Boladunia

Profil Breel Embolo yang Tolak Selebrasi usai Jebol Gawang Kamerun di Piala Dunia 2022

Breel Embolo pilih tak merayakan golnya.

Husna Rahmayunita

Pemain Kamerun Breel Embolo tolak selebrasi saat lawan Swiss di Piala Dunia 2022. (AFP/FABRICE COFFRINI)
Pemain Kamerun Breel Embolo tolak selebrasi saat lawan Swiss di Piala Dunia 2022. (AFP/FABRICE COFFRINI)

Bolatimes.com - Tidak ada selebrasi yang dilakukan oleh Breel Embolo. Padahal, dia menjadi penentu kemenangan Swiss atas Kamerun di Piala Dunia 2022.

Duel antara Swiss vs Kamerun ini merupakan laga Grup G yang terjadi di Stadion Al Janoub, Al Wakrah, Kamis (24/11/2022).

Dia menjadi penentu kemenangan 1-0 Swiss atas Kamerun, berkat gol tunggalnya di menit ke-48. Menariknya, tak ada selebrasi yang dilakukan olehnya usai membobol gawang Andre Onana.

Hal ini tak lepas dari Embolo yang lahir di Yaounde Ibu Kota Kamerun. Penyerang AS Monaco ini lahir dari kedua orang tua yang berasal dari Kamerun. Orang tua Embolo bercerai saat dirinya kecil.

Lantas, siapa sebetulnya Breel Embolo ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Breel Embolo

Penyerang klub AS Monaco itu lahir di ibu kota Kamerun, Yaounde, pada 14 Februari 1997 sebelum pindah ke Prancis dengan ibunya saat usia lima tahun. Embolo menjalani karier sepak bola yang cukup panjang.

Ibu Embolo kemudian menikah lagi dengan warga negara Swiss. Pemain 25 tahun ini memilih membela Swiss sejak dari level junior. 

Setelah pindah ke Basel di mana memulai menimba ilmu sebagai pemain junior dan menerima kewarganegaraan Swiss pada 2014. Ia lalu tampil untuk tim Swiss U-16, Breel Embolo akhirnya memutuskan untuk terus membela Swiss sampai ke level internasional dan kini telah mengantongi 60 caps.

Karier sepak bola Embolo dimulai dengan bergabung ke akademi Nordstern di Swiss, lalu pindah ke Old Boys, hingga akhirnya bergabung dengan tim junior FC Basel.

Pada musim 2013/14, dia promosi ke tim utama. Selama membela tim FC Basel, Embolo total mencatatkan 31 gol dari 91 laga.

Penampilan impresif itu pula yang bikin Schalke rela mengeluarkan duit 20 juta euro untuk memboyongnya. Namun di Schalke, penampilannya tak begitu istimewa dengan hanya torehan 12 gol dari 61 pertandingan.

Itulah mengapa Embolo akhirnya dilepas ke Borussia Monchengladbach pada musim 2019/20. Di Monchengladbach, Embolo mencatatkan 106 penampilan dengan 25 gol.

Pada musim panas lalu, tepatnya pada 15 Juli, Breel Embolo resmi dipinang AS Monaco dengan mahar 12 juta euro. Sejauh musim ini berjalan, sudah 8 gol dicetaknya dari 23 penampilan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini