Boladunia

5 Fakta Menarik Kemenangan Timnas Ekuador atas Qatar dalam Laga Pembuka Piala Dunia 2022

Timnas Ekuador kalahkan Qatar 2-0 lewat brace Enner Valencia.

Rauhanda Riyantama | Arief Apriadi

Enner Valencia cetak gol melalui penalti saat Ekuador kalahkan Qatar 2-0 dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. (AFP)
Enner Valencia cetak gol melalui penalti saat Ekuador kalahkan Qatar 2-0 dalam laga pembuka Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut 5 fakta menarik kemenangan Timnas Ekuador atas tuan rumah Qatar dalam laga pembuka Piala Dunia 2022, Senin (21/11/2022) dini hari WIB. Pada laga yang digelar di Stadion Al Bayt, Al Khor, Doha, La Tri menang dengan skor 2-0.

Timnas Ekuador mencetak dua gol melalui sang kapten Enner Valencia. Striker 33 tahun itu mencatatkan brace di babak pertama lewat tendangan penalti pada menit ke-16 sebelum merobek jala Qatar lewat sundulan pada menit ke-31.

Ekuador tampil begitu dominan dalam laga ini. Selain menang dengan catatan nirbobol, tim asuhan Gustavo Alfaro juga memaksa Qatar gagal mencatatkan satu pun tembakkan tepat sasaran sebagaimana statistik di laman resmi FIFA.

Hasil ini membuat Ekuador untuk sementara memuncaki klasemen Grup A Piala Dunia 2022 dengan koleksi tiga poin dari satu lag. Sementara itu, Qatar terbenam di dasar klasemen.

Setidaknya terdapat 5 fakta menarik usai kemenangan Ekuador atas tuan rumah Qatar di Piala Dunia 2022 seperti dilansir dari Suara.com. Berikut daftarnya:

  • Ini jadi edisi Piala Dunia pertama di mana gol pertama turnamen dicetak melalui titik penalti.
  • Enner Valencia telah mencetak lima gol terakhir Ekuador di Piala Dunia. Dia cuma terpaut satu gol lagi untuk menyamai rekor Eusébio (Portugal 1966), Paolo Rossi (Italia 1982) dan Oleg Salenko (Rusia 1994) yang mencetak enam gol berturut-turut bagi negaranya.
  • Timnas Qatar menjadi tim pertama yang kalah dalam pertandingan pertamanya sebagai tuan rumah Piala Dunia.
  • Ekuador adalah tim pertama dalam 92 tahun sejarah Piala Dunia yang mengalahkan tuan rumah di pertandingan pembukaan turnamen.
  • Enner Valencia jadi pesepak bola pertama yang golnya dianulir lewat teknologi offside otomatis di ajang Piala Dunia.

Berita Terkait

Berita Terkini