Boladunia

Profil Christopher Nkunku, Striker Timnas Prancis yang Batal Main di Piala Dunia 2022 karena Ditekel Teman Sendiri

Christopher Nkunku cedera saat latihan bersama Timnas Prancis di Qatar

Irwan Febri Rialdi

Aksi penyerang RB Leipzig, Christopher Nkunku, saat mencetak gol ke gawang Manchester City. (OLI SCARFF / AFP)
Aksi penyerang RB Leipzig, Christopher Nkunku, saat mencetak gol ke gawang Manchester City. (OLI SCARFF / AFP)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Christopher Nkunku, penggawa Timnas Prancis yang harus absen dari Piala Dunia 2022 karena ditekel rekan setimnya, Eduardo Camavinga, saat berlatih.

Nasib nahas menimpa penyerang RB Leipzig, Christopher Nkunku. Jelang Piala Dunia 2022 yang akan bergulir kurang dari lima hari lagi, ia justru harus dipastikan absen.

Apesnya, pemain berusia 25 tahun itu harus absen dari Piala Dunia 2022 karena ditekel kompatriotnya, Eduardo Camavinga, saat sesi latihan Timnas Prancis.

Dalam video sesi latihan yang beredar di media sosial, tampak Nkunku dan Camavinga hendak memperebutkan bola yang bergulir.

Namun kaki kanan Camavinga justru mengenai kaki Nkunku yang terlihat salah tumpuan. Alhasil, ia pun langsung terkapar di atas lapangan dengan memegangi kakinya.

Beredar kabar bahwa eks penggawa Paris Saint-Germain itu mengalami cedera di lutut kirinya akibat terkilir karena salah tumpuan tersebut.

Cedera dan bakal absennya Nkunku dari Piala Dunia 2022 pun membuat Timnas Prancis harus terpukul. Sebab, Les Bleus akan kehilangan penyerang tajamnya.

Nkunku saat ini merupakan salah penyerang tajam di kubu Timnas Prancis, usai musim ini menjadi top skor Bundesliga Jerman 2021/2022 dengan 12 gol.

Lantas, siapakah sosok Christopher Nkunku tersebut? Berikut profilnya.

Profil Christopher Nkunku, Juru Gedor RB Leipzig

Christopher Nkunku merupakan penyerang asal Prancis yang lahir pada 14 November 1997 atau 25 tahun silam. Ia sendiri lahir di Lagny-sur-Marne.

Di awal kariernya, Nkunku bermain bagi AS Marolles pada usia 6 tahun. Kemudian di usia 12 tahun, ia bergabung Fontainebleau, sebuah tim amatir di Prancis.

Meski bermain di tim amatir, bakat Nkunku menjadi pusat perhatian tim Scouting klub-klub besar Prancis. Hal ini lantaran dirinya punya kecepatan, visi, dan teknik mumpuni meski berbadan kecil.

Pada 2010, Nkunku pun kemudian bergabung Paris Saint-Germain dan meniti karier profesionalnya bersama klub ibu kota Prancis tersebut.

Pada usia 18 tahun, tepatnya di tahun 2015, Nkunku mendapat debut profesionalnya bersama PSG kala melakoni laga Liga Champions melawan Shakhtar Donetsk.

Sejak debutnya itu, Nkunku pun beredar di tim utama dan sesekali mendapat kesempatan tampil. Adapun gol pertamanya bagi PSG datang dua tahun berselang yakni pada 2017.

Banyaknya bintang dan ketatnya persaingan di lini serang PSG pun membuat Nkunku tak punya banyak kesempatan bermain.

Pada 2019, ia mengambil langkah berani untuk hijrah ke Jerman dengan bergabung RB Leipzig dengan biaya 13 juta euro dan kontrak lima tahun.

Siapa sangka, keputusannya merantau ini memberikan tuah penting bagi kariernya. Nkunku mulai menancapkan namanya di kancah sepak bola bersama RB Leipzig.

Di musim pertamanya, ia mampu mencetak 5 gol dan 16 assist dari 41 pertandingan. Jumlah itu bertambah setiap musimnya.

Puncaknya terjadi di musim 2021/2022 lalu, usai Nkunku mencetak 35 gl dan 20 assist dari 52 penampilannya bersama RB Leipzig.

Alhasil namanya pun menjadi buruan klub-klub top Eropa, di mana Chelsea dilaporkan menjadi klub terdepan yang akan mendapatkan jasanya.

Penampilan apik di Bundesliga bersama RB Leipzig pun lantas membuat Didier Deschamps memberikan Nkunku debut di Timnas Prancis pada Maret 2022 lalu.

Sejak saat itu, dirinya telah tampil sebanyak 8 kali bagi Timnas Prancis tanpa sekalipun mencetak gol dan hanya menyumbangkan 2 assist.

Kontributor: Felix Indrajaya

Berita Terkait

Berita Terkini