Boladunia

3 Asosiasi yang Bisa Menampung Timnas Rusia di Asia, Salah Satunya AFF

Berkat kedekatan dengan Indonesia, bukan tidak mungkin Rusia akan gabung AFF jika sudah diterima AFC

Irwan Febri Rialdi

Trofi Piala AFF 2022. (Dok. TheThao247)
Trofi Piala AFF 2022. (Dok. TheThao247)

Bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) tentunya juga harus mempertimbangkan untuk memilih salah satu asosiasi regional jika nantinya mereka benar-benar bergabung ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Setidaknya, ada tiga asosiasi sepak bola di kawasan Asia yang bisa dipilih oleh Rusia apabila mereka memutuskan menjadi anggota AFC setelah meninggalkan UEFA.

Sebelumnya, Presiden RFU, Aleksandr Dyukov, mengatakan, saat ini peluang untuk bergabung dengan AFC adalah salah satu kesempatan yang harus dipertimbangkan RFU.

“Beberapa bulan lalu, saya mengatakan ide untuk gabung AFC terlalu dini. Namun, sekarang merupakan kesempatan yang harus kami pertimbangkan,” kata Aleksandr Dyukov dikutip dari The Thao 247.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga asosiasi sepak bola regional yang bisa menampung Rusia andai nantinya bergabung dengan AFC.

1. Asosiasi Sepak Bola Asia Tengah (CAFA)

Secara geografis, kawasan paling dekat dengan Rusia ialah Asia Tengah. Oleh karena itu, opsi pertama yang bisa dipertimbangkan oleh RFU ialah Asosiasi Sepak Bola Asia Tengah.

Sebagai informasi, Central Asian Football Association (CAFA) saat ini memiliki enam anggota, yakni Afghanistan, Iran, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, hingga Uzbekistan.

Secara persaingan, Rusia diprediksi bisa menjadi salah satu anggota terkuat di wilayah ini. Pesaing terberatnya ialah Iran yang jadi kekuatan sepak bola di Asia.

2. Asosiasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF)

Selanjutnya, ada East Asian Football Federation (EAFF) yang menaungi negara-negara di regional Asia Timur. Asosiasi ini juga bisa menjadi opsi terbaik bagi Rusia.

Untuk saat ini, EAFF sudah memiliki total 10 anggota. Mereka adalah China, Taiwan, Korea Utara, Guam, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Macau, Mongolia, dan Kepulauan Mariana Utara.

Jika dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya, EAFF memang menyajikan persaingan yang cukup sengit antaranggotanya.

Sebab, ada beberapa negara tangguh di kawasan Asia yang tergabung di wilayah ini, seperti Jepang, Korea Selatan, hingga China.

3. Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF)

Salah satu asosiasi sepak bola regional di Asia yang memiliki jumlah anggota yang paling banyak dibandingkan yang lainnya ialah ASEAN Football Federation (AFF).

Di kawasan Asia Tenggara ini, terdapat 12 belas negara yang mayoritas adalah anggota ASEAN, yakni Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam

Adapun anggota lainnya yang bukan termasuk kawasan ini ialah Australia. Jika Rusia memutuskan bergabung dengan AFF, maka lawan terberatnya hanyalah Australia.

Namun, salah satu kerugian jika bergabung sebagai anggota AFF ialah jarak geografis yang terlalu jauh untuk dituju.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini