengan mahar 25 juta euro dari Borussia Dortmund, seiring penampilannya yang menawan di Bundesliga.

Kariernya di Premier League tak mengecewakan, selama empat musim berseragam The Hammers dengan mencetak 13 gol dan 7 assist sebelum hengkang ke Al-Ain.

3. Oleksandr Zinchenko - Arsenal

Ketatnya persaingan di Manchester City membuat Oleksandr Zinchenko terbuang ke Arsenal, The Gunners rela merogoh gocek hingga 35 juta euro untuk sang pemain.

Namun investasi The Gunners sepertinya berbuah manis, Zinchenko berhasil membawa Arsenal kokoh di puncak klasemen sementara Premier League musim 2022-2023.

4. Andriy Shevchenko - Chelsea

Chelsea pernah memboyong striker haus gol milik AC Milan yang juga bintang Ukraina, Andriy Shevchenko dengan mahar 44 juta euro.

Sheva mulai hijrah ke Premier League pada 2006, meski penampilannya bisa dikatakan mengalami pasang-surut bahkan sempat dipinjamkan kembali ke AC Milan.

5. Mykhailo Mudryk - Chelsea

Meski tak semenawan seniornya, banderol yang dikeluarkan Chelsea untuk Murdyk justru paling mahal di antara mereka, sebesar 70 juta euro.

Murdyk menjadi rekrutan kelima Chelsea di bursa transfer musim dingin, klub asal London ini sebelumnya sudah merekrut Benoit Badiashile, Andrey Santos, David Datro Fofana, serta Joao Felix.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini