Boladunia

3 Wasit Wanita di Piala Dunia 2022, Ada yang Dari Asia

PIala Dunia 2022 tak hanya akan dipimpin wasit pria, tetapi juga wasit wanita

Irwan Febri Rialdi

Wasit wanita asal Jepang, Yoshimi Yamashita. (AFP)
Wasit wanita asal Jepang, Yoshimi Yamashita. (AFP)

Bolatimes.com - Untuk pertama kalinya di Piala Dunia, tiga wasit wanita akan berpartisipasi dari 36 wasit yang dipilih untuk Piala Dunia Qatar 2022. Ketiga wasit wanita terpilih itu adalah Stephanie Frappart dari Prancis, Yoshimi Yamashita dari Jepang dan Salima Mukansanga dari Rwanda.

Selain mereka bertiga, ada tiga nama sebagai asisten wasit yakni Karen Diaz Medina dari Meksiko, Neuza Back dari Brasil, dan Kathryn Nesbitt dari Amerika Serikat. Diketahui ajang sepakbola paling elit itu akan berlangsung pada 20 November hingga 18 Desember 2022 di Qatar. Yuk simak profil 3 wasit wanita di Piala Dunia 2022 berikut ini. 

1. Stephanie Frappart (Prancis)

Stephanie Frappart saat memimpin laga final Piala Prancis antara Nice dan Nantes. (c) AP Photo
Stephanie Frappart saat memimpin laga final Piala Prancis antara Nice dan Nantes. (c) AP Photo

Stephanie Frappart menjadi salah satu wasit wanita yang akan memimpin laga di Piala Dunia 2022. Wanita 38 tahun yang telah menjadi wasit FIFA sejak 2009 ini merupakan salah satu ofisial pertandingan wanita yang dominan di Eropa.

Frappart tercatat memimpin di semua level liga sepakbola profesional di Prancis, mulai dari Championnat National hingga Liga Prancis pria. Ia juga memimpin di Piala Super Eropa 2019, laga Juventus vs Dynamo Kiev di Liga Champions 2020 serta Piala Prancis 2022.

Sementara itu secara internasional, Frappart menangani pertandingan di Piala Dunia Wanita FIFA 2015 di Kanada dan 2019 di Prancis. Ia menjadi wasit wanita pertama yang menangani kualifikasi Piala Dunia pria di laga Belanda vs Latvia. Berkat kiprahnya, Frappart terpilih oleh Federasi Sejarah dan Sepakbola International sebagai wasit wanita terbaik di dunia pada 2019, 2020 dan 2021.

2. Yoshimi Yamashita (Jepang)

Yoshimi Yamashita (Skor.id/Japan Times)
Yoshimi Yamashita (Skor.id/Japan Times)

Kemudian ada Yoshimi Yamashita, wasit wanita asal Jepang yang akan tampil di Piala Dunia setelah memimpin Piala Dunia Wanita 2019 di Prancis. Wanita 36 tahun ini juga tercatat memimpin Olimpiade 2020, yang diadakan pada tahun 2021 dalam pertandingan antara Amerika Serikat dan Swedia.

Pada 2022, Yoshimi menjadi wasit wanita pertama yang menangani pertandingan di Liga Champions pria Asia. Ia ditunjuk sebagai wasit utama untuk laga Melbourne City vs Chunnam Dragons dan FC Tokyo vs Kyoto Sanga.

3. Salima Mukansanga (Rwanda)

Salima Mukansanga (Goal.com/Backpagepix)
Salima Mukansanga (Goal.com/Backpagepix)

Terakhir, Salima Mukansanga yang membuat penampilan mengesankan di turnamen Piala Afrika 2021 di Kamerun. Ketika itu, Salima menjadi wanita pertama yang menangani pertandingan putra di AFCON. 

Perempuan 34 tahun ini telah menjadi wasit FIFA sejak 2012. Salima telah memimpin turnamen lain, termasuk sepakbola pria All Africa Games 2015, Piala unia Wanita FIFA 2019, dan Olimpiade 2020 di Tokyo.

Kontributor: Trias Rohmadoni

Berita Terkait

Berita Terkini