Boladunia

5 Negara Peringkat FIFA Rendah yang Justru Lolos ke Fase 16 Besar Piala Dunia 2022

Meski peringkatnya rendah, kelima negara ini membuktikan kualitas dengan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022

Irwan Febri Rialdi

Selebrasi Mathew Leckie (kiri) usai mencetak gol tunggal kemenangan Australia atas Denmark. (Facebook/Soccerross)
Selebrasi Mathew Leckie (kiri) usai mencetak gol tunggal kemenangan Australia atas Denmark. (Facebook/Soccerross)

Bolatimes.com - Sejumlah negara yang ranking FIFA-nya rendah ternyata justru berhasil tampil mengejutkan di Piala Dunia 2022. Meski posisinya tak apik, tetapi mereka justru lolos ke fase 16 besar.

Jika dibandingkan dengan kontestan Piala Dunia 2022 lainnya, tentu peringkat tim-tim kuda hitam ini tak jauh lebih baik. Sebab, jaraknya terlalu mencolok dengan tim-tim elite di perhelatan ini.

Berikut Bolatimes.com menyajikan lima negara dengan peringkat FIFA terendah tetapi justru berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

1. Maroko (Ranking 22 FIFA)

Timnas Maroko barangkali menjadi salah satu kontestan yang tampil mengejutkan di Piala Dunia 2022. Sebab, tim asal Afrika ini sukses lolos ke fase gugur.

Tim yang memiliki julukan Singa Atlas ini berhasil menggondol tiket dari Grup F. Hebatnya lagi, Maroko lolos dengan status sebagai juara grup.

Peserta Piala Dunia 2022 dengan urutan ke-22 ranking FIFA ini sukses mengalahkan Belgia (2-0) dan Kanada (2-1), sedangkan satu laga lainnya melawan Kroasia berakhir imbang (0-0).

2. Jepang (Ranking 24 Dunia)

Selanjutnya ada timnas Jepang yang menjadi salah satu kontestan paling mengejutkan di Piala Dunia 2022. Tim berjulukan Samurai Biru ini sukses menyingkirkan para raksasa.

Pasalnya, Jepang yang kini duduk di urutan ke-24 klasmeen sementara berhasil menjegal Jerman (2-1) dan juga Spanyol dengan skor yang sama.

Dengan hasil ini, Samurai Biru berhasil melaju dari Grup F dengan status sebagai jawara klasemen akhir dengan koleksi enam poin dari tiga laga.

3. Polandia (Ranking 26 Dunia)

Kiprah Polandia di Piala Dunia 2022 sebetulnya tak bagus-bagus amat. Namun, siapa sangka, mereka justru berhasil melaju ke fase 16 besar 

Padahal, penghuni peringkat 26 ranking FIFA ini hanya bisa meraih satu kemenangan, satu imbang, dan satu kekalahan.

Namun, mereka tetap berhak mendapatkan tiket via jalur runner-up karena unggul selisih gol atas Meksiko di klasmene akhir Grup C.

4. Korea Selatan (Ranking 28 Dunia)

Di urutan keempat, ada Korea Selatan yang berstatus sebagai negara dengan ranking FIFA terendah di Piala Dunia 2022, tapi justru lolos ke babak 16 besar.

Sebab, negara penghuni posisi 28 ranking FIFA ini sukses merebut peringkat kedua klasemen akhir Grup B. Dari tiga laga, mereka sukses meraih satu kemenangan.

Namun, Korea Selatan sukses lolos via jalur runner-up meskipun perolehan poinnya sama dengan milik Uruguay. Sebab, mereka unggul produktivitas gol.

5. Australia (Ranking 38 Dunia)

Kontestan Piala Dunia 2022 yang menduduki ranking FIFA terendah ialah Australia. Meskipun mereka duduk di urutan ke-38, tetapi mereka justru tampil mengejutkan.

Sebab, tim beralias The Socceroos ini sukses merebut peringkat kedua klasemen akhir Grup D dan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Dari tiga laga di Grup D, Australia sukses mengoleksi enam poin hasil dari dua kemenangan atas Tunisia dan Denmark dengan skor yang identik, yakni 1-0.

Kontributor: M Faiz Alfarizie

Berita Terkait

Berita Terkini