Profil Mykhailo Mudryk, Wonderkid Ukraina Dikabarkan Segera Gabung Chelsea

Mari berkenalan dengan Mykhailo Mudryk

Irwan Febri Rialdi | BolaTimes.com
Minggu, 15 Januari 2023 | 16:09 WIB
Penyerang Shakhtar Donetsk Mykhailo Mudryk melakukan selebrasi setelah mencetak gol dalam pertandingan Grup F Liga Champions melawan Celtic di Warsawa pada 14 September 2022. ANTARA/AFP/JANEK SKARZYNSKI

Penyerang Shakhtar Donetsk Mykhailo Mudryk melakukan selebrasi setelah mencetak gol dalam pertandingan Grup F Liga Champions melawan Celtic di Warsawa pada 14 September 2022. ANTARA/AFP/JANEK SKARZYNSKI

Bolatimes.com - Mykhailo Mudryk muncul sebagai salah satu pemain yang laris manis diburu dalam bursa transfer musim dingin. Ia bahkan menjadi rebutan dua klub asal London Inggris, Arsenal dan Chelsea.

Dari kabar terkini, The Blues punya kans lebih besar karena dikabarkan akan segera menyelesaikan transfer Mudryk dari Shakhtar Donetsk.

“Presiden FC Shakhtar Rinat Akhmetov dan pemilik bersama Chelsea Behdad Eghbali membahas transfer Mykhailo Mudryk ke Chelsea FC hari ini," tulis klub asal Ukraina tersebut.

"Kedua pihak sangat dekat untuk menyepakati transfer pemain tersebut."

Situasi itu membuat harapan Arsenal untuk merekrut penyerang 22 tahun tersebut sirna setelah Chelsea memberikan tawaran lebih baik kepada Shakhtar beberapa hari terakhir.

Pakar transfer sepak bola asal Italia, Fabrizio Romano mengklaim bahwa Chelsea akan membayar sekitar 100 juta euro (Rp1,63 triliun) untuk memboyong pemain timnas Ukraina itu ke Stamford Bridge.

Lantas, siapa sebetulnya Mykhailo Mudryk ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Mykhailo Mudryk

Sosok pesepakbola dengan nama lengkap Mykhailo Petrovych Mudryk ini lahir di kota Krasnohrad, Ukraina, pada 5 Januari 2001.

Nama Mykhaylo Mudryk sebenarnys sudah mencuat sejak dua atau tiga tahun terakhir. Dia bahkan mendapatkan julukan 'Neymar dari Ukraina' karena gaya main yang begitu mirip dengan superstar Brasil tersebut.

Namanya semakin harum musim ini usai tampil impresif bersama Shakhtar Donetsk. Selain punya kemampuan mencetak gol, ia juga lihai dalam menciptakan peluang.

Kemampuan ini terlihat dari statistiknya yang punya catatan 10 gol dan 8 assist buat Donetsk dari 24 penampilan di semua ajang.

Mudryk sendiri merupakan jebolan Shakhtar Donetsk junior. Ia bermain untuk tim junior raksasa Ukraina itu dari 2016 hingga 2018.

Ia menjalani debutnya buat tim senior Shakhtar Donetsk saat masih berusia 17 tahun. Saat itu ia diturunkan di laga Piala Ukraina pada 31 Oktober 2018.

Sebelum bergabung dengan tim junior Donetsk, Mudryk sempat menimba ilmu sepak bola di akademi Metalist Kharkiv dan Dnipro Dnipropetrovsk.

Dalam perjalanan karier profesionalnya, Mykhailo Mudryk sempat merasakan dua kali masa peminjaman. Pertama ke Arsenal Kyiv dan kedua di Desna Chernihiv.

Di level tim nasional, Mykhailo Mudryk merupakan bagian dari berbagai timnas kelompok umur Ukraina. Mulai dari Ukraina U-16, U-17, U-19, hingga U-21.

Di timnas senior Ukraina, Mudryk menjalani debutnya pada Mei 2022. Sejauh ini ia sudah mengantongi 8 caps buat Ukraina tanpa torehan gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB

Adapun jadwal siaran langsung Yordania vs Qatar akan dimulai pukul 22.00 WIB. Pertandingan ini dapat disaksikan melalui stasiun televisi RCTI.

boladunia | 10:57 WIB

UEFA dilaporkan akan menggunakan teknologi microchip, yang disematkan dalam bola terbaru keluaran Adidas bernama Fussballliebe.

boladunia | 12:30 WIB

Adapun jadwal playoff Euro 2024 akan dilaksanakan pada Maret mendatang, tiga di antara 12 tim nantinya akan lolos ke turnamen final di Jerman.

boladunia | 10:24 WIB

Laga timnas Indonesia vs Vietnam merupakan matchday ketiga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang berlangsung di SUGBK, Kamis (21/3/2024) kickoff 20.30 WIB.

boladunia | 14:04 WIB

Berikut 5 negara yang diprediksi sebagai calon kuat juara Euro 2024, satu di antaranya sukses tampil bagus di babak kualifikasi Piala Eropa ini.

boladunia | 13:24 WIB

Pertandingan babak semifinal Piala Asia antara Yordania vs Korea Selatan di Stadion Ahmed bin Ali, Ar Rayyan itu berakhir dengan skor 2-0.

boladunia | 08:47 WIB

Ajang UEFA Euro 2024 atau Piala Eropa akan segera bergulir, dan Jerman terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara mulai dari 14 Juni sampai 14 Juli.

boladunia | 11:58 WIB

Jerman akan menjadi tuan rumah Euro 2024, usai terpilih menjadi penyelenggara Kejuaraan Eropa UEFA edisi ke-17 dalam pertemuan Komite Eksekutif UEFA di Nyon, pada 27 September 2018.

boladunia | 11:37 WIB
Tampilkan lebih banyak