Boladunia

6 Kekalahan Mengejutkan Tim Favorit Juara Piala Dunia, Terbaru Argentina dan Jerman Tumbang Lawan Tim Asia

Kekinian, Argentina dan Jepang yang dijagokan juara Piala Dunia 2022 kalah lawan wakil Asia.

Rauhanda Riyantama

Momen Takuma Asano cetak gol kemenangan Jepang atas Jerman dengan skor 2-1 di Piala Dunia 2022. (AFP)
Momen Takuma Asano cetak gol kemenangan Jepang atas Jerman dengan skor 2-1 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan kekalahan paling mengejutkan dari tim favorit juara sepanjang sejarah Piala Dunia, di mana terbaru adalah kekalahan Argentina dari Arab Saudi.

Bukan rahasia lagi jika setiap gelaran Piala Dunia diadakan, selalu muncul satu atau dua tim yang difavoritkan menjadi juara.

Hal serupa juga berlaku di Piala Dunia 2022 ini, di mana ada beberapa negara yang difavoritkan akan memenangi trofi Jules Rimet.

Namun status sebagai favorit juara terkadang membebani setiap tim yang akan berlaga di Piala Dunia, sehingga tim-tim tersebut justru mendapat tekanan untuk selalu menang.

Karena tekanan tersebut, tim-tim yang dijagokan menjadi juara justru tak tampil maksimal dan bisa mendapat kekalahan dari tim-tim kecil non unggulan.

Dalam sejarah Piala Dunia sejak 1930 silam, banyak tim-tim kandidat juara justru harus menelan kekalahan dari tim-tim non unggulan.

Berikut Bolatimes.com rangkum lima kekalahan paling mengejutkan yang didapat tim-tim kandidat juara dari tim-tim non unggulan.

1. Jerman 1-2 Jepang (Piala Dunia 2022)

Timnas Jerman secara mengejutkan tumbang lawan Jepang pada matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022. Berlaga di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11/2022) malam WIB, Der Panzer tumbang dengan skor 1-2.

Di laga tersebut Jerman unggul lebih dulu di babak pertama lewat penalti Ilkay Gundogan. Namun Jepang bangkit di babak kedua dan membalikkan keadaan lewat gol Ritsu Doan dan Takuma Asano.

2. Argentina 1-2 Arab Saudi (Piala Dunia 2022)

Belum lama ini, dunia dikejutkan dengan kekalahan kandidat juara Piala Dunia 2022, Argentina, dri Arab Saudi dengan skor 1-2.

Argentina sendiri sejatinya mampu unggul 1-0 di paruh pertama dan tampil dominan. Namun efektivitas permainan membuat Arab Saudi mencetak dua gol di paruh kedua dan membuat La Albiceleste harus tumbang di laga pertama babak grup.

3. Jerman 0-2 Korea Selatan (Piala Dunia 2018)

Di Piala Dunia 2019 lalu, Jerman selaku juara bertahan dikejutkan dengan kekalahan memalukan dari Korea Selatan di laga hidup dan mati grup F.

Saat itu Jerman yang membutuhkan kemenangan untuk lolos ke babak 16 besar, harus menyerah 0-2 dari Korea Selatan yang dibesut Shin Tae-yong. Alhasil, kekalahan itu membuat Der Panzer gagal ke 16 besar.

4. Italia 0-1 Kosta Rika (Piala Dunia 2014)

Mundur ke Piala Dunia 2014, ada juara Piala Dunia 2006, Italia, yang juga merasakan kekalahan dari tim non unggulan meski berstatus tim favorit.

Kala itu, Gli Azzurri, julukan Italia, menelan kekalahan tipis 0-1 dari Kosta Rika di pertandingan kedua fase grup. Kekalahan itu pun lantas membuat Gianluigi Buffon dkk gagal ke babak 16 besar.

5. Prancis 0-1 Senegal (Piala Dunia 2002)

Sebelum Jerman merasakan kekalahan dari tim non unggulan meski berstatus juara bertahan, ada Prancis yang juga mendapati hal yang sama di Piala Dunia 2002 lalu.

Prancis yang merupakan juara bertahan Piala Dunia 1998, harus menelan kekalahan di fase grup dari tim yang baru debut di Piala Dunia, yakni Senegal, dengan skor 0-1.

6. Argentina 0-1 Kamerun (Piala Dunia 1990)

Jauh sebelum tumbang dari Arab Saudi, Argentina sudah merasakan kekalahan dari tim non unggulan, Kamerun, di Piala Dunia 1990.

Kala itu, Argentina yang berstatus juara bertahan dan diperkuat Diego Maradona, tumbang dengan skor 0-1 dari Kamerun. Beruntung La Albiceleste berhasil lolos ke babak 16 besar lewat peringkat tiga terbaik grup.

Berita Terkait

Berita Terkini