Boladunia

Profil Ao Tanaka, Pencetak Gol Kontroversial Jepang ke Gawang Spanyol di Piala Dunia 2022

Ao Tanaka mencetak gol sensasional saat lawan Spanyol.

Husna Rahmayunita

Pemain Jepang Ao Tanaka merayakan gol ke gawang Spanyol di Piala Dunia 2022, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. (AFP/Jewel Samad)
Pemain Jepang Ao Tanaka merayakan gol ke gawang Spanyol di Piala Dunia 2022, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. (AFP/Jewel Samad)

Bolatimes.com - Gelandang Timnas Jepang Ao Tanaka jadi mimpi buruk Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar usai membawa timnya mengandaskan Spanyol di laga penentuan.

Laga pamungkas fase Grup E Piala Dunia, Jumat (2/12/2022) hadirkan kejutan saat Jepang berhasil mempermalukan Spanyol dengan skor 2-1.

Gol Ao Tanaka di awal babak kedua memastikan kemenangan Samurai Biru atas Negeri Matador di Stadion Internasional Khalifa.

Spanyol sebenarnya berhasil mencetak gol cepat di babak pertama, tepatnya pada menit ke-11 lewat aksi Alvaro Morata.

Kedudukan 0-1 untuk keunggulan Spanyol bahkan bertahan sampai babak pertama selesai, namun menjadi awal mimpi buruk anak asuh Luis Enrique.

Babak kedua baru berjalan tiga menit, Ritsu Doan sukses menggetarkan jala gawang Unai Simon sekaligus mengubah papan skor menjadi 1-1.

Tak butuh waktu lama, tiga menit setelah itu Unai Simon dipaksa memungut bola dari dalam jala gawangnya lagi setelah Ao Tanaka berhasil menjebolnya.

Pemain Jepang Ao Tanaka jebol gawang Spanyol di matchday terakhir Grup E Piala Dunia 2022. (AFP/Giusappe Cacace)
Pemain Jepang Ao Tanaka jebol gawang Spanyol di matchday terakhir Grup E Piala Dunia 2022. (AFP/Giusappe Cacace)

Meskipun gol Ao Tanaka ini sedikit kontroversi dalam prosesnya, sesaat sebelum bola diceploskan ke gawang Unai Simon, bola terlihat sudah keluar dari garis pertandingan.

Namun VAR dan teknologi yang diterapkan pada bola mendeteksi jika bola masih aktif untuk dilanjutkan pertandingan.

Ao Tanaka pun mengaku sekilas melihat bola keluar, namun ia tak peduli dengan itu karena fokusnya hanya satu yakni mencetak gol untuk Jepang.

"Menurut pandangan saya, bola jelas setengah keluar, tetapi lebih dari itu saya tidak bisa melihat karena sangat cepat (pergerakan)," ucap Tanaka disadur dari Japan Today.

"Saya berkonsentrasi untuk mencetak gol, selalu ada kemungkinan bola itu keluar. Meskipun pada akhirnya itu adalah gol, baguslah." imbuhnya.

Kemenangan atas Spanyol membawa Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar dan akan menjadi penantang bagi Kroasia.

Berikut Profil Ao Tanaka

Nama Lengkap: Ao Tanaka
Tanggal lahir / Umur: 10 Sep 1998 (24)
Tempat kelahiran: Jepang Kawasaki, Kanagawa
Kewarganegaraan: Jepang
Tinggi: 1,80 m
Posisi: Gel. Tengah
Pemain Interasional saat ini: Jepang
Jumlah penampilan / Gol: 16 / 2

Karier Klub

2016 (Frontale U-16 - Kawasaki Frontale)
2021 (Kawasaki Frontale - Fortuna Dusseldorf)
2021 (Fortuna Dusseldorf - Kawasaki Frontale)
2022 (Kawasaki Frontale - Fortuna Dusseldorf)

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini