Boladunia

Profil Jude Bellingham, Wonderkid Inggris yang Bersinar di Piala Dunia 2022

Jude Bellingham tengah jadi perbincangan usai cetak gol pembuka saat Inggris hajar Iran 6-2 di laga perdana Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Selebrasi Jude Bellingham usai cetak gol saat Inggris lumat Iran 6-2 di Piala Dunia 2022. (AFP)
Selebrasi Jude Bellingham usai cetak gol saat Inggris lumat Iran 6-2 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Jude Bellingham tampil gemilang di laga perdana Timnas Inggris pada gelaran Piala Dunia 2022. Dia menjadi sosok yang membuka keran gol The Three Lions di Qatar.

Inggris menghadapi Iran pada laga perdana Grup B, Senin (21/11/2022). Di laga tersebut, Inggris sempat kesulitan mencetak gol meski menguasai laga sejak awal.

Lantas Bellingham muncul sebagai pencetak gol pertama Inggris di menit 35. Setelah itu, Inggris mampu menambah lima gol dan menuntaskan laga dengan kemenangan 6-2.

Pujian untuk Bellingham pun bermunculan. Pemain berusia 19 tahun ini disebut punya kualitas mumpuni, bahkan lebih baik dari Steven Gerrard dan Frank Lampard di Timnas Inggris.

Lantas, siapa sebetulnya Bellingham? Berikut ulasan profilnya!

Profil Jude Bellingham

Sosok dengan nama lengkap Jude Victor William Bellingham ini lahir di Stourbridge, Inggris, pada 29 Juni 2003. Dia memulai karier sepakbolanya di akademi lokal Stourbridge.

Setelah itu, Bellingham pindah ke akademi Birmingham City pada 2010 dan bergabung di tim U-8. Cukup lama Bellingham menghabiskan waktunya di Birmingham.

Dia bahkan sudah bermain di tim U-18 saat usianya masih 14 tahun. Ini menunjukkan bahwa ia punya bakat dan potensi yang lebih menonjol.

Bellingham juga sudah bermain di tim U-23 ketika usianya masih 15 tahun. Hingga akhirnya, Bellingham promosi ke tim utama Birmingham di musim 2019/20.

Pada musim perdananya di tim senior, Bellingham langsung mencuri perhatian dengan mencatatkan 44 penampilan buat Birmingham dan mencetak 4 gol.

Atas performa gemilang itu pula, Bellingham diboyong oleh Borussia Dortmund pada 20 Juli 2020. Dikabarkan biaya yang dikeluarkan mencapai 25 juta poundsterling sehingga Bellingham menjadi pemain berusia 17 tahun termahal sepanjang sejarah.

Selama hampir tiga musim bersama Dortmund, Bellingham sudah mencatatkan 112 penampilan di semua ajang dengan catatan 19 gol. Prestasi terbaiknya sejauh ini di level klub adalah menjuarai DFB-Pokal bersama Dortmund di musim 2020/21. 

Sementara di level tim nasional, Bellingham sudah mencatatkan 18 caps untuk Timnas Inggris. Gol perdananya lahir di ajang sebesar Piala Dunia 2022 saat melawan Iran.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini