Boladunia

Profil Guillermo Ochoa, Kiper Meksiko yang Tepis Penalti Robert Lewandowski di Piala Dunia 2022

Penampilan Ochoa selalu menjadi sorotan di Piala Dunia

Irwan Febri Rialdi

Kiper Meksiko, Guillermo Ochoa
Kiper Meksiko, Guillermo Ochoa

Bolatimes.com - Guillermo Ochoa seperti punya ikatan kuat dengan Piala Dunia. Kiper Timnas Meksiko ini dinilai selalu tampil impresif di ajang empat tahunan tersebut.

Teranyar, kiper berusia 37 tahun tersebut menjadi Man of the Match pada laga perdana Meksiko di Piala Dunia 2022 melawan Polandia.

Pada pertandingan di Ras Abo Aboud Stadium, Selasa (22/11/2022) WIB, Meksiko dan Polandia harus puas berbagi poin pada laga pertamanya di Grup C Piala Dunia 2022,

Ochoa melakukan penyelamatan penting sehingga Meksiko bisa mengakhiri laga 0-0 melawan Polandia. Salah satu penyelamatan gemilangnya adalah menepis tendangan penalti Robert Lewandowski di menit 58.

Menjelang akhir laga, Guillermo Ochoa kembali melakukan penyelamatan gemilang setelah menghalau ancaman Jakub Kaminski dan membuat skor tetap 0-0.

Lantas, siapa sebetulnya Guillermo Ochoa ini sehingga kerap dianggap kiper hebat di Piala Dunia? Berikut ulasan profilnya!

Profil Guillermo Ochoa

Sosok dengan nama lengkap Francisco Guillermo Ochoa Magana ini lahir di Guadalajara, Meksiko, pada 13 Juli 1985. Di usia yang semakin senja, dia masih aktif bermain.

Ochoa bisa dibilang merupakan kiper lintas generasi yang dimiliki oleh Meksiko. Dia sudah masuk skuad Timnas Meksiko untuk lima Piala Dunia berbeda, mulai dari 2006, 2010, 2014, 2018, dan 2022.

Ia bahkan tercatat sebagai kiper Meksiko dengan caps terbanyak dan ada di urutan keenam secara keseluruhan dengan total 132 pertandingan.

Prestasi terbaiknya adalah meraih 4 gelar CONCACAF Gold Cup di edisi 2009, 2011, 2015, dan 2019. Ia juga merupakan bagian dari skuad Meksiko yang meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020.

Meski dikenal sebagai kiper hebat di Meksiko dan memberi penampilan impresif saat tampil di Piala Dunia, karier Ochoa di level klub tak begitu mentereng.

Ia tak pernah bermain untuk klub-klub besar di Eropa. Ochoa mengawali karier di klub Meksiko, Club America, dan menghabiskan tujuh tahun dengan total memainkan 291 laga di sana.

Setelah itu dia pindah ke klub Ligue 1, Ajaccio, selama tiga musim (2011/12-2013/14). Ochoa lalu pindah ke Spanyol untuk bermain dengan Malaga dan Granada selama total tiga musim.

Di musim 2017/18, Guillermo Ochoa hengkang ke klub Belgia, Standard Liege. Meski mendapat tempat reguler, Ochoa memilih pulang ke Club America pada musim 2019/20 dan bertahan hingga sekarang.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini