Boladunia

Profil Saleh Al-Shehri, Mandul di Liga Arab Saudi tapi Jebol Argentina di Piala Dunia 2022

Saleh Al-Shehri belum mencetak satu gol pun untuk klubnya di Liga Arab Saudi

Irwan Febri Rialdi

Penyerang Arab Saudi, Saleh Al-Shehri, merayakan gol pertama timnya dalam pertandingan Grup C Piala Dunia Qatar 2022 melawan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Doha, pada 22 November 2022. (AFP/Odd Andersen)
Penyerang Arab Saudi, Saleh Al-Shehri, merayakan gol pertama timnya dalam pertandingan Grup C Piala Dunia Qatar 2022 melawan Arab Saudi di Stadion Lusail di Lusail, Doha, pada 22 November 2022. (AFP/Odd Andersen)

Bolatimes.com - Saleh Al-Shehri menjelma mimpi buruk buat Timnas Argentina di Piala Dunia 2022. Ia menjadi salah satu pencetak gol dalam kemenangan mengejutkan Arab Saudi atas Tim Tango.

Argentina menghadapi Arab Saudi pada laga perdana Grup C, Selasa (22/11/2022) petang WIB. Argentina nampak akan menang setelah Lionel Messi mencetak gol di menit ke-10.

Akan tetapi, Arab Saudi bikin kejutan di babak kedua. Dimulai dengan gol Saleh Al-Shehri di menit ke-48, Arab Saudi memastikan kemenangan 2-1 lewat gol Salem Aldawsari di menit 54.

Ini merupakan kemenangan mengejutkan bagi Arab Saudi karena di atas kertas, mereka adalah tim terlemah di Grup C. Namun nyatanya, Arab Saudi memimpin klasemen sementara.

Lantas, siapa sebetulnya Al-Shehri yang mampu membuat Argentina gigit jari di laga perdana Piala Dunia 2022? Berikut ulasan profilnya!

Profil Saleh Al-Shehri

Sosok dengan nama lengkap Saleh bin Khalid bin Mohammed Al-Shehri ini lahir di Jeddah, Arab Saudi, pada 1 November 1993.

Lahir dan besar di Jeddah, Al-Shehri memulai karier sepak bolanya dengan bergabung ke akademi Al-Ahli, salah satu klub raksasa di Arab.

Setelah melewati tiga tahun di tim junior, Al-Shehri promosi ke tim utama Ah-Ahli pada 2012. Namun, dia tak banyak mendapat kesempatan dan dipinjamkan ke klub lain seperti Mafra dan Beira-Mar.

Al-Shehri mulai mendapat kesempatan di musim 2013/14 dengan mencatatkan 13 penampilan dan 1 gol. Namun, ia memutuskan hengkang ke Al-Read di musim 2015/16.

Cukup kesulitan di tiga musim pertamanya, Saleh Al-Shehri bersinar di musim 2018/19 dengan mencetak 20 gol dari 28 penampilan. Torehan itu pula yang bikin Al-Hilal kembali merekrutnya di musim 2019/20.

Akan tetapi, Al-Shehri kembali kesulitan menunjukkan ketajamannya. Torehan golnya tak pernah mencapai dua digit hingga musim 2021/22.

Musim ini Al-Shehri bahkan belum mencetak gol dari 3 penampilan buat Al-Ahli. Meski begitu, ia tetap dipercaya untuk memperkuat Arab Saudi di Piala Dunia 2022.

Sepanjang kariernya, penyerang berusia 29 tahun tersebut sudah mencatatkan 21 caps buat Arab Saudi dengan torehan 11 gol.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini