Boladunia

Hasil Piala Dunia 2022: Brasil Lumat Korea Selatan 4-1, Tantang Kroasia di Perempat Final Piala Dunia 2022

Brasil akan bertemu dengan Kroasia 14 Desember 2022.

Muhammad Ilham Baktora

Para pemain Timnas Brasil melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Korea Selatan pada babak 16 besar Piala Dunia, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB. (Twitter/@FOXSoccer)
Para pemain Timnas Brasil melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Korea Selatan pada babak 16 besar Piala Dunia, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB. (Twitter/@FOXSoccer)

Bolatimes.com - Hasil Piala Dunia Brasil vs Korea Selatan pada babak 16 besar Piala Dunia 2022, di Stadium 974, Qatar Selasa (6/12/2022) pukul 02.00 dini hari WIB, dimenangkan oleh Tim Samba dengan skor 4-1.

Brasil mengemas gol lewat Vinicius Junior (7'), Neymar (12'), Richarlison (28') dan Lucas Paqueta (37'). Sementara Korea Selatan mencetak gol lewat tendangan keras Paik Seung-ho (76').

Jalannya pertandingan

Skuat asuhan Tite langsung tancap gas sedetik setelah wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai. Hanya berselang 7 menit, Vinicius Junior membuka keran gol untuk Timnas Brasil.

Satu gol itu memantik pemain lain untuk menggempur pertahanan Ksatria Taeguk. Pada menit ke-11, Richarlison dilanggar oleh bek Korea Selatan di dalam kotak penalti. Wasit lalu menunjuk titik putih untuk memberikan hadiah penalti.

Neymar yang bertugas sebagai eksekutor berhasil menyelesaikan tugasnya dan menambah gol untuk Brasil, 2-0.

Digempur dua gol, Korea Selatan bukan tanpa serangan. Skuad asuhan Paulo Bento nyaris memperpendek jarak dari kaki Hwang Hee-chan di menit ke-17. Namun tendangan dari luar kotak penalti mampu ditepis kiper Brasil, Alisson Becker.

Asyik menyerang, Korsel justru kembali kebobolan. Kali ini gol diciptakan oleh Richarlison di menit ke-28, berkat umpan silang dari Vinicius Junior. Pemain Tottenham Hotspur ini mampu mengonversi menjadi gol ketiga Brasil.

Mendekati akhir babak pertama, Brasil lagi-lagi menambah jumlah golnya. Lucas Paqueta merupakan pemain keempat yang mencatatkan namanya di papan skor.

Brasil mendominasi di babak pertama. Hingga peluit babak pertama usai, tak ada gol lain yang tercipta. Skor bertahan 4-0.

Masuk ke babak kedua, Tim Samba tampaknya haus akan gol. Satu menit laga berjalan, Richarlison langsung memberikan ancaman ke gawang Kim Seung-gyu. Namun tendangannya masih berhasil diamankan.

Korea Selatan melakukan counter attack lewat Son Heung-min di menit ke-47. Tendangan langsung ke arah gawang dari sisi kiri masih bisa ditepis Allison Becker.

Brasil mencoba peruntungan lagi di menit ke-65. Umpan silang oleh Daniel Alves ke Neymar gagal dilanjutkan menjadi gol.

Korea Selatan memiliki kesempatan emas di menit 67. Bola muntahan hasil tendangan Hwang Hee-chan yang ditepis Allison Becker mengarah ke Son yang terbuka tanpa penjagaan. Namun kesigapan kiper 30 tahun ini mampu mengamankan gawang.

Korea Selatan akhirnya memperpendek jarak gol lewat tendangan Paik Seung-ho di menit ke-76. Berawal dari tendangan bebas yang dilakukan Son Heung-min, bola yang memantul ke luar kotak penalti dimanfaatkan oleh Paik Seung menjadi sebuah gol, kedudukan berubah 4-1.

Berhasil mengemas satu gol, Ksatria Taeguk mulai banyak melakukan serangan ke gawang lawan. Namun, beberapa kali kesempatan masih gagal menjadi sebuah gol.

Sebuah kesalahan Kim Seung-gyu nyaris menjadi blunder Korea Selatan. Berniat mengoper ke rekannya, bola justru mengenai kaki Rodrygo yang masuk sebagai pemain pengganti. Namun, tendangan Rodrygo ke gawang Korsel masih bisa dihalau.

Brasil masih terus menggempur pertahanan Korsel. Kali ini percobaan dari Daniel Alves nyaris menambah pundi-pundi gol. Sayang tendangannya masih melebar ke atas mistar gawang.

Hingga peluit panjang berbunyi, tak ada lagi gol tercipta. Kemenangan milik Brasil dengan skor 4-1 dan dipastikan Tim Samba melaju ke perempat final.

Dengan demikian, Brasil akan berjumpa dengan Kroasia di babak 8 besar pada Rabu (14/12/2022), memperebutkan tiket ke semifinal.

Susunan Pemain Brasil vs Korea Selatan:

Brasil: Alisson; Danilo, Thiago Silva, Marquinhos, Eder Militao; Lucas Paqueta, Casemiro; Vinicius Junior, Neymar, Rapinha; Richarlison

Cadangan: Weverton, Ederson, Dani Alves, Bremer, Fred, Fabinho, Bruno Guimaraes, Everton Ribeiro, Antony, Rodrygo, Pedro, Gabriel Martinelli

Pelatih: Tite

Korea Selatan: Kim Seung-Gyu; Kim Jin-Su, Kim Young-Gwon, Kim Min-Jae, Kim Moon-Hwan; Jung Woo-Young, Hwang In-Beom; Son Heung-Min, Lee Jae-Sung, Hwang Hee-Chan; Cho Gue-Sung

Cadangan: Song Beom-keun, Jo Hyeon-woo, Yoon Jong-gyu, Chul Hong, Kyung-won Kwon, Tae-hwan Kim, Yu-min Cho, Paik Seung-Ho, Jun-ho Son, Na Sang-ho, Lee Kang-in, Kwon Chang-Hoon, Woo-yeong Jeong, Song Min-kyu, Ui-jo Hwang

Pelatih: Paulo Bento

Berita Terkait

Berita Terkini