Boladunia

6 Kontestan yang Dipastikan Gagal Lolos ke Fase Perempat Final Piala Dunia 2022

Enam negara ini gugur di babak 16 besar, termasuk Jepang dan Korea Selatan

Irwan Febri Rialdi

Reaksi pemain Jepang setelah kalah dalam adu penalti lawan Kroasia dalam Piala Dunia 2022 di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, selatan Doha pada 5 Desember 2022. (AFP/Andrej Isakovic)
Reaksi pemain Jepang setelah kalah dalam adu penalti lawan Kroasia dalam Piala Dunia 2022 di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, selatan Doha pada 5 Desember 2022. (AFP/Andrej Isakovic)

Bolatimes.com - Dua negara asal Asia, Jepang dan Korea Selatan, akhirnya dipaksa mengakhiri perjalanannya di Piala Dunia 2022 seusai gagal melaju ke fase perempat final.

Jepang dan Korea Selatan yang sama-sama kandas di babak 16 besar turut menambah deretan kontestan yang sejauh ini sudah dipastikan gagal lolos ke fase perempat final Piala Dunia 2022.

Padahal, sebetulnya Jepang sudah sempat unggul terlebih dahulu saat bersua Kroasia di babak 16 besar. Mereka mencetak keunggulan melalui Daizen Maeda pada babak pertama.

Namun, Ivan Perisic sukses menyamakan kedudukan pada babak kedua. Hingga akhirnya, skor 1-1 bertahan hingga waktu normal dan tambahan waktu.

Memasuki babak adu penalti, skuad Samurai Biru justru melempem. Tiga eksekutornya, Takumi Minamino, Kaoru Mitoma, dan Maya Yoshida, gagal melaksanakan tugasnya dengan baik.

Sedangkan di kubu timnas Kroasia, hanya satu pemain saja yang tak bisa mengeksekusi dengan sempurna, yakni Marko Livaja.

Sementara itu, Korea Selatan juga harus gigit jari karena kandas dari Brasil di babak 16 besar. Mereka secara mengejutkan digasak dengan skor 4-1.

Pada babak pertama saja, Brasil sudah berhasil menang dengan skor 4-0 lewat gol Vinicius Junior, Neymar, Richarlison, dan Lucas Paqueta, sedangkan Korea Selatan hanya bisa membalas via Park Seung-ho.

Bagi tim asal Negeri Ginseng itu, kekalahan ini sekaligus mengulangi kegagalan mereka pada Piala Dunia edisi sebelumnya, yakni 2018 yang berlangsung di Rusia. 

Saat itu, Taeguk Warriors yang diasuh oleh Shin Tae-yong juga tumbagn di fase 16 besar dan gagal mengulangi pencapaiannya sebagai semifinalis pada edisi 2002.

Sejauh ini, selain Jepang dan Korea Selatan, sudah ada empat negara yang dipastikan tersingkir dari perebutan tiket ke fase perempat final Piala Dunia 2022.

Mereka adalah Senegal, Polandia, Australia, dan Amerika Serikat. Senegal tumbang 0-3 dari Inggris, sedangkan Polandia takluk 1-3 dari Prancis.

Adapun Australia harus mengakhiri perjuangannya setelah ditekuk Argentina 1-2, lalu Amerika Serikat terpuruk dari Belanda setelah digulung 1-3.

Daftar 6 Tim yang Gagal Lolos ke Babak 8 Besar Piala Dunia 2022

1. Amerika Serikat

2. Australia

3. Polandia

4. Senegal

5. Jepang

6. Korea Selatan

Kontributor: M Faiz Alfarizie

Berita Terkait

Berita Terkini