Kemenangan Tak Terduga Wakil Asia di Piala Dunia 2022, Teranyar Jepang Pecundangi Jerman

Dua wakil Asia bikin gebrakan di Piala Dunia 2022.

Husna Rahmayunita | BolaTimes.com
Kamis, 24 November 2022 | 13:00 WIB
Momen Takuma Asano cetak gol kemenangan Jepang atas Jerman dengan skor 2-1 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Momen Takuma Asano cetak gol kemenangan Jepang atas Jerman dengan skor 2-1 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Gelaran Piala Dunia 2022 yang dihelat di Qatar diwarnai dengan torehan impresif dari tim negara Asia. Sejauh ini, sudah ada dua wakil Asia yang tampil mengejutkan dengan mengalahkan tim kuat yakni Jepang dan Arab Saudi.

Secara tak terduga, wakil Asia menunjukkan dominansinya di laga pembuka fase grup. Sempat tertinggal lebih dulu, Jepang dan Arab Saudi mampu membalikkan keadaan saat menghadapi rivalnya.

Kemenangan Jepang atas Jerman, serta Arab Saudi atas Argentina memberikan harapan untuk wakil-wakil Asia membuat gebrakan di sejarah Piala Dunia

Hingga kekinian, meski menguasai populasi dunia, belum ada negara Asia yang berhasil menjadi finalis apalagi memenangkan satu pun Piala Dunia.

Pasalnya, Piala Dunia selalu dikuasai oleh tim raksasa dari negara-negara Eropa dan Amerika Latin. Kendati demikian, sejumlah wakil Asia sempat mengalahkan tim-tim raksasa.

Simak riwayat kemenangan mengejutkan wakil Asia di Piala Dunia 2022 berikut ini.

1. Arab Saudi Bungkam Argentina 1-2

Gelandang Arab Saudi, Salem Al-Dawsari, berebut bola dengan Lionel Messi selama pertandingan Grup C Piala Dunia 2022 melawan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Utara Doha pada November 22, 2022. (AFP/Kirill Kudryactsev)
Gelandang Arab Saudi, Salem Al-Dawsari, berebut bola dengan Lionel Messi selama pertandingan Grup C Piala Dunia 2022 melawan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Utara Doha pada November 22, 2022. (AFP/Kirill Kudryactsev)

Kejutan Piala Dunia 2022 terjadi di pertandingan Argentina vs Arab Saudi pada Selasa (22/11/2022). Argentina yang difavoritkan menjadi juara kalah 1-2 dari Arab Saudi

Sejatinnya Argentina memimpin terlebih dahulu lewat eksekusi penalti Lionel Messi. Selain itu Argentina juga mencetak tiga gol namun dianulir wasit. Namun kemudian Arab Saudi sukses membalikkan keadaan di babak kedua lewat Saleh Al Shehri dan Salem Al Dawsari yang memastikan kemenangan 2-1 untuk wakil Asia.

2. Jepang Kalahkan Jerman 2-1

Momen Takuma Asano cetak gol kemenangan Jepang atas Jerman dengan skor 2-1 di Piala Dunia 2022. (AFP)
Momen Takuma Asano cetak gol kemenangan Jepang atas Jerman dengan skor 2-1 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Jepang mengikuti jejak Arab Saudi yang membuat kejutan dengan mengalahkan tim raksasa Jerman di Piala Dunia 2022. Di babak pertama, Jerman berada di atas angin setelah Ilkay Gundogan mencetak gol dari titik penalti di babak pertama. 

Tapi kemudian Jepang membalikkan keadaan berkat gol Ritsu Doan dan Takuma Asano. Dua gol itu membuat Jepang mengakhiri laga dengan skor 2-1. Kemenangan itu menjadi sejarah tersendiri karena untuk kali pertama menang atas Jerman.

(Suara.com/Trias Romadoni)

Berita Rekomendasi
Berita Terkait
TERKINI

Tiga negara yang memastikan diri lolos ke babak final Euro 2024, yakni Georgia, Ukraina, dan Polandia akan terbang ke Jerman, yang menjadi tuan rumah Euro 2024.

boladunia | 15:18 WIB

Pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa, (26/3/2024) pukul 19.00 WIB.

boladunia | 20:26 WIB

Deretan laga besar akan tersaji dalam Euro 2024 yang tak lama lagi akan digelar di Benua Biru. Jelang pertarungan bergengsi antar-negara di Eropa ini, ada sejumlah fakta menarik yang layak untuk dikupas.

boladunia | 09:15 WIB

Barcelona terjepit. Klub Catalan itu sudah disebut miskin oleh pemain incarannya. Pengaturan transfer menjadi lebih lancar ketika klub memiliki sumber daya finansial yang pas-pasan.

boladunia | 22:17 WIB

Liverpool memiliki kesempatan besar dalam mencari pengganti Juergen Klopp yang akan segera meninggalkan klub.Xabi Alonso, yang saat itu menjadi pelatih Bayer Leverkusen, pernah menjadi pilihan utama Liverpool.

boladunia | 21:58 WIB

Hasil undian untuk semifinal Piala FA diumumkan sekitar dua puluh lima menit setelah pertandingan Man United vs Liverpool di Old Trafford berakhir pada hari Minggu, tanggal 17 Maret 2024.

boladunia | 20:52 WIB

Striker AC Milan, Olivier Giroud dikabarkan akan merapat ke klub sepakbola asal Amerika Serikat. Saat ini disebutkan jika sang pemain sedang dalam tahap pembicaraan dengan LAFC di Amerika Serikat.

boladunia | 00:05 WIB

Di pertandingan melawan Hellas Verona pada pekan ke-29 Liga Italia, Pulisic mencetak gol penting yang mencatat sejarah bagi klub.

boladunia | 15:00 WIB

Gelaran drawing Europa Conference League 2023/2024 dilakukan di Nyon, Swiss pada Jumat, 15 Maret 2024. Dalam undian ada empat laga akan digelar pada delapan besar.

boladunia | 21:19 WIB

Detik-detik menegangkan terjadi ketika VAR melakukan tinjauan intensif untuk memastikan keabsahan gol tersebut, menciptakan ketegangan dan euforia di seluruh stadion.

boladunia | 07:00 WIB

Dalam pertandingan tersebut, Simone Inzaghi's squad mencetak gol melalui kontribusi Mateo Darmian, Lautaro Martinez, Federico Dimarco, dan Davide Frattesi, mengumpulkan total 69 poin, unggul 12 poin dari Juventus yang menempati posisi kedua dengan 57

boladunia | 06:15 WIB

Pertandingan tandang Al Nassr melawan Al Shabab pada pekan ke-21 Liga Pro Arab Saudi, Senin (26/2/2024) dini hari WIB, berlangsung di Prince Faisal bin Fahd Stadium.

boladunia | 11:33 WIB

Suporter fanatik Timnas Indonesia, Katon, dikabarkan telah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

boladunia | 21:35 WIB

Babak 16 besar Liga Europa menunjukkan bahwa AC Milan berpeluang menghadapi Liverpool. AC Milan dan Liverpool bertemu di babak final Liga Europa, bukan di fase awal eliminasi.

boladunia | 11:02 WIB

Di era di mana penilaian terhadap pemain semakin berkutat pada statistik serangan mereka, mengutip rangkuman transfermarkt-com, ada 20 puluh pemain papan atas di Eropa yang berhasil mencatatkan angka dua digit dalam mencetak gol dan memberikan assist

boladunia | 10:17 WIB

Laga Al-Nasr vs Al-Hilal berlangsung di Kingdom Arena, pada Jumat, (9/2/2024). Tim dengan jersey warna kuning dominan itu harus mengakui keunggulan Al-Hilal dengan skor 2-0.

boladunia | 08:25 WIB

Partai final Piala Asia 2023, laga antara Qatar vs Yordania berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu, (10/2/2024) malam WIB.

boladunia | 08:13 WIB

Laga final Piala Asia 2023 antara Yordania menantang tim tuan rumah Qatar bakal berlangsung di Stadion Lusail, pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB.

boladunia | 13:21 WIB
Tampilkan lebih banyak