Boladunia

Alasan Menyentuh Brasil Mainkan Kiper Ketiga saat Kalahkan Korea Selatan di Piala Dunia 2022

Brasil turunkan kiper ketiga saat hadapi Korea Selatan.

Husna Rahmayunita | Arief Apriadi

Pemain Timnas Brasil usai kalahkan Korea Selatan di babak 16 besar Piala Dunia 2022. (AFP/NELSON ALMEIDA)
Pemain Timnas Brasil usai kalahkan Korea Selatan di babak 16 besar Piala Dunia 2022. (AFP/NELSON ALMEIDA)

Bolatimes.com - Pertandingan Brasil kontra Korea Selatan di Piala Dunia 2022 diwarnai momen haru ketika Weverton yang berstatus sebagai kiper ketiga dimainkan oleh Tim Samba.

Duel Brasil vs Korea Selatan yang di babak 16 besar Piala Dunia 2022 yang digelar di Stadion 974, Selasa (6/12/2022) berakhir dengan skor 4-1.

Menariknya, Pelatih Tite, menurunkan Weverton pada menit ke-80 untuk menggantikan kiper utama Alisson Becker ketika Brasil sudah unggul 4-1 dari Korea Selatan.

Bukan tanpa alasan pelatih berusia 61 tahun itu memasukan kiper cadangan dan bahkan berstatus lapis ketiga di laga ini.

Weverton ternyata merupakan satu-satunya pemain Brasil yang belum tampil dalam tiga pertandingan mereka di babak penyisihan Grup G.

Pada matchday pertama dan kedua kontra Serbia dan Swiss, Tite memilih Alisson Becker sebagai penjaga gawang timnas Brasil.

Lalu di matchday terakhir, Ederson Moraes mendapat kesempatan tampil kontra Kamerun di mana laga berakhir dengan kekalahan 0-1 untuk Selecao.

Menyadur dari Express, tampilnya Weverton di penghujung laga kontra Korea Selatan membuat Brasil menorehkan catatan unik. Sebanyak 26 pemainnya kini sudah mencicipi atmosfer pertandingan Piala Dunia 2022.

Keputusan Tite menurunkan Weverton cukup mengharukan mengingat usia sang kiper sudah tidak muda lagi yakni 34 tahun.

Kemungkinan besar, Weverton yang merupakan kiper klub Palmeiras itu tidak punya kesempatan lagi untuk mendapat menit bermain selepas babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Artinya, pemain yang punya delapan caps bersama Brasil itu diberikan kesempatan sekali seumur hidup untuk membela negaranya di pentas Piala Dunia, ajang sepak bola terbesar sejagat.

Keputusan Tite sepertinya sangat disyukuri oleh Weverton, terlihat dari ekspresi sang kiper yang tersenyum lebar ketika berjalan memasuki lapangan untuk mewujudkan mimpi tampil di Piala Dunia.

Weverton berhasil melakukan serangkaian penyelamatan dalam 10 menit terakhir menjaga gawang Selecao untuk memastikan dia tidak kebobolan setelah masuk dari bangku cadangan.

Sedikit yang bisa menyangkal bahwa Weverton belum mendapatkan kesempatan di panggung global bersama negaranya.

Meskipun ia mungkin sosok yang tidak dikenal di luar negara asalnya Brasil, kiper tersebut memainkan peran kunci dalam kesuksesan medali emas mereka di Olimpiade 2016, menyelamatkan penalti yang menentukan dari pemain Jerman Nils Petersen.

Terlepas dari kepahlawanannya, ia gagal masuk skuat Brasil di Piala Dunia 2018 dengan Alisson, Ederson dan Cassio menjadi kiper Selecao di ajang tersebut.

Tapi kesuksesan Palmeiras di Copa Libertadores membawa Weverton kembali menonjol untuk merebut satu tempat dalam skuad bertabur bintang Brasil di Qatar 2022.

Kemenangan atas Korea Selatan membuat Brasil melaju ke perempat final dan sudah ditunggu Kroasia, runner-up Piala Dunia 2018 yang melewati babak 16 besar usai menang adu penalti atas Jepang setelah bermain 1-1 selama 120 menit.

Pertandingan Kroasia vs Brasil di perempat final Piala Dunia 2022, digelar Jumat (9/12) mendatang.

Berita Terkait

Berita Terkini