Boladunia

Punya Nama Mentereng, Ini 4 Legenda Sepak Bola yang Belum Pernah Tampil di Piala Dunia

Berikut 4 legenda sepak bola yang ternyata belum pernah main di Piala Dunia.

Rauhanda Riyantama

Pemain legendaris MU Eric Cantona [AFP]
Pemain legendaris MU Eric Cantona [AFP]

Bolatimes.com - Status mentereng dan kehebatan seorang pemain sepak bola ternyata tak selamanya membuat mereka mampu membantu negaranya meraih prestasi di ajang akbar seperti Piala Dunia.

Sebab, ada sejumlah pesepak bola yang dianggap sebagai sosok yang legendaris, tetapi mereka belum pernah merasakan atmosfer Piala Dunia. Alasannya memang cukup beragam.

Namun, sebagian besar muaranya ialah ketidakberuntungan. Ada yang harus menggendong negaranya di level dunia, tapi akhirnya gagal. Ada pula yang sudah berhasil meloloskan negaranya di Piala Dunia, tetapi akhirnya gagal tampil karena cedera.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga legenda sepak bola yang ternyata belum pernah merasakan tampil di ajang Piala Dunia.

1. Eric Cantona

Aksi legenda Manchester United, Eric Cantona saat menendang suporter Crystal Palace. (Twitter/@goal)
Aksi legenda Manchester United, Eric Cantona saat menendang suporter Crystal Palace. (Twitter/@goal)

Salah satu gelandang legendaris milik Manchester United, Eric Cantona, dikenal sebagai salah satu pemain bintang saat masih aktif bermain. Namun, statusnya tersebut tak lantas membuatnya beruntung.

Sebab, Eric Cantona belum pernah merasakan tampil di ajang Piala Dunia bersama negaranya, Prancis. Pada edisi 1994, misalnya, Cantona yang menjadi kapten timnas Prancis gagal meloloskan timnya ke putaran final.

Lalu, setelah Les Bleus berhasil berjuang lolos ke Piala Dunia 1998 bersama sederet pemain bintang dunia, Cantona justru harus absen karena ketika itu dia mengalami cedera.

2. Alfredo Di Stefano

Pemain legendaris Real Madrid Alfredo Di Stefano [AFP]
Pemain legendaris Real Madrid Alfredo Di Stefano [AFP]

Alfredo Di Stefano barangkali menjadi salah satu pesepak bola legendaris yang paling miris nasibnya. Sebab, dia belum pernah merasakan atmosfer Piala Dunia meski sudah berganti kewarganegaraan.

Awalnya, Di Stefano gagal tampil di Piala Dunia 1950 dan 1954 karena Argentina mengundurkan diri. Lalu, legenda Real Madrid ini memilih berganti status sebagai warga negara Kolombia hingga Spanyol.

Bersama negaranya yang terakhir, Di Stefano sukses membawa La Furia Roja lolos ke Piala Dunia 1962. Namun, dia tak bisa membantu perjuangan rekan-rekannya karena justru dibekap cedera.

3. George Weah

George Weah/Instagram
George Weah/Instagram

George Weah menjadi pesepak bola legendaris selanjutnya yang harus gigit jari karena belum bisa merasakan atmosfer Piala Dunia bersama negaranya, Liberia.

Weah memang menjadi salah satu pemain asal Afrika yang punya rekam jejak mentereng di Eropa. Namun, kehebatannya belum cukup untuk membawa Liberia mampu bersaing.

Sejatinya, bersama sejumlah klub Eropa, George Weah punya prestasi impresif, baik itu bersama AS Monaco, PSG, hingga AC Milan. Bersama klub yang disebut terakhir, dia pernah menyabet penghargaan Ballon d'Or.

4. George Best

George Best. (Dok. Colorsport).
George Best. (Dok. Colorsport).

Pemain legendaris Manchester United, George Best, ternyata juga harus menerima kenyataan pahit karena sama sekali belum pernah merasakan pertandingan Piala Dunia.

Sebab, sepanjang kariernya di dunia sepak bola, George Best belum pernah sekali pun mengantarkan negaranya, yakni Irlandia Utara, melaju ke putaran final Piala Dunia.

Hal ini tak terlepas dari kekuatan Irlandia Utara yang tak bisa bersaing meskipun memiliki pemain bintang yang legendaris seperti George Best.

Sebetulnya, Irlandia Utara sempat mencatatkan dua kali keberhasilan lolos ke Piala Dunia, yakni pada edisi 1982 dan 1986. Akan tetapi, saat itu Best usianya sudah terlalu uzur dan bergulat dengan cedera.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini