Boladunia

Momen Gol Antoine Griezmann ke Gawang Tunisia Dianulir VAR, Nggak Masuk Akal!

Antoine Griezmann sejatinya mencetak gol penyama kedudukan lawan Tunisia, namun dianulir VAR.

Rauhanda Riyantama

Aksi penyerang Timnas Inggris, Antoine Griezmann saat bobol gawang Tunisia namun dianulir VAR. (AFP)
Aksi penyerang Timnas Inggris, Antoine Griezmann saat bobol gawang Tunisia namun dianulir VAR. (AFP)

Bolatimes.com - Melihat kembali momen gol Antoine Griezmann di laga terakhir grup D Piala Dunia 2022 antara Tunisia vs Prancis yang dianulir VAR dan dianggap tak masuk akal.

Prancis yang dijagokan akan menyapu bersih fase grup Piala Dunia 2022 dengan kemenangan, harus tumbang di laga terakhir grup D dari Tunisia, Rabu (30/11).

Dalam pertandingan tersebut, juara Piala Dunia 2018 itu tumbang dari tim terlemah grup D itu dengan skor tipis 0-1.

Satu-satunya gol yang tercipta di laga tersebut dicetak oleh Wahbi Khazri pada menit ke-58, yang mengakhiri catatan mentereng Prancis di fase grup.

Wahbi Khazri melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai cetak gol saat Tunisia kalahkan Prancis 1-0 di Piala Dunia 2022. (Twitter)
Wahbi Khazri melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai cetak gol saat Tunisia kalahkan Prancis 1-0 di Piala Dunia 2022. (Twitter)

Sebelum tumbang dari Tunisia, Prancis sendiri berhasil meraih dua kemenangan di grup D, masing-masing dari Australia dan Denmark.

Saat melawan Australia, Prancis mampu meraih kemenangan 4-1. Sedangkan di laga kontra Denmark, Les Bleus meraih kemenangan 2-1.

Kekalahan dari Tunisia itu pun mengakhiri catatan manis Prancis sepanjang fase grup. Faktanya, kekalahan ini bisa saja dihindari oleh tim Ayam Jantan tersebut.

Pasalnya, Prancis berhasil mencetak gol penyama kedudukan atas Tunisia di menit-menit akhir lewat penyerangnya Antoine Griezmann.

Sayangnya gol tersebut dianulir oleh Video Assistant Referee (VAR). Keputusan itu pun kemudian mengundang tanya dari berbagai pihak.

Undang Pertanyaan karena Posisi Onside

Dalam laga tersebut, tampak bahwa Antoine Griezmann berhasil mencetak gol karena kesalahan bek Tunisia, Montassar Talbi, gagal menyapu bola dengan baik.

Saat itu, Prancis tengah melakukan serangan lewat Aurelien Tchouameni yang melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti Tunisia.

Saat bola dilepaskan, Griezmann pun berada dalam posisi Offside dan sempat kembali ke dalam posisi Onside tanpa menyentuh bola.

Bola hasil umpan Tchouameni itu kemudian ditanduk secara tidak sempurna oleh Talbi yang membuat bola jatuh ke depan Griezmann dan diakhiri dengan sepakan voli yang merobek jala Tunisia.

Jika dilihat prosesnya, sejatinya gol penyerang Atletico Madrid itu sah karena tak melakukan pelanggaran apapun dalam proses gol itu.

Namun wasit dan VAR memandang pergerakan tanpa bolanya berada dalam posisi Offside karena menghalangi permainan.

Alhasil, gol yang dianulir itu membuat Prancis harus menelan kekalahan dari Tunisia dengan skor 0-1 dan mengakhiri catatan apiknya di fase grup.

Walaupun tumbang secara mengejutkan dari Tunisia, Prancis pun tetap berhak lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status juara grup D.

Pasalnya, Prancis telah mengoleksi enam poin dari tiga laga grup D. Poin tersebut mampu disamai Australia yang menang 1-0 atas Denmark.

Namun, Prancis berhak lolos sebagai juara grup D karena unggul selisih gol atas Australia yang memiliki minus tiga gol.

Di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Prancis pun dijadwalkan akan bertemu Runner Up grup C, yakni Polandia, yang berhasil lolos meski tumbang dari Argentina.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini