Boladunia

4 Klub Top Eropa yang Bisa Ramaikan Ajang Liga Champions Asia, Ada Zenit

Kehadiran mereka bisa membuat Liga Champions Asia semakin meriah dan seru

Irwan Febri Rialdi

Pemain Zenit Saint Petersburg menyamar jadi Deadpool saat mengangkat trofi juara Liga Rusia. (Twitter/@Russia)
Pemain Zenit Saint Petersburg menyamar jadi Deadpool saat mengangkat trofi juara Liga Rusia. (Twitter/@Russia)

Bolatimes.com - Salah satu konsekuensi dari bergabungnya Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) menjadi anggota Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) ialah munculnya klub-klub elite Rusia yang bakal tampil di Liga Champions Asia.

Sebab, klub-klub Rusia yang awalnya menjadi peserta di kejuaraan Eropa ini tak bisa berpartisipasi akibat hukuman yang diberikan oleh UEFA.

Klub-klub ini pun terpaksa menganggur di kontestasi Benua Biru. Oleh karena itu, RFU membuka peluang untuk bergabung dengan AFC sebagai salah satu opsi terbaik.

Jika Rusia bergabung dengan AFC, maka ada deretan klub-klub elite di negara itu yang bakal meramaikan ajang Piala AFC maupun Liga Champions Asia.

Berikut Bolatimes.com menyajikan deretan klub papan atas Rusia yang bisa ikut meramaikan perhelatan Liga Champions Asia andai RFU bergabung dengan AFC.

1. Zenit Saint Petersburg

Klub yang berhasil menjuarai Russian Premier League 2021/2022, Zenit Saint Petersburg, nantinya bakal menjadi klub elite Rusia yang patut dinantikan kiprahnya di Liga Champions Asia.

Sebab, Zenit Saint Petersburg merupakan salah satu klub tersukses di Rusia. Sejauh ini, mereka sudah berhasil meraih Sembilan gelar Russian Premier League.

Catatan itulah yang membuat Zenit menjadi salah satu kontestan yang sering mewakili Rusia di ajang UEFA Champions League alias Liga Champions.

2. Dynamo Moscow

Selanjutnya, ada klub yang berbasis di Ibu Kota dengan status sebagai kesebelasan elite di Rusia. Klub yang dimaksud ialah Dynamo Moscow.

Bersama dengan deretan klub asal Moskow lainnya, Dynamo Moscow masuk jajaran klub dengan koleksi gelar terbanyak di Rusia.

Sejauh ini, mereka sudah berhasil mengoleksi 12 trofi juara. Akan tetapi, gelar terbaru yang berhasil diraih klub ini ialah pada 1976. Mereka berstatus klub bergelimang gelar yang kini terseok-seok.

3. CSKA Moscow

Selain itu, ada CSKA Moscow yang menjadi klub Ibu Kota dengan status elite di Rusia. Mereka punya jumlah gelar yang jauh lebih banyak ketimbang Dynamo, yakni 13 titel juara.

Akan tetapi, CSKA Moscow belakangan ini tampak kesulitan untuk meraih gelar juara. Sebab, mereka terakhir kali merengkuh trofi pada edisi 2015/2016.

Pada kompetisi Russian Premier League 2021/2022 lalu, misalnya, CSKA Moscow hanya bisa mengakhiri persaingan di peringkat kelima klasemen akhir.

4. Spartak Moscow

Selanjutnya, status klub paling sukses dalam sejarah sepak bola Rusia ialah Spartak Moscow. Klub yang berbasis di Ibu Kota Rusia ini sudah berhasil mengoleksi 22 gelar juara.

Gelar ini menjadi yang terbanyak jika dibandingkan dengan klub lainnya di Rusia. Namun, mereka terakhir kali meraihnya pada edisi 2016/2017.

Sayangnya, belakangan ini klub sukses ini mengalami penurunan prestasi. Sebab, mereka hanya bisa duduk di urutan ke-10 klasemen akhir Russian Premier League 2021/2022.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini