Boladunia

Berapa Harga Trofi Piala Dunia 2022? Ternyata Setara 32 Lamborghini Aventador

Harga trofi Piala Dunia 2022 begitu fantastis

Irwan Febri Rialdi

Ilustrasi trofi Piala Dunia 2022 dan Lamborghini Aventador. (Foto: Shutterstock)
Ilustrasi trofi Piala Dunia 2022 dan Lamborghini Aventador. (Foto: Shutterstock)

Bolatimes.com - Berapa harga trofi Piala Dunia 2022? Semahal apa sih? Kabarnya setara dengan 32 mobil Lamborghini Aventador.

Piala Dunia 2022 di Qatar tinggal menghitung hari saja. Ada 32 negara yang turut serta, bersaing demi memperebutkan trofi bergengsi tersebut.

Dilansir dari Hops.id--jaringan Suara.com--, trofi Piala Dunia memiliki desainnya begitu ikonik, karena terbuat dari emas dan juga terdapat pahatan seperti dua orang yang sedang mengangkat bola dunia (globe).

Menariknya trofi tersebut pertama kali diperkenalkan pada perhelatan Piala Dunia 1974 di Jerman Barat. Padahal event Piala Dunia sudah eksis sejak 1930.

Mengutip Marca, awalnya trofi Piala Dunia bernama Victoria dan secara resmi berganti nama pada tahun 1946 untuk menghormati Presiden FIFA, Jules Rimet.

Trofi edisi perdana tersebut terbuat dari sterling silver yang dilapisi emas dan beralaskan lapis lazuli, dengan menggambarkan Nike, dewi Yunani yang melambangkan kemenangan. 

Barulah pada 1974, desain trofi berganti sampai saat ini yang diberi nama FIFA World Cup. Dirancang oleh seniman berkebangsaan Italia, Silvio Gazzaniga, yang bekerja untuk perusahaan manufaktur GDE Bertoni di Milan.

Trofi asli FIFA World Cup seluruhnya terbuat dari emas 18 karat dengan dasar perunggu. Piala tersebut mempunyai berat 6,142 kilogram dan tinggi 36,8 sentimeter.

Trofi Piala Dunia. (foto; Shutterstock)
Trofi Piala Dunia. (foto; Shutterstock)

Menurut Salvatore Iannetti, manajer produksi GDE Bertoni, menyebutkan bahwa trofi Piala Dunia sepenuhnya dibuat tangan.

“Bagi kami, merupakan kebanggaan dan kehormatan untuk tetap bisa berkarya seperti bertahun-tahun lalu,” kata Iannetti dilansir dari laman Eurosport, Selasa, 15 November 2022. 

Proses pembuatan trofi dimulai dengan melakukan peleburan. Logam kuningan yang telah meleleh kemudian dituangkan ke dalam cetakan yang berbentuk desain asli trofi.

Setelah itu penyempurnaan detail trofi, seperti dua sosok manusia yang mengangkat bola dunia, dilakukan secara manual menggunakan pahatan dan palu.

Kemudian, trofi melewati proses pembersihan ultrasonik, direndam dalam bak degreasing, dan disepuh di bak galvanik beberapa kali. 

Trofi yang setengah jadi tersebut kemudian dilapisi dengan lapisan tipis pernis zapon dan dilekatkan pada dasar marmer hijau perunggu. Setelah kering, pembuatan trofi dapat dikatakan selesai.

Berapa harga trofi Piala Dunia 2022?

Adapun biaya pembuatan trofi diperkirakan menghabiskan dana yang tidak main-main. Mengutip Al Jazeera, pembuatan trofi menelan biaya USD50 ribu (setara Rp780 juta) dan nilainya ditaksir saat ini berkisar USD20 juta atau sekitar Rp284 miliar.

Jumlah tersebut terbilang sangat fantastis. Bahkan, apabila ditukarkan dengan mobil Lamborghini Aventador, trofi Piala Dunia 2022 setara dengan 32 buah super car mewah itu.

Sebab, dilansir dari Oto.com, harga Lamborghini Aventador adalah 8,7 miliar atau 32 kali lebih kecil dari harga trofi Piala Dunia 2022. 

Berita Terkait

Berita Terkini