Boladunia

Siapa Vinay Menon? Pelatih Mental Timnas Belgia di Piala Dunia 2022 asal India

Berasal dari India, Vinay Menon dipercaya menjadi pelatih mental Timnas Belgia

Irwan Febri Rialdi

Vinay Menon kini menjadi pelatih mental Timnas Belgia untuk Piala Dunia 2022. (Dok. AIFF)
Vinay Menon kini menjadi pelatih mental Timnas Belgia untuk Piala Dunia 2022. (Dok. AIFF)

Bolatimes.com - India mungkin tak pernah bermain di Piala Dunia dan tak lolos ke Piala Dunia 2022, tapi ada salah satu insan olahraga mereka yang berangkat ke Qatar.

Dia adalah Vinay Menon. Bukan, dia bukan seorang pesepakbola. Dia adalah seorang Pelatih Mental yang dikontrak Timnas Belgia.

"Saya sangat bangga bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari Timnas Belgia di Piala Dunia," kata Menon dilansir The Hindu.

"Hal ini membuat saya sangat bahagia karena bisa merepersentasikan India dan membuat negara saya bangat dengan cara saya," jelasnya.

Sebagai pelatih mental, Vinay Menon bertanggung jawab atas strategi penguatan mental dan recovery fisik dan psikis para pemain untuk membantu mereka mencapai performa optimal.

"India mungkin belum pernah bermain di Piala Dunia, tapi saya berharap para warga India yang pergi menyaksikan ke Qatar akan mendukung Belgia," kata Menon.

Lantas, bagaimana perjalanan karier seorang Vinay Menon hingga bisa menjadi seorang pelatih mental Belgia di Piala Dunia 2022?

Perjalanan karier Menon dimulai ketika dia mengambil pendidikan master untuk studi pendidikan mental di Universitas Pondicherry.

Dia kemudian sempat menjadi instruktur di salah satu resort bintang lima di Dubai, Qatar. Mulai dari situ, perjalanan kariernya meningkat.

Pada April 2009, Vinay Menon bekerja untuk klub raksasa asal Inggris, Chelsea. Dia bekerja sebagai Wellness Consultant atau Konsultan Mental untuk The Blues.

Sejak bergabung dengan Chelsea, Vinay Menon turut membawa berbagai kesuksesan buat klub. Termasuk di antaranya dua gelar Liga Champions di musim 2011/12 dan 2020/21.

Selain itu berbagai trofi domestik pun didapatkan Menon bersama Chelsea. Mulai dari Piala Liga Inggris, Piala FA, hingga Liga Inggris.

Berkat banyaknya keberhasilan yang diraih bersama Chelsea itu, Belgia tertarik merekrut Vinay Menon sebagai pelatih mental demi meraih hasil maksimal di Piala Dunia 2022.

Bukan tanpa pasal, Piala Dunia 2022 bisa jadi merupakan kesempatan terakhir bagi generasi emas Belgia untuk menjadi juara dunia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini