Hasil Piala Dunia 2022: Drama Sengit 120 Menit hingga Adu Penalti, Kroasia Melaju ke Semifinal usai Jegal Brasil

Kroasia memastikan lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 usai kalahkan Brasil.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Sabtu, 10 Desember 2022 | 00:54 WIB
Kiper Kroasia, Dominik Livakovic menghalau tendangan dari penyerang Brasil, Vinicius Jr pada perempat final Piala Dunia di Stadion Education City, Qatar, Jumat (9/12/2022). (Twitter/@CBSSportsGolazo)

Kiper Kroasia, Dominik Livakovic menghalau tendangan dari penyerang Brasil, Vinicius Jr pada perempat final Piala Dunia di Stadion Education City, Qatar, Jumat (9/12/2022). (Twitter/@CBSSportsGolazo)

Bolatimes.com - Pertarungan sengit terjadi antara Timnas Brasil dan Kroasia dalam perempat final Piala Dunia 2022 di Stadion Education City, Qatar, Jumat (9/12/2022). Bermain waktu normal 120 menit dengan skor 1-1, pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti yang dimenangkan oleh Kroasia, 4-2

Timnas Kroasia memastikan diri melaju ke semifinal usai mengalahkan Tim Samba di Piala Dunia 2022

Dua gol di waktu normal dicetak oleh, Neymar (105+1) dari kubu Brasil. Sementara dari kubu Kroasia, Bruno Petkovic berhasil menyamakan kedudukan di menit 117'.

Baca Juga: Jadwal Perempat Final Piala Dunia 2022 Malam Ini: Kroasia vs Brasil, Belanda vs Argentina

Jalannya pertandingan

Brasil memulai laga dengan tempo yang cukup pelan. Namun serangan dilakukan untuk mempercepat gol pertamanya ke gawang Kroasia.

Vinicius melepaskan tendangan di menit ke-3. Tapi serangannya masih bisa diantisipasi Domincik Livakovic. Brasil terus mencoba membangun serangan namun tak kunjung memberikan ancaman.

Baca Juga: Lolos ke Perempat Final, Kapten Kroasia Sebut Timnya Selalu Menang dengan Sentuhan Drama

Tak mau terus tertekan, Kroasia, mengambil kesempatan menyerang di menit ke-12. Ivan Perisic yang mendapat umpan silang nyaris membuka gol.

Jual beli serangan terus dilakukan dua tim ini namun tak kunjung membuahkan hasil.

Brasil hampir saja mencetak gol lewat tendangan bebas yang dilakukan Neymar pada menit ke-41. Tendangan melengkung bintang Paris Saint-Germain (PSG) ini mampu dibendung Livakovic

Baca Juga: Jelang Hadapi Kroasia di Perempat Final, Neymar sudah Samai Rekor Dua Legenda Brasil Ini

Hingga tambahan waktu 1 menit waktu normal babak pertama, kedua tim bermain imbang 0-0 hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Brasil mencoba mempercepat tempo serangan. Meski demikian, skuad Vatreni masih bisa mengimbangi.

Brasil nyaris menjebol gawang Livakovic di menit ke-47. Vinicius yang memanfaatkan bola muntahan dari Neymar, masih mampu dihalau penjaga gawang.

Neymar mencetak gol ke gawang Kroasia dalam perempat final di Piala Dunia 2022, Jumat (9/12/2022). (Twitter/@btsportfootball)
Neymar mencetak gol ke gawang Kroasia dalam perempat final di Piala Dunia 2022, Jumat (9/12/2022). (Twitter/@btsportfootball)

Buntu anak asuhnya tak lekas mengubah angka di papan skor, Pelatih Brasil, Tite melakukan pergantian pemain. Rapinha digantikan Antony di menit ke-55.

Kroasia lebih banyak bertahan di awal-awal menit babak kedua ini. Hal itu dimanfaatkan Tim Samba untuk melakukan tekanan.

Masuknya Antony belum memberikan daya gedor yang cukup. Di menit ke-63, Tite lagi-lagi mengganti pemainnya, Vinicius Jr keluar digantikan Rodrygo.

Hasilnya Brasil melakukan sedikit ancaman pada menit ke-65. Lewat Lucas Paqueta dirinya hampir mencetak gol setelah pergumulan di kotak penalti. Namun Livakovic masih saja kokoh berdiri menepis tendangan para pemain Brasil.

Zlatko Dalic juga mengganti dua pemainnya sekaligus untuk membuat serangan menusuk. Kramaric digantikan Petkovic , dan Pasalic diganti oleh Vlasic di menit ke-72.

Lini bertahan Kroasia dibuat bergeming saat serangan cepat Neymar menusuk di menit ke-76. Meski begitu, kesigapan Livakovic masih saja berhasil menghalau serangan.

Brasil bisa saja mencetak gol ke gawang Vatreni di menit ke-80, jika saja tendangan rendah Lucas Paqueta gagal ditangkap Livakovic.

Tite mencoba peruntungan dengan mengganti penyerang Richarlison. Pedro dimasukkan untuk menambah daya gedor di menit ke-84. Namun, hal itu tak kunjung memberikan hasil.

Hingga waktu normal 90 menit berakhir, kedua tim bermain imbang dengan skor 0-0. Pertandingan dilanjutkan ke extra time atau babak tambahan.

Di babak tambahan waktu pertama, Kroasia bermain cukup disiplin di lini bertahannya. Kerap mendapat serangan dari Brasil, Vatreni masih berhasil membendung gempuran Tim Samba.

Akhir penantian Brasil pun tiba, Tim Samba berhasil mencetak gol pertamanya lewat kerjasama Lucas Paqueta dan Neymar di menit ke-105+1. Penyerang PSG ini membawa Brasil memimpin 1-0. Skor tak berubah hingga babak tambahan pertama berakhir.

Di extra time kedua, Brasil memperketat lini bertahannya. Serangan Kroasia yang berulang kali dilakukan mampu digagalkan bek Tim Samba.

Perjuangan Kroasia ternyata membuahkan hasil, di menit ke-117 Bruno Petkovic berhasil menyamai kedudukan 1-1 dengan memanfaatkan umpan Mislav Orsic.

Hingga babak tambahan kedua berakhir, tak ada gol tambahan dan dilanjutkan dengan adu penalti.

Pada adu penalti, Livokavic berhasil menepis dua tendangan dari empat percobaan Timnas Brasil. Rodrygo dan Marquinhos adalah dua pemain yang gagal melaksanakan tugasnya, hingga mengantarkan Tim Samba pada jurang kekalahan.

Sementara Kroasia dari empat tendangan yang dibuat, seluruhnya berhasil menjebol gawang Alisson Becker. Skor penalti 4-2 untuk Kroasia.

Dengan hasil ini, Timnas Kroasia mengunci tiket melaju ke semifinal Piala Dunia 2022. Skuad Vatreni dijadwalkan bertanding pada Rabu 14 Desember 2022.

Susunan Timnas Brasil vs Kroasia:

Timnas Kroasia XI (4-3-3): Livakovic, Juranovic, Lovren, Gvardiol, Sosa, Modric, Brozovic, Kovacic, Pasalic, Perisic, Kramaric.

Pelatih: Zlatko Dalic (Kroasia)

Timnas Brasil XI (4-2-3-1): Alisson, Militao, Marquinhos, Silva, Sandro, Casemiro, Paqueta, Raphinha, Neymar, Vinicius, Richarlison.

Pelatih: Tite (Brasil)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak