Boladunia

Profil Salem Al-Dawsari, Kapten Sekaligus Pahlawan Kemenangan Arab Saudi atas Argentina di Piala Dunia 2022

Salem Al-Dawsari menjadi kapten sekaligus pahlawan Argentina.

Irwan Febri Rialdi

Gelandang Arab Saudi, Salem Al-Dawsari, berebut bola dengan Lionel Messi selama pertandingan Grup C Piala Dunia 2022 melawan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Utara Doha pada November 22, 2022. (AFP/Kirill Kudryactsev)
Gelandang Arab Saudi, Salem Al-Dawsari, berebut bola dengan Lionel Messi selama pertandingan Grup C Piala Dunia 2022 melawan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Utara Doha pada November 22, 2022. (AFP/Kirill Kudryactsev)

Bolatimes.com - Salem Al-Dawsari menjadi mimpi buruk buat Timnas Argentina di Piala Dunia 2022. Lewat golnya, Tim Tango menelan kekalahan di laga perdana melawan Arab Saudi.

Argentina menghadapi Arab Saudi pada laga perdana Grup C, Selasa (22/11/2022) petang WIB. Argentina nampak akan menang setelah Lionel Messi mencetak gol di menit ke-10.

Akan tetapi, Arab Saudi bikin kejutan di babak kedua. Dimulai dengan gol Saleh Al-Shehri di menit ke-48, Arab Saudi memastikan kemenangan 2-1 lewat gol Salem Al-Dawsari di menit 54.

Ini merupakan kemenangan mengejutkan bagi Arab Saudi karena di atas kertas, mereka adalah tim terlemah di Grup C. Namun nyatanya, Arab Saudi memimpin klasemen sementara.

Lantas, siapa sebetulnya Salem Al-Dawsari yang mampu membuat Argentina gigit jari di laga perdana Piala Dunia 2022? Berikut ulasan profilnya!

Profil Salem Al-Dawsari

Sosok dengan nama lengkap Salem bin Mohammed bin Shafi Al-Dawsari ini merupakan pesepakbola kelahiran kota Wadi ad-Dawasir, Arab Saudi, pada 19 Agustus 1991.

Al-Dawsari bisa dibilang merupakan pemain sepanjang masa Al-Hilal. Ia merupakan jebolan akademi Al-Hilal dan akhirnya promosi ke tim utama pada 2011.

Sejak debut pertama kali pada musim 2011/12, Al-Dawsari bisa dibilang cukup mendapatkan tempat reguler hingga kini sudah menjalani musim ke-12 bersama Al-HIlal.

Dari torehan statistik, performa terbaik Al-Dawsari ada di musim 2021/22 saat berhasil mencetak 18 gol dari 36 pertandingan di semua ajang.

Bersama Al-Hilal, Al-Dawsari meraih berbagai gelar mulai dari Liga Arab Saudi, King's Cup, Crown Prince Cup, Piala Super Arab Saudi, hingga dua kali menjuarai Liga Champions Asia.

Di level tim nasional, Salem Al-Dawsari melakoni debutnya buat timnas Arab Saudi pada 2012. HIngga sekarang, ia sudah mencatatkan 72 caps dengan 18 gol.

Dua gol di antaranya dicetak Salem Al-Dawsari di pentas Piala Dunia 2018 dan 2022. Makin spesial karena golnya di Piala Dunia 2022 dicetak ke gawang Argentina.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini