Boladunia

Profil Herve Renard, Pelatih Bergelimang Rekor yang Cetak Sejarah Bersama Arab Saudi di Piala Dunia 2022

Mengenal Herve Renard, pelatih yang bawa Arab Saudi kalahkan Argentina di Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Potre Herve Renard saat mendampingi skuat Arab Saudi kalahkan Argentina 2-1 di Piala Dunia 2022. (AFP)
Potre Herve Renard saat mendampingi skuat Arab Saudi kalahkan Argentina 2-1 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Pelatih timnas Arab Saudi, Herve Renard, sukses menciptakan sejarah baru bersama anak asuhnya setelah sukses menumbangkan Argentina pada laga pertama di Grup C Piala Dunia 2022.

Sejarah ini diciptakan Herve Renard dalam laga antara Arab Saudi melawan Argentina di Lusail Stadium, Selasa (22/11/2022). Anak asuhnya berhasil menggulung Argentina dengan skor 2-1.

Padahal, awalnya Argentina sempat unggul terlebih dahulu via eksekusi penalti Lionel Messi (10’), tapi Arab Saudi sukses membalikkan keadaan lewat gol Saleh Al-Shehri (48’) dan Salem Al-Dawsari (53’).

Ini adalah salah satu kejutan terbesar dalam sejarah Piala Dunia ketika tim yang dianggap paling lemah di dalam Grup C justru menumbangkan salah satu favorit terkuat juara Piala Dunia 2022.

Arab Saudi juga berhasil mengakhiri kutukan selalu tampil buruk dan kalah dalam pertandingan pertamanya dalam putaran final Piala Dunia.

Profil Herve Renard

Herve Renard merupakan sosok pelatih yang memiliki rekam jejak panjang di dunia. Lelaki kelahiran Aix-les-Bains, Prancis, pada 30 September 1968, ini punya banyak sekali catatan dan rekor yang fantastis.

Sebab, Herve Renard adalah salah satu juru taktik berkaliber dunia yang punya spesialisasi dalam menangani tim nasional. Beberapa di antaranya sukses meraih gelar juara.

Misalnya, pada tahun 2012, Renard sukses menciptakan sejarah besar setelah membawa timnas Zambia meraih gelar juara Piala Afrika. Adapun pada edisi 2015, dia berhasil mempersembahkan gelar serpa untuk Pantai Gading.

Dengan dua pencapaian ini, Renard menjadi satu-satunya dan pelatih pertama yang sukses meraih dua gelar juara Piala Afrika bersama tim yang berbeda.

Sementara pada tahun 2018, Herver Renard berhasil membawa Maroko mencetak sejarah baru dengan lolos ke putaran final Piala Dunia. Ini adalah keberhasilan pertama Maroko sejak terakhir kali tampil pada Piala Dunia 1998 di Prancis.

Renard baru ditunjuk untuk menangani timnas Arab Saudi pada Juli 2019 dan menjadi pelatih asal Prancis pertama yang menerima jabatan tersebut.

Salah satu kiprah suksesnya bersama Arab Saudi ialah mengantarkan tim ini melaju mulus di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan mengukuhkan namanya sebagai pelatih asing dengan kemenangan terbanyak, yakni 18 kali.

Adapun pada ajang Piala Dunia 2022 ini, kejutan terbaru yang sukses diciptakan Renard ialah membawa Arab Saudi menumbangkan salah satu tim favorit juara dengan skor 2-1.

Dengan kemenangan itu, Renard berhasil mematahkan rekor tak terkalahkan sebanyak 36 pertandingan yang dicatatkan oleh jawara Copa America 2021 itu.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini