Boladunia

Hasil Piala Dunia 2022: Cuma Menang 2-0 atas Ghana, Uruguay Dibuat Korea Selatan Menangis

Uruguay tetap gagal lolos ke babak 16 besar meski meraih kemenangan 2-0 atas Ghana

Irwan Febri Rialdi

Luis Suarez dan Darwin Nunez. (Instagram/@fifaworldcup)
Luis Suarez dan Darwin Nunez. (Instagram/@fifaworldcup)

Bolatimes.com - Hasil Piala Dunia 2022, Uruguay berhasil mengalahkan Ghana dengan skor 2-0 pada laga pamungkas Grup H, Jumat (2/12/2022) malam WIB. Namun, hasil itu tak membuat Darwin Nunez Cs lolos ke babak 16 besar.

Dua gol dari gelandang serang Giorgian de Arrascaeta pada laga di Stadion Al Janoub, Qatar, tak cukup untuk membawa Uruguay lolos ke babak 16 besar.

Ini lantaran di laga Grup H lainnya, Korea Selatan berhasil mengalahkan tim yang sudah memastikan lolos, Portugal dengan skor 2-1.

Korea Selatan finis sebagai runner-up klasemen akhir Grup H dengan poin 4. Punya poin, selisih gol, serta head-to-head yang identik dengan Uruguay, namun Korsel unggul dalam hal gol memasukkan!

Uruguay pada akhirnya finis di peringkat ketiga, sementara Ghana yang sejatinya cuma butuh hasil imbang untuk lolos, malah finis sebagai juru kunci Grup H dengan poin 3. 

Highlight Pertandingan

10 menit babak pertama laga di Stadion Al Janoub berlangsung dalam tempo sedang. Kedua tim masih tampak berhati-hati dalam melakukan serangan.

Namun, setelah itu tempo pertandingan meninggi. Ghana maupun Uruguay tak ragu melakukan serangan cepat maupun melancarkan tekel-tekel keras.

Menit ke-16, Ghana mendapat peluang bersih pertama. Sepakan keras Jordan Ayew dari luar kotak penalti mampu ditepis kiper Uruguay, Sergio Rochet.

Bola muntah coba disambut Mohammed Kudus, sementara Rochet yang berusaha mengamankan bola sedikit terlambat. Rochet terlihat menjatuhkan Kudus, namun penalti tak diberikan wasit karena Kudus dianggap sudah dalam posisi offside.

Akan tetapi, setelah sekira dua menit tinjauan VAR, wasit akhirnya menghadiahkan penalti untuk Ghana.

Sayang, sepakan mendatar penyerang kawakan sekaligus kapten Ghana, Andre Ayew, terlalu lemah dan mampu ditahan Rochet.

Setelah itu, petaka justru mendatangi Ghana. Menit ke-26, crossing Facundo Pellistri dari sisi kanan diterima Luis Suarez di dalam kotak penalti Ghana.

Melakukan keeping dengan tenang, Suarez lantas melepaskan sepakan mendatar yang bisa ditepis secara gemilang oleh kiper Ghana, Lawrence Ati-Zigi.

Namun, bola yang masih terlalu deras meluncur menuju gawang. Si kulit bundar pun tinggal dicocor saja dengan kepala oleh gelandang serang Uruguay, Giorgian de Arrascaeta.

Hanya berselang enam menit setelah gol ini, pemain berusia 28 tahun yang bermain untuk klub Brasil Flamengo tersebut mencetak gol keduanya, lagi-lagi lewat assist Suarez.

Sodoran umpan lob Suarez dengan cantik diselesaikan de Arrascaeta dengan sepakan first time kaki kanan yang bersarang di pojok kanan bawah gawang Ghana. Uruguay unggul 2-0! 

Uruguay masih mendominasi bola dan juga serangan-serangan di sisa waktu babak pertama. Akan tetapi sampai half-time, tak ada gol tambahan dari Darwin Nunez dan kawan-kawan.

Ghana di sisi lain juga terlihat minim kreativitas dan agak down setelah dua gol cepat Uruguay itu, terlebih sebelumnya mereka punya peluang emas untuk unggul lewat tendangan penalti.

Masuk babak kedua, kedua tim masih jual-beli serangan. Terutama Ghana yang amat-sangat membutuhkan gol, mereka tampak lebih cepat mengalirkan bola ke area pertahanan lawan.

Akan tetapi, tim asuhan pelatih Otto Addo masih miskin dalam hal kreativitas di sepertiga akhir lapangan.

Menit ke-79, sepakan kaki kiri pemain pengganti, Kamaldeen Sulemana hanya menyamping sisi sebelah kanan gawang Uruguay.

Ghana belum berhenti menyerang. Dua menit berselang,  tendangan keras Kudus ditepis dengan luar biasa oleh kiper Rochet. 

Menit ke-88, sundulan striker pengganti Uruguay, Edinson Cavani di mulut gawang Ghana berhasil di-tip secara gemilang oleh kiper Zigi. Akan tetapi, Cavani ternyata sudah offside lebih dulu.

Di injury time,

Setelahnya, sepakan Maxi Gomez dari Uruguay berhasil ditepis Zigi. Nyaris! Tak berselang lama, giliran percobaan tembakan Ghana yang dibendung Rochet. End-to-end!

Di sisa waktu, Uruguay membombardir pertahanan Ghana. Akan tetapi skor 2-0 tetap tak berubah sampai wasit meniup peluit panjang. 

Susunan Pemain:

Timnas Ghana XI: Ati-Zigi; Seidu, Amartey, Salisu, Rahman; Partey, Samed; Kudus, A Ayew, J Ayew; Williams.

Pelatih: Otto Addo (Ghana)

Timnas Uruguay XI: Rochet; Varela, Gimenez, Coates, Olivera; Pellistri, Valverde, Bentancur, De Arrascaeta; Nunez, Suarez.

Pelatih: Diego Alonso (Uruguay).

(Suara.com/Rully Fauzi)

Berita Terkait

Berita Terkini