Boladunia

5 Pemain Kelahiran Inggris tapi Bela Negara Lain di Piala Dunia 2022

Inilah para pemain Inggris yang membela negara lain di Piala Dunia 2022

Irwan Febri Rialdi

Bek Polandia, Matthew Cash, terlihat saat konferensi pers di Al Kharaitiyat SC di Doha pada 19 November 2022, menjelang pertandingan Piala Dunia Qatar 2022. (AFP/COFFRINI KAIN)
Bek Polandia, Matthew Cash, terlihat saat konferensi pers di Al Kharaitiyat SC di Doha pada 19 November 2022, menjelang pertandingan Piala Dunia Qatar 2022. (AFP/COFFRINI KAIN)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 Qatar hadirkan fakta menarik soal Inggris, sejumlah pemain kelahiran Negeri Ratu Elizabeth justru bermain untuk negara lain.

Bermain di Piala Dunia merupakan mimpi bagi seluruh pesepak bola, demi berlaga di ajang ini sejumlah pemain asal Inggris rela berganti kewarganegaraan.

Inggris merupakan tanah bagi para pesepak bola dunia berkarier, bahkan kompetisi sepak bola kasta teratasnya disebut yang terbaik di dunia.

Tak heran talenta melimpah sepak bola muncul di negara ini, meskipun tak semuanya bisa tersaring oleh jaring tim nasional Inggris.

Alhasil, sejumlah pemain dengan kategori cukup memiliki level teratas terpinggirkan dan terpaksa membela negara lain demi Piala Dunia.

Lantas siapa saja para pemain tersebut? berikut lima pemain berdarah Inggris yang membela negara lain di Piala Dunia 2022 Qatar.

1. Matty Cash

Namanya naik daun sejak bermain untuk Aston Villa, Matty Cash sebenarnya lahir dan lebih banyak menghabiskan waktu di Inggris.

Namun ia memilih kewarganegaraan Polandia, yang didapat dari sang ibu hingga akhirnya dipanggil memperkuat timnas Polandia untuk Piala Dunia 2022.

Debutnya bersama Polandia dimulai pada November 2021, saat itu Cash menjadi andalan full bek kanan melawan Andorra.

2. Tariq Lamptey

Sebelum bermain untuk Ghana di Piala Dunia 2022 Qatar, Lamptey sempat membela Inggris di level junior dan hal itu bukan tanpa alasan.

Ghana merupakan negara asal kedua orang tua Lamptey, tim nasional negara tersebut tentu tak berpikir dua kali memasukkan Tariq Lamptey ke skuad mereka.

Semenjak bermain untuk Brighton, Lamptey menunjukkan performa impresif dan bahkan sempat menjadi incaran klub-klub top daratan Inggris.

3. Brennan Johnson

Pemain kelahiran Nottingham dan saat ini juga bermain untuk Nottingham Forest, salah satu sosok kunci promosi ke Premier League.

Namun tenaga Johnson tak memukau Gareth Southgate, ia pun bermain untuk Wales di Piala Dunia 2022 dan bukan hal yang asing.

Sederet pemain kelahiran Inggris juga banyak yang membela Wales, seperti Daniel James, Ethan Ampadu, Matthew Smith hingga Kieffer Moore.

4. Giovanni Reyna

Sang ayah, Claudio Reyna sempat menorehkan enam musim di Premier League, karena memang sosoknya kelahiran Sunderland.

Namun ia membela timnas Amerika Serikat dan hal itu menurun ke sang anak, Giovanni Reyna yang kini juga bermain untuk timnas AS.

Reyna bakal berjumpa timnas Inggris di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022, setelah keduanya tergabung di Grup B.

5. Iku Ugbo

Merupakan jebolan akademi Chelsea dan sempat membela timnas Inggris kelompok umur, namun bakatnya seolah disia-siakan.

Karier Ugbo di Chelsea juga demikian, ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain hingga pada akhirnya memilih Ghana sebagai labuannya.

Ugbo akan tampil di Piala Dunia 2022 bersama timnas Ghana, sekaligus ajang pembuktian bahwa Inggris sudah salah telah membuangnya.

Kontributor: Eko

Berita Terkait

Berita Terkini