Boladunia

Profil Bartlomiej Dragowski, Kiper Polandia yang Gagal Tampil di Piala Dunia 2022 karena Cedera Mengerikan

Bartlomiej Dragowski nahas banget. Menjelang Piala Dunia 2022, ia justru mengalami cedera yang mengerikan

Irwan Febri Rialdi

Bartlomiej Dragowski saat membela Fiorentina dalam pertandingan Serie A Italia melawan AC Milan pada 21 Maret 2021 di Stadion Artemio-Franchi di Florence. (Tiziana Fabi/AFP)
Bartlomiej Dragowski saat membela Fiorentina dalam pertandingan Serie A Italia melawan AC Milan pada 21 Maret 2021 di Stadion Artemio-Franchi di Florence. (Tiziana Fabi/AFP)

Bolatimes.com - Penjaga gawang timnas Polanda, Bartlomiej Dragowski, harus gigit jari karena gagal bermain di Piala Dunia 2022 akibat mengalami cedera mengerikan ketika bertanding bersama klubnya, Spezia.

Momen mengerikan itu terjadi ketika Bartlomiej Dragowski menghadapi Hellas Verona pada pertandingan terakhir Liga Itala sebelum jeda Piala Dunia 2022 pada akhir pekan lalu.

Bartlomeij Dragowski dimainkan Spezia sebagai starter, memasuki menit ke-38 momen mengerikan itu dialami kiper timnas Polandia yang merugikan dirinya.

Bermula dari keputusan Bartlomiej keluar sarangnya guna menghalau bola serangan lawan, namun di saat bersamaan Kevin Lasagna juga melakukan hal sama.

Pemain Hellas Verona itu mencoba merebut bola untuk bisa mencetak gol, tabrakan pun tak bisa terhindar dan membuat kaki Bartlomeij terjepit.

Tepat di bawah kaki Kevin, kondisi itu mengakibatkan cedera yang sangat fatal dialami sang kiper setelah pergelangan kakinya mengalami dislokasi.

Sesaat setelah itu Bartlomeij mengerang kesakitan hingga meneteskan air mata, segera tim medis bergegas berlari ke lapangan. Akibat cedera itu, Bartlomiej dipastikan tidak akan berangkat ke Piala Dunia 2022 bersama timnas Polandia.

Padahal, sebetulnya dia bisa saja bersaing untuk memperebutkan kepercayaan pelatih dan melapisi kiper utamanya, Wojciech Szczesny, pada Piala Dunia 2022.

Profil Bartlomiej Dragowski

Bartlomiej Dragowski merupakan pesepak bola asal Polandia yang tercatat lahir di Bialystok pada 19 Agustus 1997. Saat ini, penjaga gawang yang merumput bersama Spazia itu sudah berusia 25 tahun.

Darah atletnya itu memang berasal dari ayah kandungnya yang juga sama-sama berkarier di dunia sepak bola, yakni Dariusz Dragowski, yang pernah bermain bersama Jagiellonie Bialystok dan Siarka Tarnobrzeg.

Sementara itu, Bartlomiej Dragowski mengawali perjalanannya berlatih sepak bola bersama MOSP Jagiellonia Bialystok pada 2010 hingga 2012. Setelah itu, dia sempat dibina akademi Jagiellonia Bialystok.

Bartlomiej Dragowski akhirnya mendapatkan kesempatan debut bersama tim utama Jagiellonia Bialystok ketika bermain pada ajang Ekstralaksa pada 27 Mei 2014.

Selama kurang lebih dua musim bermain di sana, Bartlomiej Dragowski sudah mencatatkan 69 penampilan di semua ajang, termasuk Liga Polandia, Piala Polandia, hingga UEFA Europa League.

Pada 4 Juli 2016, Bartlomiej Dragowski memutuskan memulai karier di luar negeri. Saat itu, dia direkrut salah satu klub legendaris Liga Italia, yakni Fiorentina.

Ketika itu, dia mendapatkan kontrak selama lima musim, tapi sempat menghadapi kesulitan untuk berkembang pada musim pertamanya dan hanya menjadi kiper ketiga di bawah Ciprian Tatarusanu dan Luca Lezzerini.

Setelah mengalami cedera lutut dan absen beberapa bulan, Bartlomiej Dragowski dipinjamkan Fiorentina ke Empoli pada 2019. Di sana, dia bermain dengan cukup apik.

Sebab, Bartlomiej Dragowski sempat menjadi headline di surat kabar karena sukses mencatat cleansheet dengan melakukan 17 kali penyelamatan pada laga melawan Atalanta.

Saat itu, catatan tersebut menjadi rekor baru di Serie A karena kiper asal Polandia ini sukses menghadapi total 47 tembakan di mana 18 di antaranya tepat sasaran.

Yang terbaru, dia memilih untuk bergabung dengan Spezia pada 10 Agustus 2022 dengan durasi kontrak selama tiga tahun. Sayangnya, Bartlomiej Dragowski harus absen lama, termasuk di Piala Dunia 2022, karena mengalami cedera parah.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Berita Terkait

Berita Terkini