Hasil Piala Dunia 2022: Hajar Amerika Serikat 3-1, Belanda Melaju Mulus ke Perempat Final

Belanda tak kesulitan mengatasi Amerika Serikat di babak 16 besar Piala Dunia 2022

Irwan Febri Rialdi | Arief Apriadi
Minggu, 04 Desember 2022 | 03:41 WIB
Selebrasi Frenkie De Jong usai cetak gol saat Belanda hajar Qatar 2-0 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Selebrasi Frenkie De Jong usai cetak gol saat Belanda hajar Qatar 2-0 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Hasil Piala Dunia 2022, Belanda berhasil menalahkan Amerika Serikat pada laga 16 besar di Khalifa International Stadium, Doha, Sabtu (3/12/2022) malam WIB. Kemenangan ini membuat skuat Oranje melaju ke perempat final.

Pertandingan berlangsung sangat sengit khususnya di babak kedua, sebelum Belanda menjinakkan perlawanan luar biasa Amerika Serikat dengan skor 3-1.

Memphis Depay membawa De Oranje unggul cepat ketika pertandingan baru berjalan 10 menit, sebelum Daley Blind menambah keunggulan Oranje jelang berakhirnya babak pertama.

Penyerang Belanda #10 Memphis Depay (tengah) melepaskan tembakkan yang berbuah gol pertama timnya selama laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Amerika Serikat di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 3 Desember 2022.Anne-Christine POUJOULAT / AFP
Penyerang Belanda #10 Memphis Depay (tengah) melepaskan tembakkan yang berbuah gol pertama timnya selama laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Amerika Serikat di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 3 Desember 2022.Anne-Christine POUJOULAT / AFP

AS sempat memperkecil ketertinggalan melalui Haji Wright pada menit ke-76, sebelum Denzel Dumfries yang mengkreasi assist pada dua gol pertama Belanda, mencatatkan namanya di papan skor sembilan menit jelang waktu normal berakhir.

Di babak perempat final, Belanda masih menunggu calon lawannya antara Argentina atau Australia yang baru akan memainkan laga 16 besar pada Minggu (4/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Jalannya Pertandingan

Penyerang Timnas Belanda #10 Memphis Depay (Depan) melakukan selebrasi dengan Cody Gakpo setelah mencetak gol pertama timnya selama laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Amerika Serikat di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 3 Desember 2022.Permata SAMAD / AFP.
Penyerang Timnas Belanda #10 Memphis Depay (Depan) melakukan selebrasi dengan Cody Gakpo setelah mencetak gol pertama timnya selama laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Amerika Serikat di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 3 Desember 2022.Permata SAMAD / AFP.

Laga berlangsung sengit sejak kick-off. Amerika Serikat terlihat mampu meladeni permainan Belanda dan bahkan sempat tampil lebih dominan di lima menit pertama.

Namun, Belanda mampu mengambil alih permainan untuk kemudian membuka keunggulan melalui Memphis Depay pada menit ke-10.

De Oranje melakukan umpan-umpan pendek dari lini belakang untuk mengeleminasi pressing pemain Amerika Serikat, sebelum Deznel Dumfries melepaskan umpan silang dari sisi kanan yang disambut tembakkan akurat Depay di dalam kotak penalti.

Tertinggal 0-1 membuat AS keluar menyerang. Namun, serangan-serangan mereka masih mampu diredam tim asuhan Louis van Gaal.

Belanda mendapatkan peluang pada menit ke-21. Memphis Depay menerima umpan di sisi kanan kotak penalti, tetapi dia terburu-buru melepaskan tembakkan yang pada akhirnya tak akurat saat Cody Gakpo meminta umpan di kotak terlarang.

Belanda pasca unggul terlihat menurunkan intensitas pressing-nya menjadi midblock. Pendekatan itu cukup berhasil meredam upaya AS melancarkan serangan hampir sepanjang babak pertama.

Namun di menit ke-43, AC memberi ancaman serius ke gawang Belanda. Timothy Weah menyambar bola rebound dengan tembakkan keras dari luar kotak penalti, tetapi penjaga gawang Andries Noppert melompat dan berhasil menghentikannya.

Belanda terus berada dalam tekanan setelahnya. Bek sayap kanan AS, Sergino Dest berhasil masuk ke dalam area penalti namun tembakannya berhasil diblokir.

Amerika Serikat terus berupaya untuk mencari gol penyama kedudukan setelahnya, tetapi belum berhasil. Belanda justru mencetak gol kedua melalui Daley Blind pada menit 45+1.

Bek Timnas Belanda #17 Daley Blind melakukan selebrasi dihadapan bek AS #02 Sergino Dest setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Amerika Serikat di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 3 Desember 2022.Raúl ARBOLEDA / AFP
Bek Timnas Belanda #17 Daley Blind melakukan selebrasi dihadapan bek AS #02 Sergino Dest setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Amerika Serikat di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 3 Desember 2022.Raúl ARBOLEDA / AFP

Uniknya, proses gol kedua De Oranje hampir identik dengan gol pembuka. Denzel Dumfries mengirimkan umpan silang dari sisi kanan yang kemudian disambar Daley Blind dari dalam kotak penalti. Skor 2-0 untuk keunggulan Belanda bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Amerika Serikat kian gencar mengancam gawang Belanda. Pada menit ke-49, mereka hampir mencetak gol melalui Tim Ream.

Menyambut umpan sudut Christian Pulisic, Ream melepaskan tembakkan yang berhasil melewati kiper Belanda, tetapi Cody Gakpo masih bisa membuang bola tepat di garis gawang.

Setelahnya, AS bertubi-tubi meneror gawang Belanda. Giovanni Reyna memainkan bola melewati kolong kaki pemain lawan untuk memberikan umpan kepada Weston McKennie pada menit ke-54.

Gelandang Juventus itu kemudian melepaskan tembakan dari batas kotak penalti. Penjaga gawang telah bersiap-siap di garis pertahanannya namun bola berakhir melenceng tipis ke atas mistar gawang.

Enam menit berselang giliran Belanda yang menciptakan peluang emas. Lewat situasi serangan balik, Memphis Depay memimpin serangan timnya. Bola kemudian diumpan antara Cody Gakpo dan Steven Bergwijn.

Gakpo kemudian melepaskan umpan kepada Depay di depan kotak penalti yang langsung menyambarnya dengan tembakkan keras. Namun, kiper Matt Turner masih bisa menepis bola tersebut.

Oranje kembali mendapat peluang emas pada menit ke-71. Teun Koopmeiners melepaskan tembakan dari batas kotak penalti ke arah sisi kiri gawang, namun Matt Turner lakukan sebuah penyelamatan luar biasa.

Memphis Depay mencoba untuk menyundul masuk bola rebound. Usaha jarak dekatnya lagi-lagi digagalkan oleh aksi brilian Turner yang masih sempat menepis bola meski dalam posisi tak ideal.

Tiga menit berselang, Depay hampir saja melakukan blunder fatal. Dia melakukan backpass kurang akurat hingga pemain Amerika Haji Wright mampu menguasai bola untuk melepaskan tembakkan dari sisi kana kotak penalti melewati kiper yang masih mampu dihalau bek Belanda.

Dua menit berselang, AS benar-benar mencetak gol. Christian Pulisic melepaskan umpan silang yang kemudian disambar Haji Wright menggunakan tumit hingga bola melambung pelan dan masuk ke gawang tanpa mampu dihalau Noppert.

AS hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-78. Haji Wright lagi-lagi jadi ancaman serius tetapi Noppert mampu membaca permainan dengan baik dengan meninggalkan gawangnya untuk menghalau umpan trobosan pemain AS.

Hanya beberapa detik setelahnya, Belanda berbalik mengancam dan hampir mencetak gol lewat Bergwijn. Sayang, tembakkannya di dalam kotak penalti justru melebar dari tiang kiri gawang.

Dalam situasi tertekan, Belanda kemudian berhasil mencetak gol ketiga. Daley Blind melepaskan umpan lambung dari sisi kiri yang kemudian disambar Dumfries dengan tembakkan sentuhan pertama yang membuat Matt Turner tak berkutik.

AS terus melancarkan serangan setelah itu. Namun, lini belakang Belanda tampil begitu solid hingga skor 3-1 untuk kemenangan mereka tidak berubah hingga bubaran.

Susunan Pemain Belanda vs Amerika Serikat

Belanda (3-4-1-2): Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake (Matthijs de Ligt, 90+3'); Denzel Dumfries, Frenkie de Jong, Marten de Roon (Steven Bergwijn, 46'), Daley Blind; Davy Klaassen (Teun Koopmeiners, 46'); Memphis Depay (Xavi Simons, 82'), Cody Gakpo (Wout Weghorst, 90+4').

Pelatih: Louis van Gaal (Belanda).

Amerika Serikat (4-3-3): Matt Turner; Sergino Dest, Walker Zimmerman, Tim Ream, Antonee Robinson (Jordan Morris, 90+2'; Yunus Musah, Tyler Adams, Weston McKennie (Haji Wright, 68'); Timothy Weah (Brenden Aaronson, 67'), Jesus Ferreira (Giovanni Reyna, 46'), Christian Pulisic.

Pelatih: Gregg Berhalter (Amerika Serikat).

Berita Terkait

TERKINI

Los Blancos lolos akan menantang Al Hilal di Piala Dunia Antarklub 2022.
boladunia | 07:56 WIB
Manchester United terhindar dari kekalahan saat jamu Leeds United.
boladunia | 07:19 WIB
Pemain Arsenal saat Arsene Wenger melatih banyak diambil oleh Manchester City.
boladunia | 21:00 WIB
Kamu pilih siapa? Erling Haaland atau Kevin De Bruyne?
boladunia | 20:00 WIB
Victor Osimhen berhasil mematahkan rekor Cristiano Ronaldo di Serie A.
boladunia | 20:00 WIB
Apa itu Samba d'Or, penghargaan yang dimenangkan Neymar sebanyak enam kali.
boladunia | 16:22 WIB
Pep Guardiola sempat menegaskan siap hengkang andai Manchester City tersandung masalah.
boladunia | 15:00 WIB
Georgi Kinkladze memilih tetap setia dengan Manchester City meski harus terdegrasi dari Premier League pada musim 1995/1996.
boladunia | 15:00 WIB
Bagaimana kabar si kembar keturunan Indonesia yang main di Liga Jepang?
boladunia | 13:43 WIB
Ahmet Eyup Turkaslan tewas akibat tertimpa reruntuhan bangunan.
boladunia | 13:01 WIB
Anak Ronaldinho bernama Joao Mendes kini resmi gabung akademi Barcelona.
boladunia | 12:07 WIB
Piala Dunia U-20 2023 Indonesia akan menerapkan VAR yang berbeda, seperti apa?
boladunia | 11:55 WIB
Joao Mendes merapat ke mantan klub anaknya.
boladunia | 10:13 WIB
Jordi Amat dkk dapat sanjungan dari pemain Zenit.
boladunia | 09:17 WIB
Atsu menghabiskan lima musim di Newcastle sebelum kemudian pergi untuk bermain di Arab Saudi pada 2021.
boladunia | 20:36 WIB
Berikut fakta-fakta pendukung Barcelona jadi calon kuat juara Liga Spanyol musim ini.
boladunia | 16:00 WIB
Jurgen Klopp dihantui kutukan musim ketujuh setelah Liverpool babak belur di Liga Inggris musim 2022/2023.
boladunia | 15:31 WIB
Christian Atsu sempat terjebak di reruntuhan, tapi alhamdulillah dirinya dilaporkan selamat
boladunia | 15:29 WIB
Tampilkan lebih banyak