Boladunia

Tak Puas hanya PSG, Nasser Al-Khelaifi Bidik Tottenham Hotspur Masuk ke Kerajaan Bisnisnya

Investasi perusahaan asal Qatar akan bergerilya di tanah Eropa.

Muhammad Ilham Baktora

Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi (Philippe Lopez/AFP)
Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi (Philippe Lopez/AFP)

Bolatimes.com - Tak ingin berhenti di Paris Saint-Germain (PSG), Qatar Sports Investments (QSI) mulai membidik klub-klub Eropa baru-baru ini. Bahkan sang CEO QSI, Nasser Al-Khelaifi telah bertemu dengan perwakilan Tottenham Hotspur untuk membahas bisnis tersebut.

Dilansir dari The Sun, Senin (9/1/2023), Nasser Al-Khelaifi sudah menyulap PSG menjadi klub raksasa di tanah Prancis. Bahkan saat mendatangkan Neymar dengan harga fantastis, seluruh dunia dibuat terkejut.

Berkat kehadiran bintang Brasil itu, PSG raih 8 kali gelar Ligue 1 dalam 10 tahun belakangan.

QSI dibawah tangan dingin Nasser Al-Khelaifi tercatat memegang saham klub terbesar keempat asal Portugal, Braga. QSI memiliki hak sebanyak 21,67 persen.

Berbicara bisnis, QSI tak mau hanya berada di Prancis dan Portugal. Mereka berniat melebarkan sayapnya ke klub Eropa dengan saham minoritas. Maka Tottenham Hotspur dibidik Nasser Al-Khelaifi untuk bergabung di dalamnya.

Bahkan dalam laporan media yang sama, Nasser Al-Khelaifi sudah bertemu dengan Presiden Tottenham Hotspur, Daniel Levy di London.

Meski belum ada keputusan final antara keduanya. Pertemuan itu terlihat bahwa QSI akan mulai bergerilya di tanah Eropa untuk berinvastasi.

Nasser Al-Khelaifi tercatat sebagai CEO QSI. Namun pemilik QSI sendiri yang diduga pemiliknya adalah menteri keuangan Qatar dan Komite Olimpiade Qatar, merupakan anak perusahaan Otoritas Investasi Qatar atau QIA. Perusahaan ini mengelola dana kekayaan negara Qatar.

Bukan tanpa alasan QSI mulai memperluas bisnisnya sampai ke Eropa. Menyusul pemilik Manchester City yakni Abu Dhabi United Group sudah melangkah lebih dulu dengan membentuk City Football Group (CFG).

Hadirnya CFG ini memberikan suntikan besar untuk The Citizen sejak diambilalih pada 2008 lalu. Tak hanya Manchester City, klub Italia, Palermo juga diambil alih dengan nilai 11,2 juta poundsterling atau setara Rp212 miliar.

Nasser Al-Khelaifi tak ingin ketinggalan langkah dengan Abu Dhabi United Group. Rumor ini pun menjadi hangat diperbincangkan dengan kehadirannya ke tanah Eropa dalam sepekan belakangan di sektor bisnis.

Berita Terkait

Berita Terkini