Boladunia

Profil Joao Mendes, Anak Ronaldinho yang Trial untuk Gabung Akademi Barcelona

Apakah Joao Mendes akan sukses seperti sang ayah Ronaldinho?

Irwan Febri Rialdi

Joao Mendes, anak dari Ronaldinho. (Instagram/@_mendesjoao_)
Joao Mendes, anak dari Ronaldinho. (Instagram/@_mendesjoao_)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Joao Mendes, anak dari legenda sepak bola, Ronaldinho, yang tengah menjalani trial untuk bergabung akademi Barcelona.

Pecinta sepak bola, terutama di era 2000-an, tak akan melupakan sosok Ronaldinho yang dianggap maestro di lapangan hijau berkat skill olah bolanya.

Eks penggawa Timnas Brasil ini dinilai sebagai salah satu yang terbaik sepanjang masa karena kemampuannya mengolah si kulit bundar sehingga membuat banyak orang terkesima.

Sejak menurunnya performa Ronaldinho dan usianya yang menua, jarang ada pesepak bola yang bisa memberikan hiburan di lapangan hijau sepertinya lagi.

Tapi kini pecinta sepak bola bisa saja kembali kehadiran seorang artis seperti Ronaldinho, setelah anaknya, yakni Joao Mendes, tengah mengikuti trial untuk bergabung dengan akademi Barcelona.

Saat ini, Joao Mendes yang berusia 17 tahun tengah berstatus tanpa klub dan mencoba peruntungan untuk mengikuti jejak sang ayah dengan bergabung Barcelona.

Joao Mendes bahkan pun saat ini tengah mengikuti uji coba agar dirinya bisa menjadi bagian dari La Masia, atau akademi Barcelona.

Lantas, siapakah sosok Joao Mendes tersebut? Berikut profilnya.

Jebolan Klub Besar Brasil

Joao Mendes merupakan pesepak bola asal Brasil yang lahir pada 25 Februari 2005 dengan nama lengkap Joao Mendes de Assis Moreira.

Ia sendiri merupakan putra dari Ronaldinho dan pasangannya yang merupakan penari profesional, yakni Janaina Mendes.

Kiprahnya di sepak bola bermula saat dirinya berusia empat tahun, ketika dirinya meminta sang ibunda masuk ke sekolah sepak bola.

Barulah pada usia 10 tahun, Joao Mendes bisa bergabung dengan Flamengo yang merupakan salah satu tim papan atas Brasil.

Setelahnya, Joao Mendes bermain futsal bagi Vasco da Gama dan sempat melakoni trial dalam waktu singkat bersama Boavista-RJ.

Pada usia 13 tahun, Joao Mendes lolos trial dan bergabung Cruzeiro. Uniknya, ia lolos secara murni mengandalkan bakatnya dengan menyembunyikan identitasnya sebagai putra Ronaldinho.

Setahun setelah bergabung Cruzeiro, Joao Mendes kemudian meneken kontrak panjang berdurasi enam tahun pada tahun 2019 silam.

Bakatnya pun terlihat saat tim muda Cruzeiro berpartisipasi di sebuah turnamen di China, di mana Joao Mendes berhasil mencetak dua gol.

Namun kontrak jangka panjang ini tak membuat Joao Mendes bertahan lama. setelah empat tahun bersama Cruzeiro, ia memutuskan kontraknya dengan klub Brasil tersebut pada 2022.

Hal ini membuatnya kemudian terbang ke Spanyol dan mencoba peruntungan dengan mengikuti trial untuk bergabung Barcelona.

Di level internasional, Joao Mendes belum sama sekali membela tim nasional manapun. Tapi, ia bisa membela Brasil dan Spanyol karena memegang dua kewarganegaraan di dua negara itu.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini