Boladunia

Profil Mykhailo Mudryk, Wonderkid Ukraina Dikabarkan Segera Gabung Chelsea

Mari berkenalan dengan Mykhailo Mudryk

Irwan Febri Rialdi

Penyerang Shakhtar Donetsk Mykhailo Mudryk melakukan selebrasi setelah mencetak gol dalam pertandingan Grup F Liga Champions melawan Celtic di Warsawa pada 14 September 2022. ANTARA/AFP/JANEK SKARZYNSKI
Penyerang Shakhtar Donetsk Mykhailo Mudryk melakukan selebrasi setelah mencetak gol dalam pertandingan Grup F Liga Champions melawan Celtic di Warsawa pada 14 September 2022. ANTARA/AFP/JANEK SKARZYNSKI

Bolatimes.com - Mykhailo Mudryk muncul sebagai salah satu pemain yang laris manis diburu dalam bursa transfer musim dingin. Ia bahkan menjadi rebutan dua klub asal London Inggris, Arsenal dan Chelsea.

Dari kabar terkini, The Blues punya kans lebih besar karena dikabarkan akan segera menyelesaikan transfer Mudryk dari Shakhtar Donetsk.

“Presiden FC Shakhtar Rinat Akhmetov dan pemilik bersama Chelsea Behdad Eghbali membahas transfer Mykhailo Mudryk ke Chelsea FC hari ini," tulis klub asal Ukraina tersebut.

"Kedua pihak sangat dekat untuk menyepakati transfer pemain tersebut."

Situasi itu membuat harapan Arsenal untuk merekrut penyerang 22 tahun tersebut sirna setelah Chelsea memberikan tawaran lebih baik kepada Shakhtar beberapa hari terakhir.

Pakar transfer sepak bola asal Italia, Fabrizio Romano mengklaim bahwa Chelsea akan membayar sekitar 100 juta euro (Rp1,63 triliun) untuk memboyong pemain timnas Ukraina itu ke Stamford Bridge.

Lantas, siapa sebetulnya Mykhailo Mudryk ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Mykhailo Mudryk

Sosok pesepakbola dengan nama lengkap Mykhailo Petrovych Mudryk ini lahir di kota Krasnohrad, Ukraina, pada 5 Januari 2001.

Nama Mykhaylo Mudryk sebenarnys sudah mencuat sejak dua atau tiga tahun terakhir. Dia bahkan mendapatkan julukan 'Neymar dari Ukraina' karena gaya main yang begitu mirip dengan superstar Brasil tersebut.

Namanya semakin harum musim ini usai tampil impresif bersama Shakhtar Donetsk. Selain punya kemampuan mencetak gol, ia juga lihai dalam menciptakan peluang.

Kemampuan ini terlihat dari statistiknya yang punya catatan 10 gol dan 8 assist buat Donetsk dari 24 penampilan di semua ajang.

Mudryk sendiri merupakan jebolan Shakhtar Donetsk junior. Ia bermain untuk tim junior raksasa Ukraina itu dari 2016 hingga 2018.

Ia menjalani debutnya buat tim senior Shakhtar Donetsk saat masih berusia 17 tahun. Saat itu ia diturunkan di laga Piala Ukraina pada 31 Oktober 2018.

Sebelum bergabung dengan tim junior Donetsk, Mudryk sempat menimba ilmu sepak bola di akademi Metalist Kharkiv dan Dnipro Dnipropetrovsk.

Dalam perjalanan karier profesionalnya, Mykhailo Mudryk sempat merasakan dua kali masa peminjaman. Pertama ke Arsenal Kyiv dan kedua di Desna Chernihiv.

Di level tim nasional, Mykhailo Mudryk merupakan bagian dari berbagai timnas kelompok umur Ukraina. Mulai dari Ukraina U-16, U-17, U-19, hingga U-21.

Di timnas senior Ukraina, Mudryk menjalani debutnya pada Mei 2022. Sejauh ini ia sudah mengantongi 8 caps buat Ukraina tanpa torehan gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini