Hasil Piala Dunia 2022: Hajar Amerika Serikat 3-1, Belanda Melaju Mulus ke Perempat Final

Belanda tak kesulitan mengatasi Amerika Serikat di babak 16 besar Piala Dunia 2022

Minggu, 04 Desember 2022 | 03:41 WIB
Selebrasi Frenkie De Jong usai cetak gol saat Belanda hajar Qatar 2-0 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Selebrasi Frenkie De Jong usai cetak gol saat Belanda hajar Qatar 2-0 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Hasil Piala Dunia 2022, Belanda berhasil menalahkan Amerika Serikat pada laga 16 besar di Khalifa International Stadium, Doha, Sabtu (3/12/2022) malam WIB. Kemenangan ini membuat skuat Oranje melaju ke perempat final.

Pertandingan berlangsung sangat sengit khususnya di babak kedua, sebelum Belanda menjinakkan perlawanan luar biasa Amerika Serikat dengan skor 3-1.

Memphis Depay membawa De Oranje unggul cepat ketika pertandingan baru berjalan 10 menit, sebelum Daley Blind menambah keunggulan Oranje jelang berakhirnya babak pertama.

Penyerang Belanda #10 Memphis Depay (tengah) melepaskan tembakkan yang berbuah gol pertama timnya selama laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Amerika Serikat di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 3 Desember 2022.Anne-Christine POUJOULAT / AFP
Penyerang Belanda #10 Memphis Depay (tengah) melepaskan tembakkan yang berbuah gol pertama timnya selama laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Amerika Serikat di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 3 Desember 2022.Anne-Christine POUJOULAT / AFP

AS sempat memperkecil ketertinggalan melalui Haji Wright pada menit ke-76, sebelum Denzel Dumfries yang mengkreasi assist pada dua gol pertama Belanda, mencatatkan namanya di papan skor sembilan menit jelang waktu normal berakhir.

Di babak perempat final, Belanda masih menunggu calon lawannya antara Argentina atau Australia yang baru akan memainkan laga 16 besar pada Minggu (4/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Jalannya Pertandingan

Penyerang Timnas Belanda #10 Memphis Depay (Depan) melakukan selebrasi dengan Cody Gakpo setelah mencetak gol pertama timnya selama laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Amerika Serikat di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 3 Desember 2022.Permata SAMAD / AFP.
Penyerang Timnas Belanda #10 Memphis Depay (Depan) melakukan selebrasi dengan Cody Gakpo setelah mencetak gol pertama timnya selama laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Amerika Serikat di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 3 Desember 2022.Permata SAMAD / AFP.

Laga berlangsung sengit sejak kick-off. Amerika Serikat terlihat mampu meladeni permainan Belanda dan bahkan sempat tampil lebih dominan di lima menit pertama.

Namun, Belanda mampu mengambil alih permainan untuk kemudian membuka keunggulan melalui Memphis Depay pada menit ke-10.

De Oranje melakukan umpan-umpan pendek dari lini belakang untuk mengeleminasi pressing pemain Amerika Serikat, sebelum Deznel Dumfries melepaskan umpan silang dari sisi kanan yang disambut tembakkan akurat Depay di dalam kotak penalti.

Tertinggal 0-1 membuat AS keluar menyerang. Namun, serangan-serangan mereka masih mampu diredam tim asuhan Louis van Gaal.

Belanda mendapatkan peluang pada menit ke-21. Memphis Depay menerima umpan di sisi kanan kotak penalti, tetapi dia terburu-buru melepaskan tembakkan yang pada akhirnya tak akurat saat Cody Gakpo meminta umpan di kotak terlarang.

Belanda pasca unggul terlihat menurunkan intensitas pressing-nya menjadi midblock. Pendekatan itu cukup berhasil meredam upaya AS melancarkan serangan hampir sepanjang babak pertama.

Namun di menit ke-43, AC memberi ancaman serius ke gawang Belanda. Timothy Weah menyambar bola rebound dengan tembakkan keras dari luar kotak penalti, tetapi penjaga gawang Andries Noppert melompat dan berhasil menghentikannya.

Belanda terus berada dalam tekanan setelahnya. Bek sayap kanan AS, Sergino Dest berhasil masuk ke dalam area penalti namun tembakannya berhasil diblokir.

Amerika Serikat terus berupaya untuk mencari gol penyama kedudukan setelahnya, tetapi belum berhasil. Belanda justru mencetak gol kedua melalui Daley Blind pada menit 45+1.

Bek Timnas Belanda #17 Daley Blind melakukan selebrasi dihadapan bek AS #02 Sergino Dest setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Amerika Serikat di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 3 Desember 2022.Raúl ARBOLEDA / AFP
Bek Timnas Belanda #17 Daley Blind melakukan selebrasi dihadapan bek AS #02 Sergino Dest setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda vs Amerika Serikat di Stadion Internasional Khalifa di Doha pada 3 Desember 2022.Raúl ARBOLEDA / AFP

Uniknya, proses gol kedua De Oranje hampir identik dengan gol pembuka. Denzel Dumfries mengirimkan umpan silang dari sisi kanan yang kemudian disambar Daley Blind dari dalam kotak penalti. Skor 2-0 untuk keunggulan Belanda bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Amerika Serikat kian gencar mengancam gawang Belanda. Pada menit ke-49, mereka hampir mencetak gol melalui Tim Ream.

Menyambut umpan sudut Christian Pulisic, Ream melepaskan tembakkan yang berhasil melewati kiper Belanda, tetapi Cody Gakpo masih bisa membuang bola tepat di garis gawang.

Setelahnya, AS bertubi-tubi meneror gawang Belanda. Giovanni Reyna memainkan bola melewati kolong kaki pemain lawan untuk memberikan umpan kepada Weston McKennie pada menit ke-54.

Gelandang Juventus itu kemudian melepaskan tembakan dari batas kotak penalti. Penjaga gawang telah bersiap-siap di garis pertahanannya namun bola berakhir melenceng tipis ke atas mistar gawang.

Enam menit berselang giliran Belanda yang menciptakan peluang emas. Lewat situasi serangan balik, Memphis Depay memimpin serangan timnya. Bola kemudian diumpan antara Cody Gakpo dan Steven Bergwijn.

Gakpo kemudian melepaskan umpan kepada Depay di depan kotak penalti yang langsung menyambarnya dengan tembakkan keras. Namun, kiper Matt Turner masih bisa menepis bola tersebut.

Oranje kembali mendapat peluang emas pada menit ke-71. Teun Koopmeiners melepaskan tembakan dari batas kotak penalti ke arah sisi kiri gawang, namun Matt Turner lakukan sebuah penyelamatan luar biasa.

Memphis Depay mencoba untuk menyundul masuk bola rebound. Usaha jarak dekatnya lagi-lagi digagalkan oleh aksi brilian Turner yang masih sempat menepis bola meski dalam posisi tak ideal.

Tiga menit berselang, Depay hampir saja melakukan blunder fatal. Dia melakukan backpass kurang akurat hingga pemain Amerika Haji Wright mampu menguasai bola untuk melepaskan tembakkan dari sisi kana kotak penalti melewati kiper yang masih mampu dihalau bek Belanda.

Dua menit berselang, AS benar-benar mencetak gol. Christian Pulisic melepaskan umpan silang yang kemudian disambar Haji Wright menggunakan tumit hingga bola melambung pelan dan masuk ke gawang tanpa mampu dihalau Noppert.

AS hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-78. Haji Wright lagi-lagi jadi ancaman serius tetapi Noppert mampu membaca permainan dengan baik dengan meninggalkan gawangnya untuk menghalau umpan trobosan pemain AS.

Hanya beberapa detik setelahnya, Belanda berbalik mengancam dan hampir mencetak gol lewat Bergwijn. Sayang, tembakkannya di dalam kotak penalti justru melebar dari tiang kiri gawang.

Dalam situasi tertekan, Belanda kemudian berhasil mencetak gol ketiga. Daley Blind melepaskan umpan lambung dari sisi kiri yang kemudian disambar Dumfries dengan tembakkan sentuhan pertama yang membuat Matt Turner tak berkutik.

AS terus melancarkan serangan setelah itu. Namun, lini belakang Belanda tampil begitu solid hingga skor 3-1 untuk kemenangan mereka tidak berubah hingga bubaran.

Susunan Pemain Belanda vs Amerika Serikat

Belanda (3-4-1-2): Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake (Matthijs de Ligt, 90+3'); Denzel Dumfries, Frenkie de Jong, Marten de Roon (Steven Bergwijn, 46'), Daley Blind; Davy Klaassen (Teun Koopmeiners, 46'); Memphis Depay (Xavi Simons, 82'), Cody Gakpo (Wout Weghorst, 90+4').

Pelatih: Louis van Gaal (Belanda).

Amerika Serikat (4-3-3): Matt Turner; Sergino Dest, Walker Zimmerman, Tim Ream, Antonee Robinson (Jordan Morris, 90+2'; Yunus Musah, Tyler Adams, Weston McKennie (Haji Wright, 68'); Timothy Weah (Brenden Aaronson, 67'), Jesus Ferreira (Giovanni Reyna, 46'), Christian Pulisic.

Pelatih: Gregg Berhalter (Amerika Serikat).

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak