Hasil Piala Dunia 2022: Kroasia Rebut Posisi Tiga usai Tundukkan Maroko

Kroasia rebut posisi tiga Piala Dunia 2022 setelah kalahkan Kroasia dengan skor 2-1

Rauhanda Riyantama | BolaTimes.com
Minggu, 18 Desember 2022 | 06:51 WIB
Kroasia rerbut posisi tiga Piala Dunia 2022 setelah kalahkan Kroasia dengan skor 2-1. (AFP)

Kroasia rerbut posisi tiga Piala Dunia 2022 setelah kalahkan Kroasia dengan skor 2-1. (AFP)

Bolatimes.com - Timnas Kroasia sukses tumbangkan Maroko dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022, Sabtu (17/12/2022) malam WIB. Bertanding di Stadion Khalifa Interasional, Vatreni menang dengan skor 2-1.

Kroasia mampu membuka keunggulan saat laga baru berjalan tujuh menit lewat sundulan Josko Gvardiol yang memanfaatkan umpan Ivan Perisic di kotak penalti.

Namun, Maroko mampu membalasnya dua menit berselang Achraf Dari yang juga menggunakan sundulan usai menyambut umpan tendangan bebas Hakim Ziyech.

Baca Juga: Persik Kediri Menang Tipis atas Dewa United, Berikut Klasemen Terbaru BRI Liga 1 2022/2023

Mislav Orsic kemudian membawa Kroasia merestorasi keunggulan pada menit ke-42 lewat tembakkan indah yang memantul tiang kanan terlebih dahulu untuk kemudian menaklukan Yassine Bounou yang terkejut.

Aksi pemain Kroasia, Mislav Orsic cetak gol saat ke gawang Maroko dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022. (AFP)
Aksi pemain Kroasia, Mislav Orsic cetak gol saat ke gawang Maroko dalam laga perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022. (AFP)

Hasil ini membuat Luka Modric dan kawan-kawan mengulangi raihan pada Piala Dunia 1998 di mana mereka merebut tempat ketiga setelah mengalahkan Belanda dengan skor 2-1 di Stadion Parc des Princes, Paris.

Sementara bagi Maroko, kekalahan ini membuat mereka gagal mengukir sejarah sebagai tim non Eropa dan Amerika pertama yang menempati peringkat tiga sepanjang sejarah Piala Dunia.

Baca Juga: Arema FC Hajar Persita 2-0, Berikut Klasemen Terbaru BRI Liga 1 2022/2023

Sebagai informasi, sejak Piala Dunia bergulir pada 1930, tempat ketiga selalu diduduki oleh tim-tim dari benua Eropa dan Amerika.

Khusus benua Amerika, cuma Amerika Serikat wakil dari CONCACAF (Amerika Utara) yang pernah menduduki posisi itu tepatnya pada 1930. Selebihnya, tim-tim Amerika Selatan mendominasi.

Sebelum Maroko, Korea Selatan menjadi tim non Eropa dan Amerika pertama yang bersaing memperebutkan tempat ketiga di Piala Dunia tepatnya pada edisi 2002.

Baca Juga: 5 Klub Luar Negeri Milik Orang Indonesia yang Bisa Diperkuat oleh Egy Maulana, Bisa Satu Liga Bareng Elkan Baggott

Sayangnya, Taeguk Warriors yang berstatus tuan rumah harus puas menduduki peringkat empat usai dikalahkan Turki.

Jalannya Pertandingan

Timnas Maroko lebih banyak menguasai bola di awal pertandingan. Namun, ketatnya pressing yang diterapkan Kroasia membuat Singa Atlas kesulitan bahkan untuk sekedar mengirim bola ke sepertiga akhir.

Baca Juga: Eks Manchester United Komentari Elkan Baggott yang Putuskan Absen Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Tekanan yang dilancarkan Kroasia langsung berbuah gol saat laga baru berjalan tujuh menit lewat "pahlawan bertopeng" Josko Gvardiol.

Ivan Perisic berhasil melewati penjagaan ketat pemain Maroko untuk menyambut umpan tendangan bebas dan kemudian melepaskan operan ke dalam kotak penalti yang sukses sundul Gvardiol (Kroasia) untuk menjebol gawang Yassine Bounou.

Namun, hanya dua menit berselang, Maroko mampu membalas gol tersebut guna mengubah skor menjadi sama kuat 1-1 melalui sundulan Achraf Dari.

Bek yang menggantikan posisi kapten Romain Saiss ini tidak terkawal ketika menyambut umpan tendangan bebas Hakim Ziyech dari sisi kanan di mana bola tersebut sempat membentur kepala pemain lawan sebelum meluncur ke kotak penalti.

Selebrasi bek Maroko, Achraf Dari usa bobol gawang Kroasia. (AFP)
Selebrasi bek Maroko, Achraf Dari usa bobol gawang Kroasia. (AFP)

Pada menit ke-24, Kroasia memiliki peluang untuk kembali unggul. Luka Modric meliuk-liuk di depan kotak penalti sebelum melepaskan tembakkan kaki kiri tetapi masih mampu dibaca oleh Bounou.

Pada menit ke-33, giliran Maroko yang mendapat kesempatan mencetak gol. Sofiane Boufal melakukan aksi satu-dua dengan rekannya sebelum mendapat bola di dalam kotak penalti.

Namun, sebelum melepaskan tembakkan, dia langsung ditempel ketat bek Kroasia sehingga tembakkannya melenceng jauh dari gawang.

Hanya berselang empat menit Maroko kembali mendapat peluang. Umpan sepak pojok dari Hakim Ziyech disundul Youssef En Nesyri tetapi bola masih meluncur tipis ke sisi kanan gawang.

Memasuki menit ke-42, Kroasia berhasil merestorasi keunggulan melalui Mislav Orsic lewat tembakkan keras dari jarak menengah.

Bola tembakkan Orsic lebih dulu memantul sehingga kiper Maroko terkejut dan gagal mengantisipasi. Skor 2-1 untuk keunggulan Kroasia pun bertahan di babak pertama.

Di babak kedua, Kroasia masih tetap menjadi tim yang tampil dominan dalam penguasan bola dan bahkan hampir menambah jumlah gol pada menit ke-47.

Ivan Perisic menyambung operan pada Mislav Orsic yang kemudian menembak dari batas kotak penalti dan berakhir melenceng tipis dari tiang kiri gawang.

Perjuangan Maroko untuk mengejar ketertinggalan kian sulit setelah dua bek tengah mereka Achraf Dari dan Jawad El Yamiq mengalami cedera. Situasi itu memaksa gelandang Sofyn Amrabat mundur untuk mengisi pos yang ditinggalkan nama kedua.

Singa Atlas yang tertinggal satu gol berinisiatif tampil menyerang. Mereka terus menekan pertahanan Kroasia hingga menit ke-80 tetapi kesulitan menciptakan peluang. Pada akhirnya, skor 2-1 untuk keunggulan Kroasia pun bertahan hingga bubaran.

Susunan Pemain Kroasia vs Maroko

Kroasia (3-5-2): Dominik Livakovic; Josip Stanisic, Josip Sutalo, Josko Gvardiol; Mislav Orsic (Kristijan Jakic, 90+5'), Lovro Majer (Mario Pasalic, 66'), Luka Modric, Mateo Kovacic, Ivan Perisic; Marko Livaja (Bruno Petkovic, 66'), Andrej Kramaric (Nikola Vlasic, 61').

Pelatih: Zlatko Dalic

Maroko (4-3-3): Yassine Bounou; Achraf Hakimi, Achraf Dari (Anass Zaroury, 64'), Jawad El Yamiq (Selim Amallah, 67'), Yahya Attiat-Allah; Sofyan Amrabat, Bilal El Khannous (Azzedine Ounahi, 56'(, Abdelhamid Sabiri (Ilias Chair, 46'); Sofiane Boufal (Badr Benoun, 64'), Youssef El Nesyri, Hakim Ziyech.

Pelatih: Walid Regragui.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak