Boladunia

Profil Bryan Mbeumo, Striker Timnas Prancis Junior yang Kini Bela Kamerun di Piala Dunia 2022

Mengenal Bryan Mbeumo, pemain Prancis yang kini bela Kamerun di Piala Dunia 2022.

Rauhanda Riyantama

Bryan Mbeumo, bela timnas Kamerun. (AFP)
Bryan Mbeumo, bela timnas Kamerun. (AFP)

Bolatimes.com - Rryan Mbeumo menjadi salah satu pesepakbola yang tak akan membela negara kelahirannya di Piala Dunia 2022.

Sebetulnya bukan hal yang baru seorang pesepakbola memilih untuk membela negara lain, ketimbang negara kelahirannya. Ambil contoh pemain terkenal ada Jamal Musiala, yang lebih memilih Jerman ketimbang Inggris.

Hal ini pun terjadi kepada Bryan Mbeumo yang kini menjadi penggawa Kamerun di Piala Dunia 2022. Padahal, dia merupakan pemain kelahiran Prancis.

Profil Bryan Mbeumo 

Sosok dengan nama lengkap Bryan Tetsadong Marceau Mbeumo ini lahir di kota Avllon, Prancis, pada 7 Agustus 1999. Karier sepak bolanya pun dimulai di Prancis.

Setelah berpindah-pindah akademi sepak bola, mulai dari CO Avallonais dan Bourgoin-Jallieu, Mbeumo pindah ke Troyes pada 2013.

Setelah satu setengah musim pertama mentas di tim kedua Troyes, Mbeumo promosi ke tim utama Troyes pada musim 2017/18. Sayang saat itu timnya degradasi ke Ligue 2 atau divisi kedua Prancis.

Bryan Mbeumo saat bela Timnas Prancis U-21. (AFP)
Bryan Mbeumo saat bela Timnas Prancis U-21. (AFP)

Meski begitu, Mbeumo tetap tampil apik di musim 2018/19 dengan catatan 11 gol dari 40 laga. Dia pun dibeli oleh Brentford pada musim 2019/20.

Dia turut berjasa membawa Brentford promosi ke Liga Inggris 2021/22. Musim ini dia juga jadi pemain penting Brentford dengan catatan 3 gol dari 15 laga.

Kemampuan Mbeumo sebetulnya sudah dilirik oleh timnas Prancis sehingga dia pernah merasakan membela Prancis di berbagai kelompok umur, mulai dari Prancis U-17, U-20, hingga U-21.

Namun di level senior, Bryan Mbeumo justru memilih untuk membela Kamerun. Menariknya, Mbeumo memilih membela Kamerun setelah dibujuk legenda sepakbola Kamerun, yang kini menjadi presiden Asosiasi Sepakbola Kamerun (FECAFOOT), Samuel Eto'o.

Pendekatan personal jadi kunci. Sebab, sama seperti Samuel Eto'o, keluarga pemain Brentford itu juga berasal dari Douala. Douala merupakan kota kelahiran Samuel Eto'o.

Pendekatan personal ini dikabarkan terjadi di London pada Agustus 2022. Tak lama dari situ, Mbeumo melakukan debut buat Timnas Kamerun pada September 2022.

Bryan Mbeumo menggambarkan keputusan untuk bergabung ke Kamerun adalah sesuatu yang tak instan. Itu lewat pemikiran matang dan saran keluarganya.

"Saat saya bermain untuk Prancis di tim junior dan tumbuh di Prancis, itu sulit. Tapi, saya telah melakukan perjalanan ke Kamerun berkali-kal. Ayah saya sangat bangga, dan sangat bahagia untuk saya. Saya bersyukur menjadi bagian dari ini untuknya, dan untuk keluarga saya, dan dia sangat bahagia," beber Bryan Mbeumo kepada BBC Sport Africa.

Sejauh ini, Bryan Mbeumo sudah mengantongi 3 caps buat Kamerun. Dia berpotensi menambah lagi jumlah penampilannya karena masuk skuad Kamerun di Piala Dunia 2022.

Di Piala Dunia 2022 yang sudah berjalan, Bryan Mbeumo akan membela Timnas Kamerun menghadapi Swiss, Serbia, dan Brasil di Grup G.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini