Boladunia

5 Negara Eropa yang Sering Lawan Timnas Brasil di Piala Dunia

Berikut 5 negara Eropa yang sering lawan Brasil di Piala Dunia

Rauhanda Riyantama

Timnas Brassil di Copa America 2021. (MAURO PIMENTEL / AFP)
Timnas Brassil di Copa America 2021. (MAURO PIMENTEL / AFP)

Bolatimes.com - Timnas Brasil menjadi salah satu kontestan yang paling sering dan paling sukses jika berbicara soal partisipasinya di ajang Piala Dunia. Mereka sukses menghadapi berbagai musuh bebutan untuk meraih gelar juara.

Tercatat, ada sejumlah negara yang termasuk paling sering menghadapi timnas Brasil dalam sejarah penyelenggaraan Piala Dunia. Brasil beberapa kali sering menang lawan negara ini, tapi tak jarang juga mereka gigit jari.

Sebagai tim yang paling sering tampil di Piala Dunia dengan catatan 21 kali partisipasi, timnas Brasil memang berstatus sebagai tim paling sukses karena punya gelar terbanyak, yakni lima kali.

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar negara yang tercatat paling sering menghadapi timnas Brasil di Piala Dunia.

1. Prancis

Prancis sebagai salah satu negara kuat di dunia ini juga menjadi lawan sengit yang harus dihadapi Brasil, termasuk pada ajang Piala Dunia. Mereka sejauh ini sudah empat kali berjumpa di ajang ini.

Salah satu momen spesial antara kedua tim ini ialah ketika berjumpa pada semifinal Piala Dunia 2006. Ketika itu, Brasil harus tumbang dan memberikan jalan bagi Prancis untuk melaju ke partai final.

Pada edisi 1998, Prancis juga sempat melakukan hal serupa. Ketika itu, mereka sukses membuat Brasil gigit jari karena gagal melaju ke final.

2. Italia

Italia dan Brasil menjadi dua tim yang paling sering berjumpa di Piala Dunia. Salah satu momen yang patut diingat ialah ketika mereka berduel di final Piala Dunia 1994.

Ketika itu, Brasil sukses menang dan akhirnya keluar sebagai juara. Sepanjang sejarah gelaran Piala Dunia, Italia dan Brasil tercatat sudah empat kali berjumpa. Namun, jumlah itu dipastikan tak bertambah pada edisi 2022 karena Gli Azzuri dipastikan absen.

3. Portugal

Pada ajang internasional, Portugal menjadi salah satu lawan yang paling sering dihadapi oleh timnas Brasil. Sejauh ini, Portugal dan Brasil sudah 20 kali berjumpa di atas lapangan.

Namun, dari semua pertandingan itu, momen pertemuan antara Brasil dan Portugal di Piala Dunia hanya berlangsung sebanyak dua kali saja dalam catatan sejarah.

4. Inggris

Selanjutnya, ada timnas Inggris yang menjadi lawan bebuyutan Brasil di Piala Dunia 2022. Sejauh ini, kedua negara tersebut sudah berjumpa sebanyak empat kali.

Pertemuan terakhir yang terjadi antara Brasil dan Inggris terjadi pada Piala Dunia 2002. Saat itu, Brasil sukses merengkuh trofi Piala Dunia tersebut karena mengalahkan Inggris dengan skor 2-1.

5. Jerman

Jerman sepertinya sudah menjadi salah satu lawan abadi bagi Brasil saat sama-sama tampil di Piala Dunia. Sebab, sejauh ini mereka sudah sering berjumpa di ajang paling akbar ini.

Tercatat, Jerman dan Brasil sudah 23 kali bertanding, termasuk di Piala Dunia. Salah satu momen paling diingat dari perseteruan dua negara ini ialah pada Piala Dunia 2014 di Brasil.

Sebab, ketika itu Jerman sukses membabat Brasil yang berstatus sebagai tuan rumah dengan skor telak 7-1. Pertandingan ini jadi salah satu momen tak terlupakan dari Piala Dunia 2014.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini