Boladunia

Daftar Tuan Rumah yang Sukses Juarai Piala Dunia, Ada Tim yang Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022

Total ada 6 negara tuan rumah yang sukses juarai Piala Dunia.

Rauhanda Riyantama

Bek timnas Italia Federico Dimarco (ketiga kiri) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Hongaria dalam pertandingan UEFA Nations League pada 27 September 2022. ANTARA/AFP/ATTILA KISBENEDEK
Bek timnas Italia Federico Dimarco (ketiga kiri) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Hongaria dalam pertandingan UEFA Nations League pada 27 September 2022. ANTARA/AFP/ATTILA KISBENEDEK

Bolatimes.com - Qatar bakal menjadi tuan rumah dari Piala Dunia 2022. Ini bakal menjadi kali kedua Piala Dunia digelar di Asia, setelah Jepang dan Korea Selatan di edisi 2002.

Apakah Qatar bisa melaju jauh sebagai tuan rumah? Karena dari 17 negara yang pernah menjadi tuan rumah sebelumnya, tidak banyak yang sukses menjadi juara.

Tercatat tidak setengah dari jumlah tuan rumah tersebut yang berhasil merengkuh gelar juara. Lantas, tuan rumah mana saja yang sukses menjuarai Piala Dunia di rumah sendiri?

1. Prancis

Prancis tercatat sebagai tuan rumah terakhir yang sukses menjadi juara di Piala Dunia. Tepatnya saat mereka menggelar Piala Dunia 1998.

Saat itu Les Bleus sukses mengalahkan Brasil di partai final dengan skor telak 3-0. Prancis kini sudah mengoleksi dua gelar, yang terakhir kali di edisi 2018.

2. Argentina

Argentina total mengoleksi dua gelar Piala Dunia. Trofi pertama terasa spesial karena Argentina meraihnya di rumah sendiri pada edisi 1978.

Di partai final, Argentina sukses mengalahkan Belanda usai melewati pertarungan di babak tambahan waktu. Sedangkan gelar kedua, diraih Argentina pada Piala Dunia 1986 di Meksiko.

3. Jerman

Jerman merupakan salah satu tim tersukses di Piala Dunia dengan koleksi 4 gelar. Salah satu trofi itu bahkan diraih saat mereka menjadi tuan rumah.

Saat itu Jerman masih bernama Jerman Barat menggelar Piala Dunia 1974. Di partai final mengalahkan Belanda dengan skor tipis 2-1.

4. Inggris

Cuma satu gelar yang baru diraih oleh Inggris, itu pun mereka dapatkan ketika menjadi tuan rumah di edisi 1966. Saat itu, The Three Lions mengalahkan Jerman Barat 4-2.

Setelah itu, Inggris belum mampu berbicara banyak lagi di Piala Dunia. Padahal, mereka terbilang punya skuad yang mumpuni setiap edisinya.

5. Italia

Italia memang gagal lolos ke Piala Dunia 2022, tapi Gli Azzurri tetap menjadi salah satu tim tersukses dengan koleksi 4 gelar yang mereka miliki.

Gelar pertama Italia juga spesial karena didapatkan di rumah sendiri pada edisi 1934. Saat itu, Italia sukses mengalahkan Cekoslowakia.

6. Uruguay

Uruguay merupakan negara pertama yang meraih gelar juara Piala Dunia. Mereka merengkuh gelar ini pada edisi perdana 1930.

Uruguay mengalahkan Argentina dengan skor 4-2 di final. Uruguay lalu menambah koleksi trofi mereka dengan menjuarai Piala Dunia 1950.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini