Boladunia

Tua-tua Keladi, Deretan Kiper Veteran yang Dipanggil untuk Tampil di Piala Dunia 2022

Berikut 5 kiper veteran yang dipanggil negaranya tampil di Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Kiper veteran Timnas Meksiko, Alfredo Talavera. (Twitter)
Kiper veteran Timnas Meksiko, Alfredo Talavera. (Twitter)

Bolatimes.com - Berikut ini deretan kiper veteran yang dipanggil oleh negaranya untuk tampil di Piala Dunia 2022, di mana salah satunya telah memasuki usia kepala empat.

Pada gelaran Piala Dunia 2022 ini, banyak pelatih tim nasional menggunakan jasa para pemain veteran atau para pemain gaek.

Hadirnya para pemain gaek ini untuk menambah pengalaman bertanding bagi timnya, mengingat para pemain gaek tersebut sudah mengenyam level teratas dalam jangka waktu yang lama.

Apalagi gelaran sekelas Piala Dunia 2022 ini selalu menghadirkan tekanan yang besar bagi para pemain di lapangan.

Sehingga, para pemain gaek ini dianggap bisa mengatasi tekanan yang ada di Piala Dunia 2022 ini agar bisa membawa timnya meraih kesuksesan.

Untuk Piala Dunia 2022 ini, banyak negara-negara kontestan yang memanggil para pemain gaek, terutama di posisi penjaga gawang.

Pemanggilan pemain gaek untuk posisi penjaga gawang sendiri dikarenakan posisi ini paling banyak mendapat tekanan di tengah pertandingan, terutama di momen-momen dramatis seperti adu penalti.

Lantas, siapa saja pemain gaek di Piala Dunia 2022 ini yang mengisi pos penjaga gawang? Berikut daftarnya.

1. Alfredo Talavera (Meksiko)

Kiper veteran Timnas Meksiko, Alfredo Talavera. (Twitter)
Kiper veteran Timnas Meksiko, Alfredo Talavera. (Twitter)

Alfredo Talavera merupakan kiper pelapis Meksiko di belakang kiper gaek lainnya, Guillermo Ochoa. Ia sendiri sudah menjadi bagian tim El Tri sejak 2011 silam.

Pada Piala Dunia 2022 ini, Talavera pun kembali dipanggil kendati usianya sudah menginjak kepala empat. Diketahui, usianya saat ini telah 40 tahun.

2. Eiji Kawashima (Jepang)

Kiper Timnas Jepang, Eiji Kawashima. (AFP)
Kiper Timnas Jepang, Eiji Kawashima. (AFP)

Jepang banyak memiliki para pemain gaek yang masih aktif bermain di level teratas. Salah satunya adalah sang kiper, Eiji Kawashima.

Di Piala Dunia 2022 ini, kiper milik Strasbourg itu kembali dibawa oleh Hajime Moriyasu kendati usianya sudah 39 tahun.

3. Remko Pasveer (Belanda)

Kiper Ajax, Remko Pasveer. (AFP/Ina Fassbender)
Kiper Ajax, Remko Pasveer. (AFP/Ina Fassbender)

Belanda punya sejarah panjang dengan kiper yang telah berusia senja sebagai pemain. Salah satunya adalah Remko Pasveer yang dibawa ke Piala Dunia 2022.

Remko Pasveer sendiri telah berusia 39 tahun. Ia sendiri baru tampil dua kali bagi Belanda. Piala Dunia 2022 ini menjadi Piala Dunia kiper Ajax Amsterdam itu.

4. Aymen Mathlouthi (Tunisia)

Kiper Tunisia, Aymen Mathlouthi. (Twitter)
Kiper Tunisia, Aymen Mathlouthi. (Twitter)

Tunisia juga mengandalkan kiper gaek untuk Piala Dunia 2022 ini. Tim berjuluk Elang Kartago itu memanggil sosok Aymen Mathlouthi yang telah berusia 39 tahun.

Meski berusia gaek dan kenyang pengalaman, kiper yang akrab disapa Balbouli ini hanya menjadi kiper pelapis saja bersama Tunisia.

5. Steve Mandanda (Prancis)

Kiper veteran Timnas Prancis, Steve Mandanda. (AFP)
Kiper veteran Timnas Prancis, Steve Mandanda. (AFP)

Sama seperti Belanda, Prancis juga kerap mengandalkan kiper gaek. Di Piala Dunia 2022 ini, Didier Deschamps selaku pelatih turut memanggil kiper kawakan pada sosok Steve Mandanda.

Kiper andalan Rennes ini sendiri telah berusia 37 tahun. Di Piala Dunia 2022 ini, ia didapuk menjadi pelapis bagi kiper utama Hugo Lloris.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini