Boladunia

Legenda Sepak Bola Brasil Wafat, Warga Brasil Beri Penghormatan Besar di Santos

Pele wafat di usia 82 tahun.

Muhammad Ilham Baktora

Suasana di dalam Stadion Vila Belmiro sebelum acara penghormatan terakhir kepada legenda sepak bola Brazil, Pele, di kota Santos, negara bagian Sao Paulo, Senin (2/1/2023). (AFP/MIGUEL SCHINCARIOL)
Suasana di dalam Stadion Vila Belmiro sebelum acara penghormatan terakhir kepada legenda sepak bola Brazil, Pele, di kota Santos, negara bagian Sao Paulo, Senin (2/1/2023). (AFP/MIGUEL SCHINCARIOL)

Bolatimes.com - Wafatnya legenda sepak bola Brasil, Pele menjadi duka bagi persepakbolaan dunia. Hal itu juga dirasakan oleh warga Brasil yang ikut menjadi sejarah saat Pele berseragam Tim Samba.

Upacara Pemakaman Pele akan digelar di Stadion yang biasa dikenal Vila Belmiro milik Santos FC. Klub yang pernah dibela Pele saat pertama kalinya meniti karier atlet sepak bola.

Para penggemar akan mendatangi stadion setempat untuk mengucapkan selamat tinggal bagi legenda tersebut yang wafat di usia 82 tahun.

Pele didiagnosa mengidap kanker yang menyebabkan fungsi tubuhnya menurun hingga menghembuskan nafas terakhir.

Dikutip dari ESPN, Senin (2/1/2023), pintu stadion akan dibuka pada pukul 10.00 waktu setempat (20.00 WIB) dan peti mati yang berisi jenazah satu-satunya pesepakbola yang tiga kali menjuarai Piala Dunia akan dipajang di tengah lapangan.

Stadion yang biasa disebut Vila Belmiro sesuai dengan daerah dimana klub Santos dapat menampung 16.000 orang. Di berbagai tribun, tiga spanduk raksasa telah dipasang sejak Minggu yang salah satunya memajang foto Pele dengan jersey nomor 10-nya.

Nantinya bakal dilakukan prosesi di jalan-jalan di Santos yang merupakan kota pelabuhan yang berjarak sekitar 75 kilometer dari ibu kota negara bagian Sao Paulo.

Prosesi tersebut akan melewati rumah ibunda Pele, Celeste Arantes yang berusia 100 tahun, yang tidak mengetahui bahwa putranya yang terkenal di seluruh dunia telah meninggal.

Bahkan adik Perempuan Pele menyebutkan ibunda Pele tak tahu jika anaknya meninggal lebih dulu.

"Dia tidak tahu, ibu kami juga kondisi tidak sadar," kata adik perempuan Pele, Maria Lucia do Nascimento.

Prosesi nantinya akan berakhir di sebuah pemakaman di Santos di mana Pele akan dikebumikan di sebuah mausoleum khusus. [ANTARA]

Berita Terkait

Berita Terkini