Boladunia

Termasuk Goncalo Ramos, Berikut Pencetak Hattrick di 6 Edisi Terakhir Piala Dunia

Goncalo Ramos cetak hattrick di Piala Dunia 2022 saat Portugal kalahkan Swiss 6-1.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi Goncalo Ramos usai cetak gol saat Portugal hajar Swiss 6-1 di Piala Dunia 2022. (AFP)
Selebrasi Goncalo Ramos usai cetak gol saat Portugal hajar Swiss 6-1 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut daftar pencetak hattrick atau tiga gol dalam satu laga di lima edisi terakhir Piala Dunia, di mana nama Goncalo Ramos menjadi pemain teranyar.

Goncalo Ramos dielu-elukan saat Portugal secara perkasa menundukkan Swiss dengan skor 6-1 di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Rabu (7/12).

Dalam duel tersebut, penyerang muda yang baru berusia 21 tahun ini mampu mencetak Hattrick di laga debut penuhnya bersama Portugal.

Di laga kontra Swiss, Goncalo Ramos mampu mencetak Hattrick-nya di menit ke-17, menit ke-51, dan menit ke-67.

Berkat Hattrick-nya itu, Goncalo Ramos pun masuk dalam buku rekor, yakni menjadi pencetak Hattrick pertama di Piala Dunia 2022.

Selain itu, ia juga mencetak rekor lain yakni sebagai pemain pertama yang mencetak Hattrick di debut penuhnya di Piala Dunia setelah Miroslav Klose pada 2002.

Karena Hattrick yang ia buat di usia 21 tahun, Goncalo Ramos juga menjadi pencetak Hattrick termuda di fase gugur Piala Dunia sejak Pele pada edisi 1958 silam.

Berbicara soal Hattrick di ajang sekelas Piala Dunia, dalam setiap edisinya selalu lahir nama-nama baru yang mampu mencetak torehan ini.

Lantas, siapa saja daftar pencetak Hattrick di lima edisi terakhir Piala Dunia dari edisi 2002 hingga edisi 2018 lalu? Berikut daftarnya.

1. Piala Dunia 2002

Di Piala Dunia 2022 yang digelar di Jepang-Korea Selatan ini, hanya ada dua pemain yang mampu mencetak Hattrick atau tiga gol dalam satu pertandingan.

Kedua pemain itu adalah Miroslav Klose kala Jerman menghajar Arab Saudi 8-0 dan Pauleta kala Portugal menggasak Polandia dengan skor 4-0 di babak grup.

2. Piala Dunia 2006

Di Piala Dunia 2006 ini, ternyata tak ada satu pun pemain yang mampu mencetak Hattrick. Bisa dikatakan, banyak penyerang yang melempeng di edisi kali ini.

Sebagai bukti, top skor Piala Dunia 2006 yakni Miroslav Klose, hanya mampu mencetak lima gol saja dan disusul penyerang top seperti Hernan Crespo dan Ronaldo yang mencetak tiga gol.

3. Piala Dunia 2010

Di Piala Dunia 2010 yang digelar di Afrika Selatan ini, hanya ada satu pemain saja yang mampu mencetak Hattrick atau trigol dalam satu laga.

Pemain tersebut adalah Gonzalo Higuain dari Argentina. Eks penyerang Juventus dan Real Madrid ini mencetak tiga golnya itu saat La Albiceleste mengalahkan Korea Selatan dengan skor 4-1 di fase grup.

4. Piala Dunia 2014

Di Piala Dunia 2014, ada dua pemain saja yang mampu mencetak Hattrick. Kedua Hattrick ini semuanya dicetak di babak grup.

Kedua pemain tersebut yakni Thomas Muller yang mencetak Hattrick ke gawang Portugal usai menang 4-0 dan Xherdan Shaqiri yang mencetak Hattrick saat Swiss mengalahkan Honduras dengan skor 3-0.

5. Piala Dunia 2018

Pada Piala Dunia edisi 2018 yang berlangsung di Rusia empat tahun silam, hanya ada dua pemain yang berhasil mencetak Hattrick.

Kedua pemain tersebut adalah pemain bernama besar yakni Cristiano Ronaldo kala Portugal bermain imbang 3-3 dengan Spanyol dan Harry Kane kala Inggris mengalahkan Panama dengan skor 6-1.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini