Boladunia

Serius Hadapi Piala AFF 2022, Timnas Singapura Gelar Pemusatan Latihan di Jepang

Singapura serius menatap Piala AFF 2022 hingga jalani TC di negeri Samurai

Irwan Febri Rialdi

Timnas Singapura menggelar TC di Jepang menjelang Piala AFF 2022. (Dok. FAS)
Timnas Singapura menggelar TC di Jepang menjelang Piala AFF 2022. (Dok. FAS)

Bolatimes.com - Timnas Singapura mulai memperlihatkan keseriusannya untuk mempersiapkan diri menghadapi Piala AFF 2022 dengan menggelar pemusatan latihan (TC) di Jepang.

Para pemain timnas Singapura juga sudah bertolak ke Chiba, Jepang, pada Rabu (30/11/2022). Rencananya, pemusatan latihan itu akan berlangsung selama 12 hari.

Keberangkatan skuad The Lions ini juga telah diumumkan secara resmi oleh Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) melalui akun media sosialnya.

“Tujuan selanjutnya: training camp (pemusatan latihan) di Jepang,” tulis FAS melalui akun Instagramnya, Rabu (30/11/2022).

Sebelumnya, pelatih timnas Singapura, Takayuki Nishigaya, mengumumkan bahwa The Lions juga akan menghadapi laga uji coba internasional melawan Maladewa di Stadion Jalan Besar, pada 17 Desember 2022.

Laga itu menjadi persiapan terakhir Irfan Fandi dan kawan-kawan sebelum menghadapi Piala AFF 2022. Selain itu, mereka juga sudah disiapkan beberapa laga uji coba selama berlatih di Negeri Matahari Terbit.

Tim-tim yang dipilih untuk berlatih tanding juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan timnas Singapura. Nishigaya menyebut, lawan latih tandingnya memiliki karakter bermain yang mirip dengan negara-negara Asia Tenggara.

“Pemusatan latihan yang akan datang dan pertandingan persahabatan dengan Maladewa adalah fase kunci dari persiapan terakhir kami untuk Piala AFF 2022,” kata Takayuki Nishigaya seperti dikutip dari situs resmi FAS.

“Di Jepang, kami akan menghadapi tim-tim yang memiliki gaya bermain yang mirip dengan tim-tim ASEAN yang akan sangat bagus dan bermanfaat bagi kami,” lanjutnya.

Menurut rencana, Takuya Nishigaya akan mengumumkan 23 nama pemain yang dibawa timnas Singapura untuk menghadapi gelaran Piala AFF 2022.

Hal itu berarti bahwa masih ada enam nama pemain yang akan dicoret. Sebab, juru taktik asal Jepang itu awalnya memanggil 29 nama untuk mengikuti persiapan.

“Saya telah memanggil para pemain ini untuk skuad sementara berdasarkan penampilan mereka di level klub serta kebutuhan posisi tim,” ujarnya.

“Dengan pemain tertentu yang dapat bermain di berbagai posisi jika diperlukan, saya percaya hal ini diperlukan untuk gaya bermain kami,” tambahnya.

Piala AFF 2022 mulai digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 dengan menerapkan sistem kandang-tandang mulai dari fase grup.

Singapura memiliki kesempatan besar lolos ke babak semifinal turnamen usai tergabung dalam Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Myanmar dan Laos.

Setidaknya negara ini terhindar dari kesempatan bertemu Thailand dan Indonesia yang mengisi Grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam dan Filipina.

Kontributor: M Faiz Alfarizie

Berita Terkait

Berita Terkini