Boladunia

3 Big Match di 16 Besar Liga Champions 2022/23, Ada Duel Ulangan Final Musim Lalu

Baru 16 besar, Liga Champions sudah sangat seru

Irwan Febri Rialdi

Penyerang Real Madrid Karim Benzema merayakan gol saat melawan Real Mallorca dalam laga lanjutan Liga Spanyol, Kamis (23/9/2021) dini hari WIB. (AFP/Gabriel Bouys)
Penyerang Real Madrid Karim Benzema merayakan gol saat melawan Real Mallorca dalam laga lanjutan Liga Spanyol, Kamis (23/9/2021) dini hari WIB. (AFP/Gabriel Bouys)

Bolatimes.com - Liga Champions 2022/23 sudah memasuki babak 16 besar. hasil drawing babak knock out pun sudah diketahui usai digelar pada Senin (7/11/2022) di markas UEFA di Nyon, Swiss.

Pesepakbola Turki Hamit Altintop membacakan hasil drawing Liga Champions 2022/2023. Pertandingan akbar akan terjadi di fase gugur Liga Champions.

Sebelumnya, sebanyak 16 klub akan tampil di fase gugur Liga Champions musim ini setelah berhasil melewati ujian babak grup. Tim-tim yang lolos merupakan juara dan runner-up grup A-H. 

Ke-16 tim kemudian dibagi ke dalam dua pot saat untuk drawing. Pot unggulan ditempati tim-tim juara grup yakni Napoli, Porto, Bayern Munich, Tottenham Hotspur, Chelsea, Real Madrid, Manchester City dan Benfica.

Sedangkan pot non-unggulan merupakan tim-tim yang finis runner-up di fase grup kemarin, di antaranya Liverpool, Club Brugge, Inter Milan, Eintracht Frankfurt, AC Milan, RB Leipzig, Borussia Dortmund, serta Paris Saint-Germain (PSG).

Sesuai regulasi, tim dari grup dan liga yang sama tidak bertemu di babak 16 besar Liga Champions. Masing-masing tidak akan melawan tim yang menjadi rival di babak grup.

Dari hasil drawing, beberapa pertandingan akan mempertemukan tim-tim besar Eropa dengan sejarah panjang di Liga Champions.

1. AC Milan vs Tottenham Hotspur

Laga big match pertama di 16 besar Liga Champions 2022/23 adalah pertandingan antara AC Milan melawan Tottenham Hotspur.

Ini menjadi kali pertama Milan bermain di fase gugur Liga Champions sejak musim 2015/16. Sementara Spurs, sedang punya tren positif di Liga Champions beberapa musim terakhir.

Spurs sempat menjadi runner-up Liga Champions 2018/19 sehingga laga melawan Milan yang punya sejarah bagus di Liga Champions, bakal menyuguhkan laga seru.

2. PSG vs Bayern Munchen

Duel dua tim bertabur bintang ini berpotensi menyuguhkan duel dengan intensitas tinggi. PSG yang kini dihuni oleh trio Kylian Mbappe, Neymar, dan Lionel Messi punya ambisi melangkah jauh di Liga Champions.

Duel ini sekaligus menjadi ulangan laga final Liga Champions 2019/20. Saat itu Bayern keluar sebagai juara usai mengalahkan PSG dengan skor 1-0.

PSG tentu saja punya misi besar untuk balas dendam. Peluang mereka juga cukup terbuka mengingat Bayern Munchen belum terlalu solid musim ini.

3. Real Madrid vs Liverpool

Laga big match berikutnya adalah duel Liverpool dan Real Madrid. Keduanya terakhir kali bertemu di final Liga Champions 2021/2022, kala itu Real Madrid mengalahkan Liverpool 1-0.

Hasil drawing ini cukup berat buat skuad Jurgen Klopp. Pasalnya, statistik benar-benar tidak berpihak kepada Liverpool. 

Berdasarkan data Opta, Liverpool sudah tiga kali melawan Real Madrid ketika kubu Los Blancos sedang menyandang status juara bertahan Liga Champions.

Hasilnya, Liverpool selalu menelan kekalahan dalam ketiga laga tersebut dengan catatan tujuh kali kebobolan dan hanya satu kali mencetak gol. 

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha

Berita Terkait

Berita Terkini