Suporter di Qatar Bawa Poster Mesut Ozil sambil Tutup Mulut, Sindiran untuk Timnas Jerman?

Timnas Jerman vs Spanyol berakhir dengan skor imbang 1-1.

Muhammad Ilham Baktora | BolaTimes.com
Senin, 28 November 2022 | 11:16 WIB
Deretan suporter membawa poster Mesut Ozil dan melakukan aksi tutup mulut saat Timnas Jerman menghadapi Spanyol dala matchday kedua Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, Senin (28/11/2022). (Twitter/@FaktaSepakbola)

Deretan suporter membawa poster Mesut Ozil dan melakukan aksi tutup mulut saat Timnas Jerman menghadapi Spanyol dala matchday kedua Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, Qatar, Senin (28/11/2022). (Twitter/@FaktaSepakbola)

Bolatimes.com - Matchday kedua di Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Timnas Spanyol vs Jerman, diwarnai dengan aksi tutup mulut yang dilakukan sejumlah suporter. Tak hanya menutup mulut, mereka juga membawa poster mantan pemain Timnas Jerman, Mesut Ozil.

Pemain yang memiliki darah Turki ini berulang kali memberikan kontribusi untuk Jerman selama bertanding di ajang empat tahunan tersebut. Dalam 92 caps yang dia ikuti pemain 34 tahun itu telah mencatatkan 23 gol dan 40 assist untuk Der Panzer. Sayang pada usianya ke 29 tahun, Ozil tak lagi dilirik masuk ke skuad Timnas Jerman.

Banyak spekulasi yang menjelaskan terkait keputusan Jerman tak lagi menggunakan Ozil dalam pertandingan di Piala Dunia. Isu rasialisme menjadi pembahasan yang cukup tinggi mengingat Ozil kerap menyuarakan dukungan terkait pergerakan muslim, termasuk penindasan kaum Muslim Uighur.

Baca Juga: Rumor Transfer: Lionel Messi Selangkah Lagi Gabung Klub David Beckham Inter Miami

Tak hanya itu, kekalahan Jerman pada 2018 menyeret nama Ozil sebagai kambing hitam. Ozil juga mendapat pelecehan rasialisme yang kala itu sempat berfoto bersama Presiden Turki, Reccep Tayyip Erdogan.

Bagi Ozil, hal itu sebenarnya tak perlu diperdebatkan oleh orang-orang Jerman. Namun banjir hujatan yang dia terima baik dari media hingga fans Jerman sendiri membulatkan tekadnya untuk menanggalkan seragam tersebut selamanya.

"Saya tak akan bermain lagi untuk Jerman di level internasional, sementara saya mendapatkan ujaran rasis dan tidak hormat," kata Ozil dikutip dari ESPN, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: 5 Fakta Menarik usai Laga Spanyol vs Jerman Berakhir Imbang 1-1

Aksi Niclas Fullkrug cetak gol penyama kedudukan saat Jerman tahan imbang Spanyol 1-1 di Piala Dunia 2022. (AFP)
Aksi Niclas Fullkrug cetak gol penyama kedudukan saat Jerman tahan imbang Spanyol 1-1 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Ozil mengaku sangat bangga ketika bisa berseragam Jerman. Namun saat ini dirinya kecewa dengan serangan-serangan tak bermoral yang dia terima dan tak ada kebanggan lagi.

Bisa jadi, rasisme yang diterima Ozil ini menjadi penyulut para suporter di Piala Dunia 2022 saat Spanyol vs Jerman melakukan hal tersebut. Tak hanya itu, Jerman sendiri, mendukung LGBTQ dan sempat memberikan gestur tutup mulut ketika di laga perdananya melawan Jepang.

Hal itu tak lain karena sejak awal, Qatar sudah tegas menolak adanya kampanye LGBTQ. Bahkan dalam pembukaan pertandingan tersebut, brand amabassador Piala Dunia 2022, Ghanim Al-Muftah membacakan Surat Al-Hujurat ayat 13.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini: Ada Brasil vs Swiss hingga Portugal vs Uruguay

Di mana ayat tersebut memiliki makna bahwa Tuhan telah menciptakan manusia seorang laki-laki dan perempuan untuk menjadikan berbangsa-bangsa dan bersuku untuk saling mengenal.

Terlepas dari polemik tersebut, Jerman hanya membawa pulang 1 poin setelah bermain imbang dengan Timnas Spanyol di Stadion Al Bayt, Al Khor, pada Senin (28/11/2022) dini hari WIB.

Spanyol mencetak gol lebih dulu via Alvaro Morata pada menit ke-62. Namun, Jerman membalas lewat aksi Niclas Fullkrug menit ke-83.

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak